kendaraan elektrifikasi toyota

Kendaraan Elektrifikasi Toyota yang Mengaspal di Indonesia Usai KTT G20

kendaraan elektrifikasi toyota

Kendaraan elektrifikasi Toyota turut memeriahkan gelaran KTT G20 yang berlangsung di Bali selama 15-16 November 2022. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah Toyota bZ4X yang menjadi mobil listrik pertama pabrikan otomotif asal Jepang tersebut. 

Mobil tersebut menjadi kendaraan resmi yang digunakan selama KTT G20 dengan mengandalkan baterai sebagai sumber energi utamanya. Namun sebenarnya tidak hanya itu saja, ada beberapa kendaraan elektrifikasi Toyota lainnya. 

Ini berkaitan dengan komitmen Toyota untuk mendukung penuh strategi pemerintah Indonesia dalam mencapai target Net Zero Emission di tahun 2060. 

Baca juga: Resmi Mengaspal di Indonesia, Begini Review bZ4X Paling Lengkap!

Hal ini juga yang sejalan dengan Toyota Environmental Challenge 2050 untuk mengurangi emisi karbon dalam berbagai aspek bisnis, termasuk produk dan teknologi.

Kendaraan elektrifikasi Toyota 

Kendaraan elektrifikasi Toyota sebenarnya sudah hadir sejak tahun 2009 dan pilihan produk serta teknologinya pun terus bertambah. 

Hingga kini, PT Toyota Astra Motor (TAM) secara total melalui Toyota dan Lexus memiliki 14 pilihan produk elektrifikasi, dengan teknologi Hybrid EV, Plug-In Hybrid EV, dan Battery EV. Apa saja produk tersebut?

Toyota bZ4X

kendaraan elektrifikasi toyota

Kendaraan elektrifikasi Toyota yang cukup menarik perhatian beberapa waktu lalu adalah mobil listrik atau BEV Toyota bZ4X yang sudah menggunakan platform e-TNGA (Toyota New Global Architecture). 

Baca juga: Harga Toyota bZ4X Rp 1,19 M, Siapa Saja Pesaing di Kelasnya?

Platform ini selain memiliki bobot yang lebih ringan dan struktur yang lebih rigid, bisa mengakomodasi kapasitas baterai yang lebih besar. 

Untuk pasar Indonesia, Toyota hanya menghadirkan satu varian yaitu Front Wheel Drive (FWD) yang dibekali dengan baterai lithium-ion 335 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh yang mampu menghasilkan tenaga 204 daya kuda dan torsi 266 Nm.

Dalam satu kali pengisian daya, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 500 kilometer. Mobil ini butuh waktu selama 30 menit untuk bisa mencapai daya 80 persen melalui sistem fast charging 150kW menggunakan sistem charging DC output CCS2.

Baca juga: Kelebihan dan Fitur Toyota bZ4X yang Memudahkan Penggunanya

Sedangkan pengisian penuh menggunakan AC output dengan suplai 230V/32A akan memakan waktu 9-10 jam. Jika baterai tersebut terisi penuh dapat mencapai jarak hingga 500 kilometer.

Toyota Prius

kendaraan elektrifikasi toyota

Kendaraan elektrifikasi Toyota yang baru saja diluncurkan adalah Toyota Prius generasi kelima dengan diameter roda yang cukup besar yaitu 19 inci. Pada bagian belakang, menghadirkan lampu kombinasi yang memanjang untuk menonjolkan sisi kecanggihan. 

Pada bagian interior, menggunakan konsep “island architecture” yang membuat kabin menjadi lebih lapang dan bebas stres sehingga memudahkan konsentrasi pengemudi ketika sedang berkendara. 

Baca juga: Toyota bZ4X Jadi Kendaraan Resmi KTT G20, Sudah Dijual Resmi?

Toyota Prius PHEV generasi terbaru ini menghadirkan 8 warna, termasuk 2 warna dasar Ash dan Mustard yang baru dikembangkan untuk menciptakan kesan sporty. Mobil ini juga memiliki 2 sistem, yaitu: 

Plug-in Hybrid System 

toyota prius

Plug-in Hybrid System 2.0 liter pertama dari Toyota ini menghadirkan akselerasi yang ditingkatkan secara dramatis dari model sebelumnya. Kombinasi Dynamic Force Engine berefisiensi tinggi dan baterai lithium-ion mampu menghasilkan tenaga 164 kW (223 PS). 

