bahan jok mobil

Jenis Bahan Jok Mobil Masa Kini dan Perawatannya

bahan jok mobil

Saat memilih bahan jok mobil, usahakan untuk memilihnya dengan tepat. Ini karena jok mobil merupakan salah satu komponen utama pada interior mobil. 

Untuk bahan-bahan yang digunakan untuk jok mobil sendiri sebenarnya ada banyak di pasaran. Penggunaan sarung jok mobil ini dilakukan agar jok bawaan pabrik tidak cepat rusak atau kotor. 

Ada berbagai macam bahan yang digunakan dalam pembuatan sarung jok. Apa saja jenisnya, berikut penjelasannya:

bahan nylon

Bahan nylon

Bahan nylon dikenal juga dengan bahan kain atau fabric. Jenis bahan ini memiliki tingkat kenyamanan yang hampir mirip dengan kulit namun cenderung lebih kuat, tahan lama dan harganya jauh lebih murah. 

Baca juga: Kabin Panas, Begini Cara Menyalakan AC dan Mematikannya

Namun, jenis bahan ini juga memiliki kekurangan yaitu memiliki pori-pori yang cukup lebar. Pori-pori yang cukup lebar tersebut dapat menyimpan banyak kotoran seiring berjalannya waktu, sehingga perawatannya harus dilakukan secara rutin. 

bahan polyester

Bahan polyester

Bahan jok mobil lainnya yang sering dipilih adalah polyester karena memiliki kualitas yang cukup bagus dengan harga yang terjangkau. Bahan ini cukup populer karena memiliki tingkat kenyamanan yang hampir sama dengan bahan kulit dan harganya jauh lebih murah. 

Polyester juga mudah dibersihkan menggunakan air yang sudah dicampur sabun karena bahannya cepat kering. Bisa juga dengan menggunakan vakum untuk membersihkan sarung jok mobil berbahan polyester ini. 

bahan vinyl

Bahan vinyl 

Sarung jok mobil berbahan vinyl merupakan jenis bahan yang paling mudah dibersihkan. Ini karena tumpahan air dan kotoran biasanya akan luntur sendiri pada bahan vinyl.  

Baca juga: DIY Cara Cek Kondisi Oli Mesin Mobil

Untuk membersihkannya, hanya perlu menyemprotkan pembersih kaca serbaguna pada area yang kotor. Setelah itu, tinggal dilap menggunakan kain lembut dan noda ataupun bau yang membandel pun akan langsung hilang. 

bahan semi kulit

Bahan semi kulit

Sesuai dengan namanya, bahan semi kulit, sintetis, atau imitasi ini memang hampir mirip dengan kulit asli dari segi tekstur. Cara perawatan bahan ini lebih mudah dibandingkan dengan bahan dari kulit asli. 

Bahan semi sintetis tidak gampang kotor dan tidak akan menyerap air jadi tidak akan merusak lapisan tekstur semi kulit sintetis. Keunggulan lain dari bahan ini adalah menyerap panas lebih sedikit sehingga tidak perlu khawatir ketika parkir di ruang terbuka saat siang hari. 

Baca juga: 5 Jenis Mobil Toyota Terbaru dengan Fitur TSS dan Harganya

Meski bahan ini lebih kuat ketimbang kulit asli, kenyamanannya tentu masih berada di bawahnya. Harganya terbilang terjangkau dan minim perawatan sehingga banyak digunakan di mobil yang beredar di Indonesia.

kulit asli

Bahan kulit asli

Bahan kulit asli memiliki kualitas yang paling baik dibandingkan bahan-bahan lainnya. Meskipun harganya memang lebih mahal, bahan kulit ini mulai banyak peminatnya karena kualitas yang ditawarkannya. 

Selain kualitasnya yang prima, jok mobil yang terbuat dari kulit asli juga akan membuat tampilan jok menjadi lebih stylish dan juga lebih elegan serta ketahanan yang lama. Namun memang, penggunaan jok mobil dari kulit ini sedikit lebih rumit. 

Baca juga: Polisi Tilang Pakai Kamera HP, Bagaimana Aturannya?

Jika salah melakukan perawatannya, maka tampilan kulitnya akan menjadi lebih cepat kusam dan warnanya pun akan semakin pudar. Saat membersihkannya, bisa menggunakan sabun dan sikat gigi dengan bulu-bulu yang lembut. 

merawat jok mobil

Cara perawatan jok mobil

Setelah menentukan bahan jok mobil yang tepat, jangan lupa untuk memperhatikan cara perawatannya. Ada beberapa cara yang bisa digunakan dalam menjaga jok mobil. 

Cara yang paling mudah adalah dengan memarkirkan mobil di tempat yang tidak terpapar matahari langsung atau sering. Jika harus keluar, usahakan cari tempat parkir mobil yang tertutup dari paparan sinar matahari. 

Baca juga: Daihatsu New Sirion Resmi Meluncur, Lebih Fun dan Stylish

Hal selanjutnya adalah membersihkan interior mobil 1 bulan sekali atau 2 minggu sekali. Bersihkan menggunakan lotion khusus untuk bahan kulit, hand body atau baby oil.

Sebelum mengganti jok kulit bawaan sebaiknya cari tahu lebih banyak mengenai jenis jok mobil yang akan dipilih tersebut. Jangan lupa juga untuk memilih bengkel untuk memasang jok mobil yang tepat agar hasil pengerjaan bisa maksimal. 

Mobil terlihat rapi dan bersih, maka berkendara pun akan menjadi lebih nyaman!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *