Search Cars

Review Otomotif

Perbandingan Toyota Corolla Cross Hybrid dan Bensin Dari Pengguna

SUV satu ini memiliki 2 varian yaitu Toyota Corolla Cross Hybrid dan bensin. Ayo cari tahu perbedaan keduanya melalui ulasan berikut!

toyota corolla cross hybrid

Toyota Corolla Cross Hybrid menjadi salah satu mobil yang cukup banyak mendapat perhatian. Dengan tampilan yang memadukan kesan futuristik dan ketangguhan, mobil ini memiliki tampilan yang mengesankan. 

Harga mobil ini adalah Rp 519.200.000 untuk varian hybrid dengan warna premium. Sedangkan varian hybrid dengan warna-warna premium harganya Rp 522.100.000. 

Untuk warnanya sendiri, saat ini terdapat 6 pilihan warna, yaitu Red Mica Metallic, Attitude Black Mica, Nebula Blue Metallic, Graphite Metallic, Platinum White Pearl, Celestite Gray Metallic.

Di pasaran saat ini, terdapat dua varian yaitu varian hybrid dan varian bensin. Untuk mengetahui perbandingannya, inilah perbedaan di antara keduanya.

toyota corolla cross

Spesifikasi Mesin

Toyota Corolla Cross Hybrid memiliki mesin dengan kode 2ZR-FXE berkapasitas 1.800 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan 96 daya kuda dan torsi 142 Nm. Kemudian motor listriknya mampu menghasilkan 71 daya kuda dan torsi sebesar 162 Nm.

Baca juga: Apa Sih Mobil BMW Paling Laku di Indonesia?

Sedangkan varian bensin didukung mesin 1.800 cc 2ZR-FE yang mampu mencapai tenaga maksimum 138 daya kuda pada 6.400 rpm dan torsi 171 Nm pasa 4.000 rpm. Mesin ini berbeda dengan yang diusung pada varian hybrid meski memiliki kubikasi yang sama. 

Membedah lebih dalam spesifikasi mesinnya, Toyota Corolla Cross dengan mesin bensin rasio kompresinya 10:1. Sedangkan untuk varian hybrid rasio kompresi lebih besar dengan perbandingan 13:1.

Hal tersebut yang membuat torsi dan tenaga bawaan mesin bakar keduanya berbeda. Ternyata, tingginya rasio kompresi tersebut tak hanya mempengaruhi performa namun juga konsumsi bahan bakar.

Baca juga: Mini Electric Pertama Hadir di Indonesia, Berapa Harganya?

Pasalnya, semakin tinggi kompresi rasio membuat ruang bakar semakin sempit yang mana ruang pembakaran pada mesin juga semakin kecil. Itulah mengapa, dengan rasio kompresi mesin besar seperti pada varian hybrid membuat mesin semakin irit.

konsumsi bbm

Perbandingan konsumsi BBM

Dari hasil uji coba versi New European Driving Cycle, Toyota Corolla Cross Hybrid mengkonsumsi bahan bakar per liter untuk menempuh jarak 23,25 kilometer.

Fajar Adi Pratama, sebagai salah satu pengguna varian hybrid juga mengaku bahwa penggunaan bahan bakar minyaknya lebih irit, yaitu dengan rasio minimal adalah 1:20 atau 20 kilometer per liter.

Baca juga: Fitur dan Kelebihan Android Auto Dibanding Apple CarPlay

Konsumsi bahan bakar yang irit tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi pengendara, namun performa yang dihasilkan tidak kalah dengan varian bermesin bensin. Bahkan sanggup mengungguli pesaingnya.

Di sisi lain, untuk mesin bensin, konsumsi bahan bakar rata-rata adalah 15,4 kilometer per liter. Sementara emisi karbon dioksida yang dihasilkan 150 gram per kilometer. 

Meskipun demikian, penggunaan Corolla Cross varian bensin juga masih tergolong awet. Iman Surya Diangga, sebagai salah satu pengguna varian bensin mengaku bahwa penggunaan bahan bakarnya cukup tergolong irit untuk mobil dengan mesin 1.800 cc. 

platform TNGA

Penggunaan platform TNGA

Toyota Corolla Cross hybrid maupun bensin sudah menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Platform ini bisa membuat pengendaraan terasa stabil. 

Baca juga: Beli Mobil Mewah Uang Rp 2M Dapat Apa Saja?

Khusus pada varian hybrid, pengemudi dapat memilih mode dalam berkendara atau advanced drive mode sehingga gaya mengemudi dapat disesuaikan seperti ECO, Sport atau EV.

Selain sistem bantuan berkendara yang lengkap, Corolla Cross juga memiliki setir berteknologi tilt & telescopic dan fitur yang lengkap pada jok untuk memberikan rasa nyaman di belakang kemudi. 

toyota corolla cross

Pengalaman berkendara

Pengalaman berkendara dari Toyota Corolla Cross Hybrid ataupun bensin cenderung tidak jauh berbeda. Iman Surya Diangga, sebagai salah satu pengguna versi bensin mengungkapkan bahwa mobilnya tersebut memiliki experience yang menyenangkan, dengan tarikan yang lembut serta fitur entertainment yang juga lengkap 

Baca juga: 4 MPV Premium Toyota yang Nyaman Buat Keluarga

Sedangkan Fajar Adi Pratama, sebagai pengguna varian hybrid juga menceritakan pengalaman berkendaranya. Salah satu keunggulannya adalah suspensi mobil yang cukup empuk dan memang bahan bakar yang irit menjadi keunggulan pada varian hybrid

Untuk perawatan rutin serta servis sendiri, baik Fajar maupun Iman sama-sama menyebutkan bahwa paket tersebut sudah termasuk dari harga yang dibayarkan pada awal pembelian mobil. Dengan begitu, keduanya tidak perlu repot-repot lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk melakukan servis rutin pada mobil kesayangannya. 

Nah, jika tertarik ingin membeli mobil Toyota Corolla Cross Hybrid maupun bensin ini bisa langsung saja mengunjungi SEVA. Kamu bisa mengetahui harga serta spesifikasi lengkap dari mobil tersebut. 

Terdapat fitur unggulan yaitu Instant Approval yang membuat pembelian mobil menjadi semakin mudah, aman, dan nyaman karena semuanya bisa dilakukan secara online

Jadi, tunggu apalagi, Anak Kecil Aja Tau, ayo segera beli mobil yang Jelas dari Awal hanya di SEVA!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.