Jembatan Antilope Bekasi Viral, Tidak Bisa Dilewati Kendaraan 1,7 Meter

Jembatan Antilope yang terletak di Bekasi ramai diperbincangkan beberapa hari belakangan ini. Mengapa hal itu bisa terjadi?

jembatan antilope

Jembatan Antilope di Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat beberapa hari ini ramai menjadi perbincangan di media sosial. Ini karena adanya pemasangan girder box yang tepat berada di jembatan tersebut. 

Girder box tersebut merupakan instalasi yang memang dipasang untuk mendukung proyek jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB). Hal itu menyebabkan jarak antara jembatan dan girder box hanya setinggi 1,7 meter. 

Itulah yang membuat kendaraan yang bisa melintas di bawahnya hanya kendaraan-kendaraan kecil saja. Kendaraan apa saja yang bisa melintas di jembatan tersebut?

jembatan antilope

Kendaraan yang bisa melintas

Hati-hati, hanya kendaraan-kendaraan tertentu saja yang bisa melewati Jembatan Antilope ini, seperti motor ataupun mobil-mobil berjenis MPV seperti Toyota Avanza ataupun Daihatsu Xenia

Baca juga: Mobil Daihatsu Terbaru yang Cocok Buat Road Trip Liburan Sekolah

Selain itu, jembatan ini juga aman untuk dilalui mobil jenis sedan dan hatchback seperti Toyota Yaris ataupun Toyota Camry mengingat batas ketinggiannya hanya mencapai 1,7 meter.

Namun, untuk mobil yang cukup tinggi seperti Toyota Fortuner ataupun Toyota Corolla Cross tidak bisa melewatinya karena akan mentok dengan girder box yang dipasang tersebut. 

plat RF

Jalan alternatif

Untuk kendaraan yang tidak bisa melintas Jembatan Antilope Bekasi ini, sebenarnya ada sejumlah rute alternatif yang bisa dipilih. Rute alternatif tersebut di antaranya adalah: 

  • Kendaraan dari arah Jalan Kemang Raya menuju Jalan Kalimalang dialihkan menuju overpass Kodam/Overpass Kapin.
  • Kendaraan dari arah Jalan Kalimalang yang akan menuju Jalan Kemang Raya dialihkan menuju overpass Kodam/Overpass Kapin.
  • Kendaraan dari arah Jalan Curug yang akan menuju Jalan Kemang Raya bisa dialihkan menuju overpass Kodam/Overpass Kapin.
  • Kendaraan dari arah Jalan Kemang Raya yang akan menuju Jalan Curug Raya dialihkan menuju overpass Kodam/Overpass Kapin.
  • Kendaraan dari Jalan Anugerah yang akan menuju Jalan Kalimalang bisa melalui Jembatan Jatiwaringin atau overpass Kodam.
diawasi 24 jam

Diawasi 24 jam

Dengan adanya pemasangan girder box di Jembatan Antilope ini, disiapkan petugas khusus yang tersedia 24 jam untuk mengatur alur lalu lintas yang di sekitarnya. 

Kendaraan-kendaraan yang akan melintas, harus melewati portal atau pembatas ketinggian di dua sisi yang sudah disediakan. 

Baca juga: Penggunaan Lampu Strobo di Jalan, Tidak Boleh Sembarangan

Portal tersebut sengaja disediakan untuk memastikan bahwa hanya kendaraan-kendaraan dengan tinggi maksimal 1,7 meter saja yang bisa melintas jembatan. Agar tidak menyebabkan kebingungan bagi pengendara, Pemerintah Kota Bekasi mengeluarkan aturan khusus.

Aturan tersebut diatur dalam Surat Dinas Perhubungan Pemerintah Kota Bekasi Nomor 551.1/849/Dishub Lalin. Kondisi ini dikabarkan akan terus berlangsung hingga 10 Agustus 2022. 

Setelah selesai, jembatan Antilope tersebut akan dibongkar dan arus lalu lintas sepenuhnya dialihkan ke jembatan baru. Letak antara jembatan lama dengan jembatan yang baru itu hanya berjarak 50 meter dan diharapkan bisa dilewati oleh kendaraan-kendaraan yang lebih besar.

Bagi para warga yang ingin melewati Jembatan Antilope ini, jangan lupa ya untuk selalu memperhatikan ketinggian mobil yang digunakan. 

Jangan lupa juga untuk selalu berhati-hati ketika sedang melintasi jembatan ini, mengingat ada cukup banyak kendaraan yang berlalu lalang di sekitarnya.