Terdapat 3 Varian Kijang Innova Zenix, Apa Saja Perbedaannya?

Ada 3 varian Kijang Innova Zenix yang baru saja diluncurkan secara resmi di Indonesia. Perbedaan apa saja yang bisa dirasakan?

varian kijang innova zenix

Varian Kijang Innova Zenix yang baru saja resmi meluncur di Indonesia pada Senin, 21 November 2022 kini tersedia dalam mesin hybrid dan bensin. Generasi ketujuh dari seri Kijang ini hadir dengan kabin yang lebih lega, customer-centric, serta ramah lingkungan.

Salah satu perubahan yang mendasar pada mobil ini adalah penggunaan platform TNGA: GA-C yang dibuat langsung di pabrik Karawang. Dengan kata lain, Toyota All New Kijang Innova Zenix menjadi mobil hybrid pertama yang diproduksi langsung di Indonesia.

Baca juga: Toyota All New Kijang Innova Zenix Resmi Meluncur, Berapa Harganya?

Penggunaan platform terbaru ini menghadirkan performa berkendara yang superior serta konsumsi bahan bakar yang lebih efisien di saat yang bersamaan. Untuk mengetahui lebih lengkap, yuk cari tahu berbagai varian Kijang Innova Zenix yang ada saat ini.

Varian Kijang Innova Zenix

Untuk varian Kijang Innova Zenix sendiri, saat ini ada 3 yaitu G, V, dan Q. Bagaimana penjelasan lengkapnya? 

Varian G

innova zenix varian G

Varian Kijang Innova Zenix G ini memiliki 2 jenis mesin yang tersedia, yaitu mesin hybrid dan mesin bensin konvensional. Baik varian hybrid maupun bensin keduanya sudah memiliki tampilan crossover pada bagian depan. 

Baca juga: Toyota Kijang Berevolusi Menjadi Ikon Otomotif Nasional

Beberapa perbedaan yang mungkin dirasakan adalah pada varian G mesin hybrid sudah menggunakan velg alloy wheel berukuran 16 inci serta bagian dashboard yang tersedia dengan two tone color. 

Pada varian hybrid juga sudah disematkan head unit berukuran 9 inci dengan Smartphone Connectivity. Sedangkan pada mesin bensin, salah satu keunggulan yang mungkin bisa dirasakan adalah penggunaan mesin terbaru yang lebih efisien penggunaan bahan bakar. 

Varian V

innova zenix varian V

Varian Kijang Innova selanjutnya adalah V yang juga sama-sama tersedia dalam 2 pilihan mesin, yaitu mesin bensin konvensional dan hybrid. Pada varian bensin, fitur-fitur yang disediakan tidak jauh berbeda dengan tipe G. 

Baca juga: 7 Jenis dan Fungsi Markah Jalan yang ada di Indonesia

Salah satu keunggulan yang bisa dirasakan pada varian V dengan mesin hybrid yaitu adanya New Panoramic Retractable Roof yang akan membuat kabin menjadi terasa lebih lapang. Pada mesin hybrid juga velg yang digunakan adalah alloy wheel berukuran 17 inci. 

Tidak perlu khawatir bagi pecinta mesin bensin karena kedua varian mesin ini semuanya sudah menggunakan platform TNGA yang paling baru. 

Varian Q

innova zenix varian Q

Ini merupakan varian Kijang Innova Zenix yang paling tinggi dan hanya tersedia varian mesin hybrid saja. Salah satu fitur yang hanya tersedia pada varian Q adalah New Power Backdoor with Voice Command. 

Tidak hanya itu saja, pada bagian baris keduanya juga sudah menggunakan New Captain Seat with Ottoman dengan Deal Rear Seat Entertainment berukuran 10 inci yang bisa menjadi hiburan bagi penumpang. 

Baca juga: Cara Mudah Urus SIM Internasional Biar Bisa Nyetir di Luar Negeri

Selain itu, fitur keselamatan paling canggih yaitu Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 sudah disematkan yaitu Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) dan Lane Tracing Assist (LTA), serta Automatic High Beam (AHB).

Spesifikasi Innova Zenix

mesin

Untuk spesifikasi Innova Zenix, sudah menggunakan mesin TNGA berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine yang tentunya lebih powerful. 

Kapasitas mesin yang digunakan adalah 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 171 daya kuda pada 6.600 RPM dan torsi 20,9 Kgm pada 4.500-4.900 RPM. 

Baca juga: 20 Mobil Terlaris Oktober 2022, Siapa jadi Juaranya?

Sedangkan untuk mesin hybrid menggunakan mesin TNGA dengan kode M20A-FXS generasi kelima yang digunakan pada Toyota Prius terbaru. Mesin hybrid ini menghasilkan tenaga 149 daya kuda pada 6.000 RPM dan torsi 19,1 Kgm pada 4.400-5.200 RPM. 

Klaim dari Toyota, mesin hybrid ini sangat irit dengan konsumsi bahan bakar 20 kilometer per liter.

Harga Kijang Innova Zenix

harga

Harga Toyota All New Kijang Innova Zenix ini akan dibedakan sesuai dengan mesin yang digunakan. Dalam peluncurannya, Anton Jimmi Suwandy selaku Marketing Director dari PT Toyota Astra Motor (TAM) memberikan rinciannya. 

Mesin bensin

  1. Toyota Kijang Innova Zenix 2.0 G CVT: Rp 419.000.000
  2. Toyota Kijang Innova Zenix 2.0 V CVT: Rp 467.000.000 

Baca juga: Spesifikasi Toyota Prius Generasi Kelima yang Baru Launching di Jepang

Mesin hybrid

  1. Toyota Kijang Innova Zenix 2.0 G HV: Rp 458.000.000 
  2. Toyota Kijang Innova Innova Zenix 2.0 V HV Modelista: Rp 532.000.000
  3. Toyota Kijang Innova Zenix 2.0 Q HV Modellista: Rp 611.000.000 

Hanya dengan menambah Rp 3 juta, pembeli bisa mendapatkan unit mobil dengan warna-warna premium. 

Nah, dari berbagai varian Kijang Innova Zenix tersebut mana yang paling cocok buatmu? Kalau berminat, bisa langsung pesan ke dealer-dealer Toyota terdekat ya.