Search Cars

Berita Utama Otomotif

Spesifikasi Toyota Prius Generasi Kelima yang Baru Launching di Jepang

Toyota Prius generasi kelima baru saja diluncurkan dengan tampilan yang lebih modern. Bagaimana spesifikasi lengkap mobil ini?

toyota prius

Toyota Prius generasi terbaru akhirnya resmi diluncurkan di Jepang, pada Rabu, 16 November 2022. Dengan mengusung konsep “Hybrid Reborn” mobil yang hadir dengan desain penuh gaya serta performa yang menawan. 

Secara keseluruhan, mobil ini tidak terlalu jauh berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya. Desain Toyota Prius yang ikonik masih tetap dipertahankan namun dengan peningkatan-peningkatan yang lebih canggih dan modern. 

Sejarah Toyota Prius

toyota prius

Dengan tagline “Just In Time for the 21st Century”, Toyota Prius pertama kali diluncurkan pada tahun 1997 sebagai mobil hybrid pertama yang diproduksi secara massal di dunia. Kemudian pada generasi kedua, mulai diperkenalkan siluet monoform yang menjadi ciri khasnya. 

Baca juga: Kendaraan Elektrifikasi Toyota yang Mengaspal di Indonesia Usai KTT G20

Lalu pada generasi ketiga, barulah diperkenalkan mesin berkapasitas lebih besar yaitu 1,8 liter. Serta sistem hybrid yang lebih efisien, tidak hanya meningkatkan efisiensi bahan bakar tetapi juga performa berkendara. 

Pada generasi keempat, barulah menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) untuk pertama kalinya guna menghadirkan peningkatan kinerja dan pengalaman berkendara yang lebih baik.

Memiliki arti “to go before” dalam bahasa Latin, Toyota Prius bisa dibilang menjadi pionir dalam memperkenalkan mobil hybrid selama 25 tahun sejak pertama kali diluncurkan. Sampai saat ini, Toyota Prius sudah terjual sekitar 5,05 juta unit di seluruh dunia. 

Spesifikasi Toyota Prius generasi kelima

Toyota Prius generasi kelima ini hadir dengan berbagai perubahan, baik dari segi bentuk maupun fitur-fitur yang disematkan di dalamnya. Inilah spesifikasi lengkapnya: 

Eksterior

toyota prius

Pada bagian eksterior, Toyota Prius terbaru ini masih menggunakan siluet monoform yang memang sudah menjadi ciri khas mobil ini. Namun dengan proporsi yang lebih bergaya dengan pusat gravitasi rendah serta diameter roda yang cukup besar yaitu 19 inci. 

Baca juga: Pesawat Presiden Dunia yang Mendarat di KTT G20 Bali

Bagian depan mobil menggunakan desain berbentuk seperti hiu martil untuk mencapai tingkat keseimbangan yang tinggi antara fungsionalitas dan gaya. 

Sedangkan desain belakangnya menghadirkan lampu belakang kombinasi yang memanjang secara horizontal ke kiri dan kanan. Ini semakin menonjolkan desain Toyota Prius yang canggih.

Toyota Prius generasi terbaru ini hadir dengan 8 warna, termasuk 2 warna dasar yaitu Ash dan Mustard yang baru dikembangkan untuk menciptakan kesan sporty

Interior

interior prius

Pada bagian interior, menggunakan konsep “island architecture” yang membuat kabin menjadi lebih lapang dan bebas stres sehingga memudahkan konsentrasi pengemudi ketika sedang berkendara dengan dominasi warna hitam serta stitching finishes di bagian kursi-kursinya.

Plug-in Hybrid System 

Plug-in Hybrid System 2.0 liter pertama dari Toyota ini menghadirkan akselerasi yang ditingkatkan secara dramatis dari model sebelumnya. Kombinasi Dynamic Force Engine berefisiensi tinggi dan baterai lithium-ion mampu menghasilkan tenaga 164 kW (223 PS). 

Baca juga:  Mengenal Spesifikasi The Beast, Tunggangan Joe Biden di KTT G20 Bali

Versi ini juga memiliki performa dinamis yang luar biasa dengan akselerasi PHEV yang bertenaga, mencapai 0-100 kilometer per jam dalam 6,7 detik. 

Parallel Hybrid System

prius

Toyota Prius terbaru ini juga menghadirkan Parallel Hybrid System terbaru yang bisa dipilih antara 2.0 liter dan 1.8 liter. Ini menawarkan akselerasi yang memuaskan serta pengendaraan yang responsif dan efisiensi bahan bakar sama seperti model sebelumnya. 

Peningkatan platform TNGA 

Mobil ini menggunakan platform TNGA generasi kedua yang menjadi pengembangan dari platform TNGA versi sebelumnya. Platform TNGA terbaru ini juga memungkinkan pusat gravitasi yang lebih rendah dan penggunaan ban berdiameter besar. 

Fitur keselamatan Toyota Prius

prius 2

Fitur keselamatan juga menjadi faktor yang tidak dilupakan, Toyota Safety Sense (TSS) terbaru sudah disematkan pada mobil ini. Tentunya dengan fungsi yang lebih canggih dan lebih baik untuk keselamatan pengguna Toyota Prius terbaru.

Baca juga: Awalnya Bukan Hitam Putih, Mau Tahu Sejarah Zebra Cross?

Tidak hanya itu saja, fitur canggih lainnya seperti Advanced Park (with remote function) juga sudah digunakan. Fitur ini memungkinkan pengemudi melakukan parkir secara otomatis yang bisa dioperasikan dari luar mobil melalui aplikasi smartphone khusus. 

Untuk saat ini, Toyota Prius generasi kelima memang baru diluncurkan di negara asalnya yaitu Jepang. Nantinya, mobil tersebut akan mulai diluncurkan di Amerika Utara, Eropa, dan berbagai negara lainnya. Jadi, siap-siap tunggu peluncurannya di Indonesia ya. 

Mobil hybrid Toyota lainnya

toyota corolla cross

Beberapa waktu yang lalu, Toyota memperkenalkan mobil listrik murni pertamanya yaitu Toyota bZ4X. Selain mobil tersebut, ada juga pilihan kendaraan elektrifikasi Toyota lainnya yang menggunakan sistem hybrid. 

Untuk pilihan mobil hybrid dari Toyota adalah: 

Nah, buat kamu yang ingin merasakan bagaimana mobil hybrid Toyota bisa langsung saja mengeceknya di SEVA untuk mengetahui spesifikasi beserta harganya secara lengkap. 

Jangan lupa juga untuk menggunakan fitur unggulan yang sudah disediakan yaitu Instant Approval dan Loan Calculator untuk bisa mendapatkan kenyamanan finansial sampai bisa mendapatkan mobil impianmu. 

Jadi, kamu tinggal SatSet aja kalau mau beli mobil dan pastinya Awas Kena Gocek kalau ga beli mobil di SEVA. Beli mobil, pastinya harus yang #JelasDariAwal tentunya cuma di SEVA!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.