Search Cars

Review Otomotif

Perbedaan Kijang Innova dari Awal Kemunculan, Reborn, dan Zenix

Kijang Innova menjadi salah satu mobil yang banyak diminati. Apa perbedaan Kijang Innova, Innova Reborn, sampai Innova Zenix?

kijang innova

Kijang Innova pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 atau bisa juga dianggap sebagai Toyota Kijang generasi kelima. Pada generasi ini, Toyota Kijang Innova memang berfokus untuk kendaraan penumpang yang dilengkapi dengan berbagai inovasi dan teknologi canggih. 

Pada generasi kelima ini juga, citra Toyota Kijang mengalami perubahan menjadi kendaraan premium yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan mobilitas bagi masyarakat kalangan menengah. 

Sejarah Innova

kijang innova

Sejarah Innova ini cukup panjang, tentunya dimulai dari kemunculan pertamanya di tahun 2004 sampai saat ini. Bagaimana penjelasan lengkapnya?

Toyota Kijang Innova generasi awal

Pada Toyota Kijang Innova generasi awal ini hadir dengan lebih mewah dan modern berkat berbagai aksesori tambahan. Generasi awal ini hadir dengan pilihan mesin bensin 1TR-FE VVT-i 2.000 cc dan 2TR-FE VVT-i 2.700 cc khusus varian V.

Baca juga: Terdapat 3 Varian Kijang Innova Zenix, Apa Saja Perbedaannya?

Varian Innova generasi awal ini juga hadir dengan diesel D4D atau Direct Four Stroke Turbo Common Rail Injection 2.500 cc yang tersedia pada varian E, G, dan V. Untuk pilihan transmisinya, transmisi otomatis hanya dimiliki varian G dan V.

Kemudian pada generasi awal ini juga sudah terdapat AC digital, Multi Information Display (MID) yang menyajikan informasi seputar kendaraan dalam satu layar. Captain seat di baris kedua untuk menambah rasa nyaman serta ABS dan airbag untuk fitur keselamatannya.

Pada tahun 2005, varian Kijang Innova 2.7 diluncurkan. Namun karena dianggap lebih boros konsumsi bahan bakarnya, varian ini hanya bertahan 2 tahun saja.

Tahun 2008-2013

kijang innova

Sejarah Innova masih berlanjut dan pada tahun 2009, Toyota memberi beberapa penyegaran sebagai update dari generasi sebelumnya. 

Baca juga:  Review Toyota Innova Zenix, Bagaimana Sensasi Mengendarainya?

Salah satunya adalah desain grill-nya yang diberi sentuhan krom dengan model empat garis horizontal. Ubahan juga diberikan pada desain lampu utama dan belakang serta lekukan bumper yang lebih modern.

Pada generasi ini, tersedia varian Toyota Kijang Innova paling rendah yakni varian J dengan harga yang lebih terjangkau. Varian Toyota Kijang Innova ini hanya dilengkapi dengan AC single di depan, power steering, power window, velg 14 inci dan tidak dilengkapi sistem entertainment seperti perangkat audio.

Kemudian pada tahun 2011, Toyota Kijang Innova mendapat ubahan berupa facelift dengan tampilan yang lebih segar pada eksteriornya berkat penggunaan lima garis horizontal yang dilapisi krom.

Baca juga: Alasan Masih Ada Nama Kijang pada Toyota Innova Zenix

Pada penyegaran kedua ini, Toyota Kijang Innova varian J sudah lebih lengkap dibanding versi sebelumya, yakni dilengkapi head unit 2DIN, plus empat speaker, AC double blower, velg kaleng 14 inci, wiper belakang, dan wiper intermittent.

Tahun 2013-2016

innova 2016

Di rentang tahun ini, semua varian Innova yang ada di pasaran sudah dilengkapi dual SRS airbag, sabuk pengaman dengan pre-tensioner dan force limiter.

Baca juga: Toyota All New Kijang Innova Zenix Resmi Meluncur, Berapa Harganya?

Sedangkan untuk tampilannya, mobil ini punya desain yang lebih lebar lengkap dengan body kit underground, serta cover fog lamp baru yang membuatnya tampil lebih berkelas.

Model ini merupakan versi terakhir sebelum akhirnya Toyota mengeluarkan versi all new pada tahun 2016.

