Daftar Mobil Hybrid dan Listrik Paling Laris di Indonesia

Penasaran dengan daftar mobil hybrid paling laku di tahun 2021 kemarin? Siapa saja yang bersaing di kelas mobil ramah lingkungan?

Penasaran dengan deretan mobil listrik dan daftar mobil hybrid yang paling laku di Indonesia? Sebelumnya harus dipahami pengertian mobil hybrid dan mobil listrik. 

Hybrid artinya mobil itu memperoleh sumber tenaga dari proses pembakaran BBM dan energi dari motor listrik. Sedangkan mobil listrik biasanya telah sepenuhnya menggunakan tenaga baterai sebagai daya penggerak utama. 

Baca juga: Mau Upgrade? Ini Dia Cara Jual Mobil Lamamu Dengan Cepat

Berdasarkan jenis, mobil hybrid dipisahkan menjadi Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Untuk kategori mobil listrik, juga terbagi dua yaitu Full Cell Electric Vehicle (FCEV) dan Battery Electric Eehicle (BEV).  

Mobil hybrid terlaris tahun 2021

Menurut data yang dihimpun dari Gabungan Asosiasi Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) penjualan mobil hybrid selama tahun 2021 didominasi oleh pabrikan Toyota. Apa saja? Berikut daftar mobil hybrid tersebut.

mobil hybrid

Toyota All New Corolla Cross Hybrid

Prestasi mentereng diraih Toyota All New Corolla Cross. Mobil SUV hybrid ini memiliki mesin 2ZR -FXE DOHC VVT-i bervolume 1.800 cc yang mampu menyuplai tenaga sampai 97 daya kuda di torsi 142 Nm. 

Dengan sasis Toyota New Global Architecture (TNGA) desainnya sporty, elegan dan kokoh. Kelebihan mobil HEV ini tidak butuh charging station.

Baca juga: Mengenali Ciri-Ciri Aki Rekondisi dan Palsu, Jangan Tertipu!

Karena pengisian baterai akan terisi ulang selama mesin menyala dengan bensin. Data GAIKINDO mencatat, mobil ini sepanjang tahun 2021 telah mengaspal sebanyak 1.304 unit. 

toyota new camry hybrid

Toyota All New Camry Hybrid

Mobil Toyota All New Camry Hybrid tercatat dilepas ke konsumen sepanjang tahun 2021 sebanyak 279 unit. Dengan teknologi hybrid generasi IV, mobil ini dijamin lebih efisien, lebih bertenaga sekaligus lebih ramah di kantong.

Tampil dengan desain kabin baru berkat sentuhan New Sophisticated Cabin Interior di area dasbor. Dilengkapi dengan fitur keamanan terbaru Toyota Safety Sense 2 (TSS) seperti Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Tracing Assistance (LTA), serta Automatic High Beam (AHB). 

toyota c-hr hybrid

Toyota All New C-HR

Peringkat terlaris berikutnya ditempati SUV bongsor namun lincah Toyota All New C-HR. Dengan menggendong mesin 1.800 cc, mobil hybrid ini mampu melesat hingga kecepatan 100 kilometer per jam dalam tempo 11 detik. 

Baca juga: Mobil Taksi Online, Mending Beli Baru atau Bekas?

Salah satu keunggulannya adalah konsumsi BBM yang irit dan mencatatkan 11,8 kilometer per liter untuk jarak tempuh dalam kota. Sementara pemakaian luar kota konsumsi BBM tercatat di kisaran 13 kilometer per liter. 

Data GAIKINDO mencatat mobil ini sepanjang tahun lalu terjual sampai 157 unit kepada konsumen.

toyota corolla altis

Toyota All New Corolla Altis Hybrid 

Mobil hybrid berikutnya dari Toyota yang laris manis di tahun 2021 dipegang oleh kelas sedan, yaitu Toyota All New Corolla Altis Hybrid. Tercatat telah dipakai konsumen tahun lalu sebanyak 94 unit. 

Salah satu faktor yang membuatnya cukup diminati adalah harganya yang terjangkau dengan teknologi ramah lingkungan. 

Dengan kode mesin 2ZR-FXE yang sama dengan Toyota C-HR dan Toyota Prius generasi keempat, mobil ini disebut lebih efisien 70% dalam hal emisi gas buangnya. Mesinnya menghasilkan 98 HP dengan 5.200 Rpm dengan torsi 141,9 Nm. 

daftar mobil hybrid

Penjualan hybrid 2022

Sementara dari sumber yang sama, daftar mobil hybrid terlaris pada tahun 2022 di bulan April, penjualan terbanyak juga masih dikuasai oleh Toyota. Berikut daftarnya:

Baca juga: Jenis-Jenis Mobil yang Cocok Dipakai di Jakarta Hajatan

  1. Toyota All New Corolla Cross Hybrid 85 unit.
  2. Toyota All New Camry Hybrid 36 unit.
  3. Toyota All New Corolla Altis Hybrid 30 unit.
  4. Nissan Kicks E-Power 20 unit.
  5. Toyota All New C-HR Hybrid 6 unit.

Jika ditotal penjualan dari bulan Januari sampai April 2022, Toyota Corolla Cross Hybrid telah terjual sebanyak 378 unit. Terlaris kedua dari pabrikan ini adalah Toyota All New Camry Hybrid dengan 155 unit.

Kemudian disusul oleh Toyota All New Corolla Altis Hybrid meraih penjualan 65 unit. Sementara Toyota All New C-HR Hybrid baru mencatatkan penjualan 29 unit. 

aturan mobil listrik

Penjualan mobil listrik

Di kategori kendaraan listrik, penjualan paling laris masih didominasi pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai. Tercatat sepanjang tahun 2021 lalu, mereka memimpin 87,3% pasar mobil listrik di Tanah Air atau mencatatkan total penjualan sekitar 693 unit.  

Baca juga: Jembatan Antilope Bekasi Viral, Tidak Bisa Dilewati Kendaraan 1,7 Meter

Toyota sendiri sebenarnya sudah merintis mobil-mobil listrik, misal pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 yang dihelat Maret 2022 lalu. Toyota memamerkan Kijang Innova EV Concept

Meski baru sebatas konsep, kehadiran Kijang Innova EV Concept menjadi bukti bahwa Toyota sangat memperhatikan dan mendukung kebijakan pemerintah dalam membangun ekosistem yang ramah lingkungan untuk kehidupan yang lebih baik bagi bangsa Indonesia.

mobil listrik toyota

Tidak hanya itu, Toyota sebenarnya juga sudah punya line-up mobil listrik meski belum dijual secara umum. Buat kamu yang mau coba mobil listrik Toyota bisa langsung ke Nusa Dua, Bali.

Baca juga: Tips Membersihkan & Menghilangkan Noda Aspal di Bodi Mobil

Di sana terdapat tiga model mobil listrik Toyota dengan jumlah total 30 unit. Terdiri atas 20 unit Toyota Coms dan lima unit Toyota C+pod berbasis Battery Electric Vehicle (BEV), serta lima unit Toyota Prius PHEV.

Selain Bali, Toyota juga berencana untuk mengembangkan lagi project EV Smart Mobility ke lokasi wisata lainnya. Jika sesuai rencana, tempat wisata Danau Toba akan menjadi destinasi selanjutnya dari proyek tersebut.

Kamu sudah siap dengan masa depan kendaraan yang lebih ramah lingkungan?