Search Cars

Berita Utama Otomotif

Toyota bZ4X Jadi Kendaraan Resmi KTT G20, Sudah Dijual Resmi?

Toyota bZ4X menjadi mobil listrik murni (BEV) yang menjadi kendaraan resmi KTT G20. Namun, sudah dijual di Indonesia belum ya?

toyota bZ4X

Toyota bZ4X siap menyambut acara kenegaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar pada tanggal 15-16 November 2022 mendatang. Mobil listrik murni atau battery electric vehicle (BEV) ini menjadi salah satu kendaraan resmi yang akan digunakan. 

Sebenarnya Toyota bZ4X ini beberapa waktu sebelumnya sudah diperkenalkan dalam ajang otomotif tahunan terbesar yaitu Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung tanggal 11-21 Agustus 2022 di ICE BSD City, Tangerang Selatan. 

Baca juga: Mobil Konsep dan Mobil Listrik Terbaru yang Ada di GIIAS 2022

Pada acara tersebut, mobil ini diperkenalkan sebagai salah satu mobil konsep khusus untuk kendaraan elektrifikasi yang dikeluarkan oleh Toyota. Platform yang digunakan untuk mobil ini juga berbeda yaitu menggunakan platform e-TNGA.

Ketersediaan Toyota bZ4X masih terbatas

ketersediaan toyota bZ4X

Secara keseluruhan, akan ada 143 unit kendaraan listrik murni pada gelaran KTT G20 yang akan berlangsung di Bali nanti. Sebanyak 102 unit merupakan Lexus UX 300e dan 41 unit Toyota bZ4X. 

Bukan tanpa alasan mengapa jumlah Toyota bZ4X ini masih terbatas. Salah satunya adalah karena mobil ini masih tergolong sangat baru dan belum dilakukan launching secara resmi. Jadi KTT G20 ini merupakan pertama kalinya digunakan secara langsung. 

Baca juga: Mobil Toyota Harga 300 Jutaan Bisa Dapat Apa Saja?

Toyota bZ4X merupakan kendaraan elektrifikasi BEV pertama dari Toyota yang resmi dipasarkan secara global pada pertengahan tahun 2022 ini. Penggunaannya di KTT G20 ini setelah adanya permintaan kuat dari Pemerintah Indonesia serta pengaturan ulang global supply bersama prinsipal Toyota Motor Corporation. 

Gelar edukasi berkendara

edukasi berkendara

Mobil Toyota bZ4X ini tentunya juga akan memiliki perbedaan dari mobil-mobil Toyota yang sudah ada sebelumnya sehingga pengemudinya pun perlu mendapatkan edukasi khusus. Tim Toyota sendiri sudah melakukan beberapa persiapan mulai dari trainee hingga mekanik. 

Baca juga: Bakal Launching Varian Hybrid, Bagaimana Nasib Toyota Innova Diesel?

Pelatihan yang akan dihadirkan untuk pengemudi Toyota bZ4X nantinya akan meliputi segala aspek. Mulai dari cara mengemudi yang aman, mengoperasikan berbagai fitur yang ada secara optimal, pengisian daya, mengetahui indikator penting yang ada di layar MID, dan lainnya. 

Tidak hanya itu saja, pelatihan yang akan disediakan juga meliputi cara menghadapi kondisi mobil ketika baterai sudah akan habis yaitu ketika baterai mobil sudah tinggal 20 persen. Hal ini dilakukan demi keamanan dalam berkendara ketika acara berlangsung. 

Kapan mulai dijual?

kapan dijual

Kendaraan elektrifikasi dari Toyota yang satu ini memang cukup menarik banyak perhatian. Mengingat jika memang akan dipasarkan di Indonesia, Toyota bZ4X ini akan menjadi mobil listrik murni pertama dari pabrikan mobil asal Jepang ini. 

Baca juga: Kabin Mobil Bocor Saat Hujan, Cek Yuk Titik Penyebabnya!

Namun memang sayangnya, kepastian kapan Toyota bZ4X ini dijual secara resmi di Indonesia masih belum ada. Kemungkinan peluncuran mobil listrik pertama dari Toyota ini masih membutuhkan waktu lebih panjang untuk diluncurkan. 

Hal ini dikarenakan untuk proses pengadaan mobil listrik sendiri memang butuh waktu yang lama. Terutama jika mobil yang akan dijual tersebut merupakan mobil yang diimpor langsung secara utuh atau completely built up (CBU) dari negara asalnya yaitu Jepang. 

toyota bZ4X

Meskipun demikian, Toyota melalui berbagai inovasi serta program popularisasi terus mendorong meningkatnya penggunaan kendaraan berbasis elektrifikasi di tengah masyarakat. Termasuk menyiapkan kendaraan elektrifikasi pertama berteknologi Hybrid EV yang diproduk secara lokal di dalam negeri.

Baca juga: Harga Toyota Innova Hybrid Mulai Rp 450 Juta, Pesan Yuk!

Hingga saat ini, Toyota telah memasarkan 10 model kendaraan elektrifikasi di Indonesia mulai dari HEV, PHEV, serta BEV, dimana secara total telah membukukan penjualan lebih dari 6.800 unit.

Dari total penjualan kendaraan ramah lingkungan ini, Toyota telah berhasil mengurangi lebih dari 7.000 metrik ton emisi karbon di Indonesia. Angka yang cukup signifikan sebagai upaya konkrit menuju carbon neutrality.

Nah, buat kamu yang ingin segera bisa mengendarai Toyota bZ4X ini secara langsung harap bersabar dulu yah. Tetap nantikan saja kapan mobil listrik tersebut akan segera dijual secara resminya, ya!

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.