Cara Parkir Paralel bagi Pengendara Mobil Pemula, Dijamin Bisa!

Tips mudah menguasai cara parkir paralel bagi pengendara mobil pemula. Ikuti langkah sederhananya dijamin langsung bisa!

Cara Parkir Paralel

Saat belajar mengendarai mobil, cara parkir paralel adalah salah satu keahlian dasar yang harus dikuasai. 

Bahkan dalam ujian praktik pembuatan surat izin mengemudi (SIM), parkir paralel sering menjadi momok yang membuat pesertanya gagal.

Ada dua jenis parkir yang harus dikuasai pengemudi kendaraan roda 4, yaitu parkir paralel dan parkir seri.

Baca juga: Arti Indikator ECO yang Sering Ada di Mobil Zaman Now

Parkir paralel adalah cara memarkir kendaraan secara berjajar searah dalam posisi berbaris dengan kendaraan lain. Sementara parkir seri adalah kondisi memarkirkan kendaraan berdampingan dengan kendaraan lain pada sebelah kanan dan kiri.

Cara Parkir Paralel

Kesulitan parkir paralel

Memarkir mobil secara paralel terkadang membuat gugup pengemudi pemula, karena terkadang harus memarkir kendaraan dengan posisi di depan dan belakang telah terisi kendaraan.

Idealnya, harus tersedia jarak 1 meter di depan dan belakang kendaraan sehingga tidak menutupi kendaraan lain yang akan keluar masuk barisan paralel. Selain itu, umumnya parkir paralel tidak boleh menutupi kendaraan lain yang sedang terparkir seri.

Baca juga: 5 Tanda Power Steering Rusak dan Cara Memperbaikinya

Bagi pengemudi pemula, memperkirakan jarak aman depan dan belakang secara ideal perlu dilatih agar nantinya terbiasa memarkir mobil secara paralel. Kesulitan lain parkir paralel adalah bila pada kondisi jalan menanjak atau menurun.

Cara Parkir Paralel

Melatih parkir paralel

Untuk menguasainya, maka pengemudi yang baru belajar harus sering melatihnya. Berikut langkah sederhana yang kamu bisa langsung praktikkan untuk memperlancar cara parkir paralel.

1. Posisikan mobil sejajar

Saat menemui area parkir, langkah pertama adalah mensejajarkan posisi mobilmu dengan posisi mobil yang telah terparkir. Pastikan posisi parkir yang kosong ada di depannya. 

Baca juga: Jenis dan Cara Merawat Rem Tangan Mobil

Lalu beri jarak sekitar 1 meter antara mobilmu dan mobil di sebelah tersebut. Posisi ini berguna untuk membantumu mendapatkan perkiraan tentang jarak dan sudut yang akan diambil untuk masuk ke area parkir kosong.

2. Majukan mobil 45 derajat

Jika posisi parkir kosong ada di depan sisi kiri, maka majukan mobil ke arah berlawanan. Setelah posisi depan mobil melewati area kosong itu, putar kemudi perlahan ke kanan hingga posisi mobil menyerong dengan sudut 45 derajat.

3. Mundurkan perlahan

Setelah itu, masukkan perseneling mundur dan perlahan mundur sambil memutar kemudi ke arah kiri. Setelah posisi belakang mobil  masuk ke area parkir, perlahan putar kembali kemudi ke arah sebaliknya sambil memantau posisi depan mobil tetap bebas.

Baca juga: Mobil LCGC Kuat Nanjak dan Jalan Jauh, Begini Caranya!

4. Luruskan posisi mobil

Saat mobil sudah berada sejajar dalam barisan atau area parkir tersebut, perbaiki posisi mobilnya dengan memajukan atau memundurkannya. Beri jarak bebas 1 meter di depan dan belakang.

Jika jarak bebas tidak cukup lebar, pastikan ada celah minimal setengah meter di depan dan belakang untuk memudahkan kendaraan lainnya keluar masuk parkir paralel.

Cara Parkir Paralel

Tips pengemudi pemula

1. Pastikan menggunakan kaca spion kiri dan kanan. Jika ada, kamu juga bisa menggunakan sensor parkir dan kamera mundur untuk membantu.

2. Saat memarkir kendaraan pada posisi menanjak atau menurun, putar roda ke arah trotoar untuk menjaga kemungkinan mobil melorot. Aktifkan rem tangan untuk keamanan ganda.

Baca juga: Kenali Ciri-Ciri Mobil Akan Mogok Saat Digunakan

3. Jika parkir paralel di depan area parkir seri, sebaiknya jangan menggunakan rem tangan. Hal ini dengan catatan, posisi parkir harus pada permukaan jalan yang rata.

4. Jangan terburu-buru, parkir paralel membutuhkan perhatian ekstra dari pengemudi. Parkir dengan cermat dan perhatikan kondisi sekitar, utamanya bagian depan dan belakang mobil.

Pada mobil keluaran terbaru, ada banyak fitur yang dapat membantu pengemudi untuk parkir. Misalnya fitur kamera belakang, rear sensor, bahkan automatic parking.

Jika kamu tertarik memiliki mobil-mobil yang dilengkapi fitur keamanan dan memudahkan dalam parkir, temukan daftar pilihannya di SEVA.

Kamu juga bisa mengajukan pembelian dengan bantuan Instant Approval yang aman, cepat dan akurat. Jadi, temukan mobil idaman, Jelas dari Awal hanya di SEVA ya!