Search Cars

Tips & Rekomendasi

Cara Bersihkan Busi Mobil dan Memasangnya dengan Tepat

Cara bersihkan busi mobil itu bagian dari perawatan sederhana yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Ikutin tipsnya dijamin bisa!

cara bersihkan busi mobil

Buat pemilik kendaraan tidak perlu bingung cara bersihkan busi mobil sendiri di rumah. Tidak perlu jasa montir, tidak perlu peralatan rumit.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melepas busi dari rumahnya atau casing busi di mesin. Sebelumnya, pastikan kondisi mesin mobil telah mati dan dalam keadaan dingin. Setelah itu, lakukan tahap pembersihan berikut ini.

cara bersihkan busi mobil

Cek kondisi busi

Cara bersihkan busi mobil pertama, kamu periksa langsung bagian elektroda busi atau bagian yang berhubungan langsung dengan pengapian. Bagian ini biasanya berubah warna. Bila terlihat gosong atau hitam, itu tanda pasokan bahan bakar saat terjadi proses pembakaran telah berlebih.

Baca juga: Catat! Inilah Lokasi Sim Keliling Jakarta

Busi yang telah berubah warna menjadi hitam legam, kemungkinan busi sudah mati alias tidak berfungsi lagi. Jika demikian, busi sudah tidak berguna lagi selain langsung diganti baru. 

Sementara jika elektroda berwarna abu-abu, maka tandanya pasokan bahan bakar kurang. Segera ke bengkel resmi untuk memeriksa sistem injeksi bahan bakar mobil.

cara bersihkan busi mobil

Modal sikat kawat 

Langkah kedua adalah membersihkan bagian elektroda dengan sikat kawat. Sikat seperti ini banyak dijual di toko perkakas rumah tangga atau bisa dibeli melalui toko daring. Untuk lebih memudahkan, cara bersihkan busi mobil bisa dibantu dengan cairan pembersih seperti WD40. 

Baca juga: Cicilan Lunas, Ini Cara Mengambil BPKB Mobil Baru

Pembersihan busi juga bisa dilakukan dengan bantuan sedikit bensin. Caranya dengan meneteskan beberapa tetes ke bagian yang ingin dibersihkan. Kemudian bersihkan dengan sikat kawat dan akhiri dengan lap kering yang bersih.

Amplas keraknya

Kadang cara bersihkan busi mobil tidak hanya cukup dengan sikat kawat. Beberapa kerak membandel yang menempel harus digosok dengan amplas agar terlepas. Gunakan amplas halus untuk menghilangkannya. 

Kesalahan yang umum dilakukan adalah meneteskan air untuk membantu proses pengamplasan. Ini tidak disarankan, sebab air justru akan membuat busi mudah berkarat dan kerak baru mudah terbentuk.

busi

Mengatur ulang celah busi

Bagian ini sebenarnya tidak harus dilakukan, karena membutuhkan sebuah alat yang bernama feeler gauge. Meski alat ini juga mudah ditemukan di toko perkakas dan dibeli secara daring, namun pengaturan ulang celah busi membutuhkan keterampilan khusus. 

Baca juga: Mika Lampu Berembun, Bagaimana Solusinya?

Jika ingin mempelajari caranya, banyak beredar di kanal berbagi video tentang do it youself (DIY) cara membersihkan busi dan menggunakan feeler gauge tersebut. 

Memasang busi mobil

Untuk memasang kembali busi pada casing, berikut langkah yang harus diperhatikan.

Pertama, pasang busi dengan menggunakan socket busi dan kencangkan manual dengan tangan jika memungkinkan. Lakukan sampai cincin busi menyentuh kepala silinder mesin.

Kedua, kencangkan dengan kunci busi yang sesuai. Tidak perlu keras namun pastikan posisi busi tidak miring dan terpasang pada dudukannya dengan sempurna (tidak goyah).

Baca juga: Tips Mengatur Posisi Mengemudi Ideal untuk Pengendara Pemula 

Terakhir, pasangkan kabel busi pada kepala busi hingga terdengar bunyi klik. Itu tandanya kabel busi terpasang dengan tepat dan pas. Mudah bukan?  

busi

Kenali penyakit busi

Busi adalah elemen penting dalam proses pembakaran bahan bakar. Nah, ada beberapa kondisi yang membuat busi kendaraan cepat mati, yaitu:

  1. Setelan bahan bakar tidak efisien. Akibatnya kepala busi menghitam atau berubah warna abu-abu. 
  2. Terjadi kebocoran kompresi. Jika ada kebocoran pada ruang bakar atau combustion chamber, akan membuat mesin hilang tenaga dan busi cepat mati.
  3. Posisi busi miring. Memasang busi tidak pas juga bisa membuat umur busi lebih pendek. Periksa selalu ulir pada rumah busi untuk mencegah posisi pasang yang tidak optimal.
  4. Terjadi korslet pada jalur pengapian. Ini salah satu hal yang sering membuat umur busi kendaraan tidak lama. 

Baca juga: 6 Tips Merawat Dashboard Mobil yang Sering Parkir Outdoor

Mulai sekarang, tidak ada salahnya mengecek sendiri busi kendaraan dan bisa secara rutin untuk membersihkannya agar segala kerusakan bisa dideteksi sejak dini. Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.