Search Cars

Berita Utama Otomotif

Resmi Mengaspal di Indonesia, Begini Review bZ4X Paling Lengkap!

Review Toyota bZ4X yang sudah resmi meluncur di pasar Indonesia. Bagaimana impresi saat pertama kali melihat mobil listrik ini?

review Toyota bZ4X

Review Toyota bZ4X sudah banyak ditunggu oleh masyarakat yang penasaran dengan mobil listrik yang satu ini. Apalagi, mobil ini merupakan kendaraan Battery Electric Vehicle (BEV) pertama dari Toyota. 

Dalam acara peluncuran resminya, Kamis, 10 November 2022, Henry Tanoto selaku Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) menyebutkan bahwa Toyota bZ4X ini mengusung tema fun to drive experience. 

“Semoga dengan lengkapnya line up elektrifikasi Toyota, masyarakat Indonesia semakin memiliki banyak pilihan untuk kendaraan ramah lingkungan (zero emission),” kata Henry. 

Baca juga: Harga Mobil Listrik di Bawah Rp 1 M, Dapat Apa Saja?

Sebagai informasi, bZ sendiri merupakan singkatan dari beyond zero yang akan menjadi tanda khusus untuk line up mobil-mobil full electric yang akan dihadirkan oleh Toyota. Ke depannya, akan ada berbagai macam kendaraan elektrifikasi lainnya yang akan diluncurkan. 

Review Toyota bZ4X

Buat yang penasaran dengan apa saja yang dihadirkan, inilah review Toyota All New bZ4X beserta spesifikasi yang ada di dalamnya: 

Spesifikasi Toyota bZ4X

toyota bZ4X

Dari segi spesifikasinya, Toyota bZ4X ini menggunakan platform e-TNGA (Toyota New Global Architecture). Platform ini selain memiliki bobot yang lebih ringan dan struktur yang lebih rigid, bisa mengakomodasi kapasitas baterai yang lebih besar. 

Dengan begitu, pengalaman berkendara juga akan menjadi smooth sesuai dengan ciri khas mobil-mobil SUV premium. Ground clearance mobil ini juga tergolong tinggi yaitu 210 milimeter yang bisa diandalkan untuk jalanan di Indonesia. 

Baca juga: Mobil Konsep dan Mobil Listrik Terbaru yang Ada di GIIAS 2022

Untuk pasar Indonesia, Toyota hanya menghadirkan satu varian yaitu Front Wheel Drive (FWD) yang dibekali dengan baterai lithium-ion 335 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh yang mampu menghasilkan tenaga 204 daya kuda dan torsi 266 Nm.

Dalam satu kali pengisian daya, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 500 kilometer. Mobil ini butuh waktu selama 30 menit untuk bisa mencapai daya 80 persen melalui sistem fast charging 150kW menggunakan sistem charging DC output CCS2.

Sedangkan pengisian penuh menggunakan AC output dengan suplai 230V/32A akan memakan waktu 9-10 jam. Jika baterai tersebut terisi penuh dapat mencapai jarak hingga 500 kilometer.

Baca juga: Toyota bZ4X Jadi Kendaraan Resmi KTT G20, Sudah Dijual Resmi?

Sebagai salah satu komponen yang paling penting, Toyota juga memberikan garansi baterai untuk para pemilik Toyota bZ4X selama 8 tahun atau 160.000 kilometer. 

Eksterior yang mewah

eksterior bZ4X

Dari segi bentuk, Toyota bZ4X ini memiliki kemiripan dengan Subaru Solterra yang dilengkapi dengan ban yang cukup mumpuni yaitu dengan ukuran 18 inci. Pada bagian samping, terdapat kamera 360 derajat yang memudahkan pengemudi saat berkendara atau parkir.

Di area depan, terlihat ada side square serta roof rail. Keduanya semakin mempertegas tampilan sebuah crossover yang bisa diandalkan untuk segala kondisi jalanan. 

