Search Cars

Tips & Rekomendasi

Mika Lampu Berembun, Bagaimana Solusinya?

Jangan panik jika mika lampu berembun. Selain wajar, ada solusi mudah buat mengatasi kondisi tersebut. Bagaimana caranya?

Mika lampu berembun

Mika lampu berembun tidak hanya terjadi pada mobil keluaran lama, banyak juga mobil terbaru mengalaminya. 

Salah satu penyebabnya adalah adanya perbedaan suhu di luar mika dan di dalam. Jadi, meski cuaca tidak hujan namun terjadi perbedaan suhu, maka kemungkinan mika lampu berembun bisa saja terjadi.

Baca juga: Saat Serah Terima Mobil Baru di Rumah, Lakukan 7 Hal Ini

Jika sudah terlanjur terjadi, bagaimana sih solusi dan tips mengatasi mika lampu mobil berembun, serta apa risikonya jika terus dibiarkan?

Tips mengatasi mika lampu berembun

Cara menghilangkan embun pada mika lampu sebenarnya cukup mudah. Berikut cara yang bisa kamu dilakukan.

  1. Parkir kendaraan pada tempat rata dan kering, kemudian keringkan bagian luar mika lampu dengan lap bersih.
  2. Periksa apakah ada genangan air pada mika lampu.
  3. Jika mika hanya berembun tanpa genangan air, maka langkah selanjutnya adalah menyalakan lampu mobil untuk beberapa saat.
  4. Jika terjadi genangan air di dalam mika, langkah pertama adalah dengan mengeringkan atau membuangnya. Buka mika lampu dan keringkan genangan air dengan lap.
  5. Untuk lampu stop atau lampu belakang, periksa juga sesuai langkah di atas.

Selain itu, untuk menghindari terjadinya embun pada mika lampu, ada baiknya melakukan beberapa langkah sederhana di bawah ini. 

  1. Hindari menerjang genangan air pada musim hujan.
  2. Saat mencuci mobil, sebaiknya tidak menggunakan air bertekanan tinggi yang disemprotkan langsung ke mika lampu.
  3. Selalu melap kering bagian luar mika lampu mobil seusai melewati kondisi hujan.
  4. Untuk mobil lama, periksa berkala bagian sealant rumah lampu dan mika. Jika telah getas sebaiknya pergi ke bengkel untuk memperbarui sealant atau rumah lampu tersebut.   

Risiko mika lampu berembun 

Kondisi ini kadang dianggap remeh, karena dinilai tidak berpotensi bahaya oleh pemilik kendaraan baik mobil dan motor. Namun jangan salah, mika lampu berembun bisa membawa sejumlah risiko.

Baca juga: Perhatikan Hal-Hal Ini Saat Memilih Kredit Mobil Terbaik

Menurut Samsudin, Technical National PT Astra International Peugeot, kondisi itu selain mengganggu penampilan kendaraan juga dapat membuat kerusakan bohlam lampu akibat hubungan arus pendek atau korslet.

“Munculnya embun di dalam mika lampu biasanya terjadi ketika cuaca sedang hujan, atau mobil habis keluar dari tempat cucian mobil. Saat kondisi tersebut, perbedaan suhu antara ruang dalam dan luar mika terjadi hingga menyebabkan terbentuknya embun,” paparnya seperti dikutip dari Kompas.

Baca juga: Perbandingan Toyota Corolla Cross Hybrid dan Bensin Dari Pengguna

Membiarkan kondisi ini berisiko air masuk ke rumah lampu dan membuat korslet. Apalagi pada kendaraan lama yang bagian sealent (perekat) utama rumah lampu dan mika telah getas dimakan usia.

Risiko lain dari pembiaran kondisi ini adalah membuat tumbuhnya jamur pada mika lampu. Kemudian juga bisa membuat mika lampu berubah warna menjadi kekuningan, terlihat buram dan kusam.

Tentu saja kondisi ini akan membahayakan karena lampu sebagai penerang utama kendaraan di malam hari menjadi tidak maksimal. Sebaran cahaya menjadi tidak rata dan berpotensi mengganggu konsentrasi berkendara di waktu malam.

Baca juga: Nyetir Pakai Sandal, Sepatu, atau Nyeker, Kamu Tim Apa?

Untuk menghindari masalah pada mika lampu berembun seperti kejadian di atas, sebaiknya membeli mobil-mobil keluaran terbaru.

Selain telah menggunakan fitur lampu yang bermodel LED, kemungkinan terjadi kebocoran pada bagian sealant dan rumah lampu jelas tidak ada.

Bagaimana, mudah bukan mencegah dan mengatasi mika lampu berembun?

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.