Toyota Kijang Innova Reborn

new innova

Sejarah Innova masih berlanjut dengan hadirnya Toyota Innova Reborn yang berstatus all new alias mendapat ubahan secara menyeluruh. Tak ada lagi tampilan bulat pada bagian depannya.

Baca juga: 5 Jenis Mobil Toyota Terbaru dengan Fitur TSS dan Harganya

Pada Toyota Innova Reborn seluruh strukturnya lebih padat dengan garis-garis semi kotak yang mendominasi tampilan eksteriornya. Baik pada tampilan depan, samping ataupun bagian belakang mobil.

Varian Innova Reborn menghadirkan dua pilihan mesin, yakni bensin 1TR-FE berkapasitas 2.000 cc dan diesel 2GD-FTV berkapasitas 2.400 cc lengkap dengan VNT Intercooler.

Di generasi ini juga muncul varian baru yakni Toyota Venturer yang merupakan varian tertinggi dengan kesan yang lebih mewah, gagah, serta fiturnya yang lebih lengkap. 

Toyota All New Kijang Innova Zenix

harga innova zenix

Toyota All New Kijang Innova Zenix resmi diluncurkan oleh Toyota Astra Motor, pada 21 November 2022 lalu . Mobil ini memiliki 2 varian mesin yang ditawarkan yaitu varian dengan mesin bensin dan varian mesin hybrid

Baca juga: Fitur dan Kelebihan Android Auto Dibanding Apple CarPlay

Dari segi desain luarnya, Toyota Innova Zenix ini memang berubah total. Meskipun masih ada sedikit guratan lampu yang agak mirip dengan Toyota Kijang Innova sebelumnya tapi lebih membulat dan terlihat lebih gagah. 

Secara sekilas, mobil ini terlihat seperti mobil-mobil SUV padahal sebenarnya mobil ini merupakan jenis MPV. Pada varian tertinggi yaitu Q Hybrid, lampunya sudah LED dan model yang sudah dilengkapi dengan body kit dari Modellista. 

Pada varian V Hybrid, di bagian samping bisa terlihat garis-garis tarikan desainnya dan over fender belakang yang terlihat menggembung membuat mobil ini jadi terlihat lebih padat dan berisi. 

Mesin Toyota Innova Zenix 

mesin innova zenix

Pada varian Innova Zenix bensin, menggunakan mesin TNGA berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine yang tentunya lebih powerful. Kapasitas mesin yang digunakan adalah 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i. 

Baca juga: Beli Mobil Mewah Uang Rp 2M Dapat Apa Saja?

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 171 daya kuda pada 6.600 RPM dan torsi 20,9 Kgm pada 4.500-4.900 RPM. 

Sedangkan untuk mesin hybrid menggunakan mesin TNGA dengan kode M20A-FXS generasi kelima yang digunakan pada Toyota Prius terbaru. Mesin hybrid ini menghasilkan tenaga 149 daya kuda pada 6.000 RPM dan torsi 19,1 Kgm pada 4.400-5.200 RPM. 

Klaim dari Toyota, mesin hybrid ini sangat irit dengan konsumsi bahan bakar 20 kilometer per liter. Keunggulan lain dari penggunaan platform TNGA terbaru ini dapat merendahkan bagian Center of Gravity sehingga jadi menghasilkan bantingan yang nyaman tapi tetap stabil. 

Baca juga: 4 MPV Premium Toyota yang Nyaman Buat Keluarga

Jika tertarik ingin memiliki Toyota All New Innova Zenix sebaiknya membeli di tempat yang terpercaya salah satunya di SEVA

Beli mobil di SEVA pasti akan terjamin karena ada beberapa fitur unggulan yang bisa membantu saat melakukan pembelian mobil impianmu. Salah satu fitur unggulannya adalah Instant Approval untuk mendapatkan persetujuan kredit yang lebih cepat tanpa ribet. 

Ada juga fitur unggulan lainnya yaitu Loan Calculator yang bisa membantu untuk mendapatkan informasi detail perhitungan biaya pembelian mobil baru secara detail. Mulai dari masa tenor, besaran DP, serta cicilan per bulannya.

Jadi, saat beli mobil baru pilih yang #JelasDariAwal pastinya hanya di SEVA ya. 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.