Baca juga: Prediksi Spesifikasi dan Harga Toyota bZ4X yang Sebentar Lagi Meluncur

Pada area belakang, bagian spoiler dibuat terpisah kemudian bagian kaca belakangnya melandai. Selain itu, lampu LED yang digunakan menambah kesan mewah yang mirip dengan identik model-model Lexus terbaru. 

Pada mobil-mobil hybrid sebelumnya, logo Toyota yang digunakan berwarna biru tetapi untuk mobil listrik kali ini logo Toyota tetap berwarna hitam. Perbedaan terlihat pada emblem nama mobil, yaitu bZ yang diberi warna biru yang menandakan bahwa itu merupakan mobil listrik. 

Interior nyaman

interior bZ4X

Dari segi interior, mobil ini juga terlihat cukup nyaman salah satunya pada bagian door trim yang menggunakan soft touch serta penyangganya yang cukup landai. Ini membuat pengemudi merasa nyaman ketika harus menyetir dengan satu tangan. 

Baca juga: Jarang Ganti Filter Oli Mobil, Ini Masalah yang Akan Mengintai

Untuk fungsi infotainment pada mobil ini juga cukup bisa diandalkan, yaitu menggunakan layar yang cukup besar berukuran 12,3 inci. Dashboard-nya menggunakan bahan tekstil sehingga menimbulkan kesan premium. 

Pada bagian jok mobil, menggunakan bahan kulit yang berkelas dan cukup empuk sehingga cukup nyaman bagi pengemudi ataupun penumpang. Hal ini membuat pengemudi atau penumpang tidak akan merasa kelelahan jika harus berjalan dengan jarak yang jauh.

Untuk MID nya juga memiliki pilihan yang cukup banyak ada speedometer dan penanda baterai. 

Di bagian tengah ada banyak tombol, seperti Eco Mode, kamera 360, serta parkir otomatis. 

Pada bagian transmisinya, Toyota bZ4X menggunakan knock memutar yang menggantikan transmisi konvensional.

Fitur keselamatan

TSS Toyota bZ4X

Terkait fitur keselamatan, Toyota bZ4X sudah menggunakan paket fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 yang sebelumnya sudah digunakan pada Toyota All New Voxy

Baca juga: Bisa Membuat Tidak Dingin, Ketahui Tanda Kompresor AC Mobil Lemah

Fitur-fitur TSS seperti Pre-Collision System with Pedestrian Detection, Lane Departure Alert with Steering Assist, Automatic High Beams, Lane Tracing Assist, Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control, hingga Road Sign Assist sudah ada dalam mobil ini. 

Mobil ini juga cukup aman karena dilengkapi dengan parkir otomatis (Advanced Park) dan memiliki sensor sebanyak 6 buah di bagian belakang. 

Harga mobil

harga bZ4X

Untuk harganya sendiri, Toyota bZ4X dibanderol seharga Rp1,19 miliar on the road (OTR) Jakarta. Saat ini unit mobilnya masih completely built up (CBU) dari Jepang sehingga stok yang ada masih terbatas. 

Baca juga: Tips Agar Biaya Perawatan Mobil Tidak Membengkak

Sebagai perbandingan, beberapa mobil listrik yang saat ini sudah dijual di Indonesia yaitu yaitu  BMW i4 Rp2,06 miliar dan BMW iX Rp2,33 miliar, MINI Electric Rp1,05 miliar, Hyundai Ioniq 5 Rp748 juta-Rp859 juta, dan Wuling Air EV Rp238 juta-Rp311 juta.

Di Indonesia, Toyota telah menghadirkan produk elektrifikasi sejak tahun 2009 dengan berbagai pilihan produk serta teknologinya yang terus bertambah. 

Secara total melalui Toyota dan Lexus memiliki 14 pilihan produk elektrifikasi, dengan teknologi Hybrid EV, Plug-In Hybrid EV, dan Battery EV. Selama lebih dari 1 dekade memasarkan produk elektrifikasi, TAM berhasil mencatat total penjualan 7.021 unit hingga tahun ini. 

Dengan berbagai pengalaman yang sudah cukup lama tersebut, apakah kamu tertarik untuk memiliki mobil listrik Toyota bZ4X ini? 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.