Jenis dan Cara Merawat Rem Tangan Mobil

Kerap digunakan saat berhenti lama. Jangan disepelekan, ini cara merawat rem tangan mobil agar awet dan jenisnya yang ada di pasaran.

rem tangan mobil

Agar tetap awet dan memberikan performa yang maksimal, merawat rem tangan mobil harus diperhatikan. Jika tidak, mobil tidak akan mengerem secara optimal dan ini bisa sangat berbahaya.

Sama halnya seperti sistem pengereman utama, rem tangan juga wajib dilakukan pengecekan secara rutin. Seiring berjalannya waktu, rem dapat aus dan tidak bekerja dengan bak.

Bila rem tangan dirasa sudah tidak bekerja dengan baik, sebaiknya segera periksakan ke bengkel resmi untuk dilakukan perbaikan.

Baca juga: Risiko yang Mengintai Jika Mobil Jarang Servis

Secara umum ada tiga jenis rem tangan yang dibedakan sesuai dengan cara mengaktifkannya. Jenis-jenis rem tangan tersebut adalah rem tangan tarik, rem tangan pedal, dan rem tangan elektrik.

Ketiga jenis ini memiliki cara kerja sendiri-sendiri. Bagaimana cara kerjanya?

cara merawat rem tangan

Lalu, bagaimana sih cara merawat rem tangan mobil agar awet?

Perlakukan sebagaimana mestinya

Dalam menggunakan rem tangan, perlakukan rem tangan sebagaimana mestinya. Rem tangan tetap tidak bisa menggantikan rem utama. Rem tangan digunakan untuk situasi tertentu yaitu hanya untuk parkir seharian, jalanan macet menanjak, dan rem darurat bila rem biasa blong.

membersihkan rem

Bersihkan secara rutin

Jangan lupa untuk selalu membersihkan kotoran yang terdapat di rem tangan. Contohnya adalah debu dan kerak, bersihkan setiap 1.000-2.000 kilometer dalam penggunaan normal. Bila tidak tahu cara membersihkannya, bisa langsung membawa ke bengkel resmi. 

rem tangan mobil

Tidak parkir terlalu lama

Parkir dalam waktu yang lama atau bahkan sampai berhari-hari sambil mengaktifkan rem tangan bisa merusak disc brake. Terutama jika mobil sering melewati genangan air atau parkir di tempat dengan kelembapan yang tinggi. 

Baca juga: Macam-macam Filter Mobil dan Kapan Harus Menggantinya

Parkir dengan menggunakan rem tangan maksimal adalah satu hari. Jika lebih dari satu hari, sebaiknya gunakan pengganjal biasa misalnya kayu atau batu. 

Itulah jenis-jenis rem tangan beserta cara perawatannya. Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi rem tangan secara rutin, terutama jika mobil sudah tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama. 

Untuk memastikan performa rem tangan mobil, sesekali bisa mengeceknya langsung ke bengkel resmi ya.