Versi ini juga memiliki performa dinamis yang luar biasa dengan akselerasi PHEV yang bertenaga, mencapai 0-100 kilometer per jam dalam 6,7 detik. 

Parallel Hybrid System

Toyota Prius terbaru ini juga menghadirkan Parallel Hybrid System terbaru yang bisa dipilih antara 2.0 liter dan 1.8 liter. Ini menawarkan akselerasi yang memuaskan serta pengendaraan yang responsif dan efisiensi bahan bakar sama seperti model sebelumnya. 

Peningkatan platform TNGA 

platform TNGA

Mobil ini menggunakan platform TNGA generasi kedua yang menjadi pengembangan dari platform TNGA versi sebelumnya. Platform TNGA terbaru ini juga memungkinkan pusat gravitasi yang lebih rendah dan penggunaan ban berdiameter besar. 

Fitur keselamatan Toyota Prius

Sama seperti kendaraan-kendaraan elektrifikasi Toyota lainnya, Toyota Safety Sense (TSS) juga sudah disematkan pada mobil ini. Tentunya dengan fungsi yang lebih canggih dan lebih baik untuk keselamatan pengguna Toyota Prius terbaru.

Baca juga: Pesawat Presiden Dunia yang Mendarat di KTT G20 Bali

Tidak hanya itu saja, fitur canggih lainnya seperti Advanced Park (with remote function) juga sudah digunakan. Fitur ini memungkinkan pengemudi melakukan parkir secara otomatis yang bisa dioperasikan dari luar mobil melalui aplikasi smartphone khusus. 

Sebagai informasi, saat ini Toyota Prius generasi kelima baru diluncurkan di Jepang yang akan diikuti Amerika Utara, Eropa, dan berbagai negara lainnya. Jadi, siap-siap untuk menunggu peluncuran resminya di Indonesia ya. 

Program EV Smart Toyota

EV Smart

Guna meningkatkan sosialisasi dan memasyarakatkan pemasaran kendaraan ramah lingkungan di Indonesia, sejak April 2021 Toyota juga mengimplementasikan program EV Smart Mobility di kawasan pariwisata Nusa Dua, Bali dan di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara. 

Melalui program ini, Toyota menyediakan kendaraan elektrifikasi yang terdiri atas Toyota COMS berbasis Battery Electric Vehicle (BEV), Toyota C+pod (BEV), dan Toyota Prius PHEV untuk bisa disewa oleh wisatawan yang berkunjung. 

Mobil hybrid Toyota

toyota corolla cross

Selain berbagai kendaraan elektrifikasi Toyota yang sudah disebutkan sebelumnya, ada juga pilihan hybrid untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Apalagi masih banyak masyarakat yang mungkin belum terbiasa dengan kehadiran mobil listrik murni. 

Beberapa mobil hybrid Toyota yang bisa dijadikan pilihan adalah: 

Tidak perlu khawatir dengan kualitas kendaraan elektrifikasi Toyota karena ada berbagai fitur canggih yang sudah disematkan. Fitur-fitur tersebut akan memudahkan penggunanya dan tentu saja membuat rasa aman saat berkendara. 

Baca juga: 3 Langkah Mudah Mengurus Pelat Nomor Putih Kendaraan

Nah, buat yang ingin merasakan bagaimana mobil hybrid Toyota bisa langsung saja mengeceknya di SEVA untuk mengetahui spesifikasi beserta harganya secara lengkap. 

Jangan lupa juga untuk menggunakan fitur unggulan yang sudah disediakan yaitu Instant Approval dan Loan Calculator untuk bisa mendapatkan kenyamanan finansial sampai bisa mendapatkan mobil impianmu. 

Jadi, kamu tinggal SatSet aja kalau mau beli mobil dan pastinya Awas Kena Gocek kalau ga beli mobil di SEVA. Beli mobil, pastinya harus yang #JelasDariAwal tentunya cuma di SEVA!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *