Search Cars

Tips & Rekomendasi

Fitur dan Kelebihan Android Auto Dibanding Apple CarPlay

Dengan adanya berbagai pembaruan dan berbagai fitur baru, berikut ini adalah kelebihan Android Auto dibanding Apple CarPlay.

kelebihan android auto

Berbagai kelebihan Android Auto yang saat ini disematkan pada mobil-mobil keluaran terbaru, membuat pilihan hiburan dalam mobil menjadi lebih beragam. Tidak hanya Android Auto, ada juga Apple CarPlay yang mendukung fitur ini. 

Android Auto dan Apple CarPlay merupakan fitur yang tersedia pada head unit (HU) dan bisa tersambung langsung dengan smartphone. Pada Android Auto, smartphone yang digunakan berbasis Android. 

Sedangkan pada Apple CarPlay, smartphone yang digunakan adalah yang berbasis iOS. Keduanya bisa dihubungkan baik secara nirkabel atau kabel. 

Sayangnya tidak semua model HU bisa terkoneksi dengan Android Auto ataupun Apple CarPlay. Bila sudah tersedia, ini loh kelebihan Android Auto dibanding Apple CarPlay.

pembaharuan rutin

Pembaharuan rutin

Kelebihan Android auto yang pertama adalah siklus pembaharuan bulanan yang digunakan Google. Sebagai perbandingan, Apple hanya memperbaharui CarPlay sebagai bagian dari pembaruan iOS yang tentu saja lebih jarang terjadi.

Baca juga: 5 Tanda Power Steering Rusak dan Cara Memperbaikinya

Biasanya CarPlay baru akan mendapatkan fungsi baru ketika Apple melakukan pembaruan pada iOS utamanya. Di sisi lain, Android Auto diperbaharui melalui Google Play Store dan setiap pembaharuan menghadirkan ubahan baru kepada pengguna.

assistant integration

Assistant integration yang lebih baik

Sebenarnya baik pada Android Auto maupun CarPlay sama-sama menghadirkan sistem assistant integration (integrasi asisten), tetapi dalam banyak kasus Google Assistant dianggap jauh lebih baik daripada Siri. 

Dengan penyempurnaan yang dilakukan secara berkala, Google Assistant semakin mudah digunakan. Bahkan mampu mengaktifkan berbagai pengoperasian tanpa menyentuh layar. 

dynamic bar

Dynamic bar

Dynamic bar merupakan bilah navigasi pada bagian bawah yang secara otomatis akan menyesuaikan dengan aplikasi yang sedang digunakan. 

Baca juga: Jenis Bahan Jok Mobil Masa Kini dan Perawatannya

Sebagai contoh, dynamic bar bisa menjadi petunjuk arah ketika pengemudi mobil sedang beralih dari Google Maps ke Spotify atau menampilkan kontrol pemutar media ketika sedang menjalankan navigasi. 

Bilah di bagian bawah ini sangat berguna, terutama ketika sedang berada dalam kabin. Pengemudi bisa mengoperasikan dua sistem secara bersamaan tanpa harus mengeluarkan tampilan yang sudah ada. 

Jika tidak diperlukan, fitur ini bisa disembunyikan layaknya mode bar yang ada pada Windows. Tidak heran bila dynamic bar menjadi fitur terbaru dan bisa dianggap sebagai fitur terbaik yang bisa diandalkan. 

melakukan downgrade

Bisa melakukan downgrade

Selain adanya pembaharuan yang dilakukan secara rutin, pengguna Android Auto juga bisa melakukan downgrade atau menurunkan sistem ke versi sebelumnya. Untuk melakukannya, pengguna hanya perlu mengunduh installer APK yang tersedia secara online. 

Baca juga: Kabin Panas, Begini Cara Menyalakan AC dan Mematikannya

Ada beberapa alasan mengapa pengguna ingin melakukan downgrade, salah satunya adalah adanya fitur bug yang biasanya muncul ketika ada pembaharuan baru pada sistem operasi. 

Dengan melakukan downgrade, maka sistem akan turun ke versi sebelumnya sehingga aplikasi atau fitur yang mengalami bug itu akan kembali normal. 

Untuk bisa merasakan fitur-fitur Android Auto, saat ini sudah tersedia di beberapa jenis mobil yang ada di pasaran. Beberapa diantaranya adalah Daihatsu Rocky, Daihatsu All New Xenia, dan Daihatsu New Sirion.

Buat yang ingin membeli mobil-mobil tersebut, bisa langsung mengunjungi SEVA untuk lebih tahu mengenai spesifikasi lengkap beserta harga-harganya. Ada juga fitur simulasi kredit untuk mengetahui besarnya cicilan mobil yang harus dibayarkan. 

Baca juga: Daihatsu New Sirion Resmi Meluncur, Lebih Fun dan Stylish

Selain itu, ada juga fitur Instant Approval yang membuat pembelian mobil menjadi lebih aman dan nyaman karena semuanya bisa dilakukan secara online. Nah, tunggu apalagi jangan lupa untuk beli mobil yang Jelas dari Awal hanya di SEVA!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.