Search Cars

Review Otomotif

MINI Electric Pertama Hadir di Indonesia, Berapa Harganya?

MINI Electric resmi meluncur di Indonesia pada Rabu, 8 Juni 2022. Apa saja spesifikasi lengkap dan berapa harganya?

MINI Electric

MINI Indonesia baru saja meluncurkan mobil listrik pertamanya, yaitu MINI Electric. Mobil ini ditawarkan dalam dua varian, yaitu MINI Electric dan MINI Electric Collection. 

Mobil ini sekaligus menjadi kendaraan kompak premium listrik pertama di Indonesia. Kedua varian tersebut dapat mulai dipesan oleh pelanggan secara langsung di MINI Exhibition yang berlokasi di Main Atrium PIK Avenue mulai dari 8-12 Juni 2022.

“MINI memulai tahun 2022 dengan luar biasa, membuka tahun dengan peningkatan penjualan

signifikan sebesar 39 persen. Dan bersama BMW Group Indonesia kembali menjadi pemimpin brand premium di Indonesia dengan mencatatkan penjualan tertinggi di segmen kendaraan premium berdasarkan data GAIKINDO,” ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

Nah, apa saja spesifikasi lengkap dari mobil ini, lalu berapa harganya? 

Eksterior MINI Electric

Eksterior MINI Electric

Dari segi desain eksterior, MINI Electric hadir dengan basis dari MINI 3 Door dan secara keseluruhan punya desain yang mirip. Hanya saja ada beberapa tambahan baru pada sektor eksterior seperti bumper dan grille yang lebih modern, dan foglamp yang diganti dengan vertical air curtains.

Baca juga: Beli Mobil Mewah Uang Rp 2M Dapat Apa Saja?

Foglamp ini berfungsi sebagai bukaan tirai udara dan mengoptimalkan aerodinamis kendaraan. Kemudian, rumah lampu depan LED kini hadir dalam warna hitam, desain scuttle samping baru, dan bumper belakang berikan tampilan kendaraan listrik yang khas. 

Selain MINI Electric, terdapat juga MINI Electric Collection yang mendapatkan Multitone Roof dengan teknik pengecatan baru. Terdapat gradasi warna yang menarik dengan warna kebiruan yang bisa terlihat dari rangka kaca depan hingga ke belakang.

Kemudian kap desain eksklusif dan garis-garis samping juga membuat penampilan lebih ekspresif pada MINI Electric Collection. Penutup kaca spion luar diberikan warna hitam Piano Black gloss yang juga hadir di grille, lampu depan, dan lampu belakang. 

Interior MINI Electric

Interior MINI Electric

Dari segi interior, Mini Electric mengalami peningkatan teknologi dan fitur, salah satunya desain lingkar kemudi yang dilengkapi dengan tombol multifungsi dan terintegrasi dalam warna piano black

Baca juga: 4 MPV Premium Toyota yang Nyaman Buat Keluarga

Kemudian terdapat instrumen cluster dengan desain baru berwarna hitam yang diterapkan pada layar 8,8 inci. Sedangkan pada MINI Electric Collection, instrumen digital cluster yang disematkan memiliki tambahan pada mode berkendara seperti, Sport, Mid, Green, dan Green+. 

Informasi lain yang ditampilkan pada layar tersebut meliputi tingkat pengisian baterai, MINI Driving Mode yang saat ini dipilih, status sistem driver assistance, dan pesan Check Control.

Selain itu, ada juga detail lain mengenai kendaraan yang meliputi jangkauan yang tersedia, daya penggerak saat ini, suhu luar, waktu dan jarak tempuh, serta petunjuk dari sistem navigasi.

Baca juga: Cara Parkir Paralel bagi Pengendara Mobil Pemula, Dijamin Bisa!

Selama pengisian daya, panel instrumen digital juga menyediakan informasi penting, misalnya saat tersambung ke soket daya stasiun pengisian daya, akan menampilkan waktu dan suhu luar, kisaran tenaga yang tersedia, dan status pengisian daya dalam persen.

Mobil ini juga disematkan ventilasi udara dalam dan luar yang lebih modern. Dekorasi baru untuk panel kokpit hadir dengan tampilan horizontal. 

Mobil ini juga menggunakan desain baru untuk permukaan interior dengan dekorasi bezel pintu Piano Black serta ambient light warna baru yang kian menarik dan ekspresif untuk menerangi bagian kokpit.

Mesin MINI Electric

Mesin MINI Electric

MINI Electric ditawarkan dalam satu mesin dan varian transmisi dengan ukuran baterai. Mobil listrik ini menggunakan penggerak depan dengan motor listrik 135kW (184 daya kuda) dan baterai dengan kapasitas 28,9kWh nett (32,6kWh gross). 

Baca juga: Alasan BMW Seri 3 Banyak Dipilih Eksekutif Muda

Tenaganya sama dengan MINI 3 Door bermesin konvensional. Meski begitu, torsinya dimulai secara spontan. Apalagi ditunjang dengan bobot yang lebih berat sekitar 150 kg, sehingga mobil ini memiliki pusat gravitasi yang lebih rendah.

Hasilnya, saat torsi penuh mobil listrik ini dapat melesat dari 0 hingga 100 kilometer per jam hanya dalam 7,3 detik saja. 

Pengisian daya

Baterai dan pengisian daya

MINI Electric dibekali baterai lithium-ion khusus yang memungkinkan jangkauan hingga 232 kilometer (WLTP) dalam sekali pengisian daya.

Baca juga: Kabin Panas, Begini Cara Menyalakan AC dan Mematikannya

Baterai ini berbentuk T diposisikan di dasar kendaraan (bawah lantai), dan memberikan tenaga sebesar 28,9 kWh (kapasitas bersih). MINI Electric dapat diisi daya baik di rumah atau di fasilitas pengisian daya umum. 

Untuk pengisian daya melalui MINI Wallbox atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), memerlukan waktu 2,5 jam untuk mencapai kapasitas 80 persen dengan daya pengisian hingga 11 kW. 

Sedangkan pengisian daya menggunakan travel charger membutuhkan waktu sekitar 12 jam untuk mencapai kapasitas 80 persen (daya pengisian 2,3 kW). 

Baca juga: 5 Kelebihan Beli Mobil Baru Dibanding Mobil Bekas

Pengisian daya cepat (DC atau fast charging) hanya memerlukan waktu sekitar 36 menit untuk mencapai kapasitas 80 persen (pengisian daya hingga 50 kW).

ketersediaan dan harga

Ketersediaan dan harga

MINI Electric dan MINI Electric Collection masing-masing ditawarkan dengan harga Rp 945.000.000 (off the road) dan Rp 955.000.000 (off the road). Harga ini sudah termasuk MINI Wallbox, kabel untuk public charging, serta travel charger, dan biaya pemasangannya. 

Pembelian MINI Electric dapat dilakukan melalui MINI Electric Certified Dealership. Buat yang sudah memiliki unit MINI, bisa melakukan servis di bengkel resmi BMW Astra yang sudah tersebar di berbagai daerah. 

Baca juga: Makin Aman! Toyota New C-HR Hybrid Kini Dilengkapi TSS

Dengan kemudahan dalam melakukan servis tersebut, buat yang ingin membeli mobil-mobil dari BMW bisa langsung mengunjungi SEVA untuk mengetahui harga beserta spesifikasi lengkapnya. 

Ada fitur unggulan Instant Approval yang bisa membuat pembelian mobil menjadi lebih aman dan nyaman. Jadi, tunggu apalagi langsung beli mobil yang Jelas dari Awal hanya di SEVA!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.