Mau Upgrade? Ini Dia Cara Jual Mobil Lamamu Dengan Cepat

Ikutin tips mudah cara jual mobil ini. Selain dijamin bakalan cuan banyak, kamu bisa hindari kesalahan yang bikin harga jatuh!

cara jual mobil

Mau upgrade mobil tapi bingung cara jual mobil biar tetep cuan? Nah, ternyata gak susah-susah amat kok caranya.

Salah satu kesalahan sebelum menjual mobil adalah tidak melakukan survey harga di pasaran. Hal ini bisa membuat kamu menetapkan harga tinggi dan berujung mobil yang mau dijual susah laku. Padahal, ada trik sederhana untuk bisa bikin harga jual mobil pasti cuan! 

Penasaran? Yuk, ikutin langkah-langkah sederhana di bawah ini biar harga jual mobil kamu gak bikin nyesek dada. Here we go!

Baca juga: 11 Tips Memilih Mobil Keluarga Buat Harian dan Jalan Jauh

Tips cara jual mobil

Sebelum menjual mobil untuk upgrade ke model terbaru, perhatikan dulu kemampuan finansial. Jangan sampai setelah menjual mobil ternyata uang yang didapatkan masih jauh dari harga mobil idaman kamu.

Setelah mengetahui kemampuan finansial, lakukan langkah di bawah ini agar mobil kamu tetap cuan di pasaran mobil bekas.

  1. Salon mobil. Perbaiki penampilan luar dan dalam dari mobil yang akan kamu jual. Memoles bodi dan kabin tidak membutuhkan biaya besar, mulai Rp 1.500.000 mobil sudah tampil beda, kinclong dan dijamin akan menaikkan harga jual. 

Baca juga: Rangkaian Hari Ulang Tahun Jakarta ke-495, Ada Banyak Promo!

  1. Cuci mesin. Salah satu yang akan diperiksa adalah ruang mesin, jadi pastikan bagian ini dicuci pada bengkel mobil yang menyediakan jasanya. Biaya cuci mesin ini berkisar di harga Rp 200.000 atau lebih. Kondisi mesin yang tampak bersih dan wangi akan membuat calon pembeli merasa senang dan memudahkan proses negosiasi.
cara jual mobil
  1. Rawat mesin. Pastikan mesin mendapat perawatan terbaru sebelum dijual, misalnya melakukan tune up, pembersihan saringan udara, fungsi radiator dan penggantian oli juga telah dilakukan. Ini semua akan membuat mesin prima dan kinerjanya saat dites jalan tetap bagus. 
  1. Kelengkapan surat kendaraan. Hal lain yang tidak boleh terlupa adalah masalah surat-surat seperti STNK dan BPKB. Jangan lupa untuk membayarkan pajak tahunan sehingga calon pembeli tidak terbebani tunggakan pajak. Masalah pajak ini juga akan membantu kamu menegosiasikan harga kendaraan di mata calon pembeli. 

Baca juga: Cara Bersihkan Busi Mobil dan Memasangnya dengan Tepat

  1. Cek harga pasar. Hal penting yang jangan tertinggal dilakukan adalah mengecek harga pasaran kendaraan sejenis. Pastikan untuk mengetahui update harga dari merk, tipe dan tahun kendaraan kamu sehingga kemudian dapat menentukan harga dengan tepat.
  1. Foto mobil sekeren mungkin. Pilih lokasi yang mendukung, lalu foto mobil yang menarik dan keren mendatangkan lebih banyak calon pembeli melihat mobil tersebut. Dengan lebih banyak calon pembeli, maka potensi keuntungan juga jelas bertambah dong!
cara jual mobil

Kesalahan cara jual mobil

Namun banyak juga calon penjual mobil yang melakukan kesalahan-kesalahan di bawah ini sehingga membuat harga jual mobil mereka anjlok atau di bawah ekspektasi. Apa aja tuh?

Baca juga: Ban Mobil Perlu Dirotasi, Apa Alasannya dan Bagaimana Caranya?

Pertama, menjual kepada penjual mobil bekas. Hal akan membuat harga mobil ditekan habis dan jatuh di bawah pasaran. Karena penjual mobil jelas akan mencoba membeli semurah mungkin dan menjualnya semahal mungkin. Jadi, usahakan tidak menjual ke tangan mereka jika ingin harga mobil kamu tetap cuan.

Kedua, ekspektasi harga kelewat tinggi. Tentu saja semua orang yang menjual mobilnya akan berharap mendapatkan harga setinggi mungkin. 

Tetapi, berharap harga kelewat tinggi juga akan membuat mobil susah laku. Intinya, jual dengan harga wajar sesuai pasaran. Jika mobil telah dimodifikasi, bisa saja menaikkan harga maksimal 20% dari pasaran.

Kunci dari suksesnya penjualan mobil tentu bisa didapatkan dengan mengikuti beberapa langkah di atas. 

Faktor lain yang bisa menjadi penambah nilai jual mobil kamu adalah menjual di saat yang tepat, misal pada musim menjelang hari raya, musim libur sekolah atau libur panjang di akhir tahun. Nah, udah siap dapetin cuan dari jual mobil?