Search Cars

Tips & Rekomendasi

Cicilan Lunas, Ini Cara Mengambil BPKB Mobil Baru

Masih banyak yang bingung cara mengambil BPKB mobil setelah cicilan lunas. Ini dia caranya, cepat tidak sampai 1 hari selesai!

cara mengambil BPKB mobil

Jangan bingung cara mengambil BPKB mobil setelah selesai cicilan kredit. Untuk mengurusnya tidak perlu waktu lama dan pasti selesai dalam sehari.

Untuk kendaraan yang dicicil, pengambilan BPKB (Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor) dilakukan di kantor cabang atau kantor pusat perusahaan leasing pemberi kredit. Namun untuk yang membeli kendaraan tunai, pengambilan biasanya dilakukan di kantor samsat sesuai alamat KTP.

Baca juga: Mika Lampu Berembun, Bagaimana Solusinya?

Pengambilan BPKB dapat dilakukan oleh pemilik langsung ataupun diwakilkan. Sebelum tahu cara mengambil BPKB, siapkan dokumen-dokumen berikut ini.

cara mengambil BPKB mobil

Syarat ambil BPKB

Untuk pemilik kendaraan, siapkan berkas asli dan fotokopi yaitu: 

  1. Kartu identitas (KTP/SIM) yang berlaku, 
  2. STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan jangan lupa 
  3. Struk bukti cicilan (biasanya cukup bawa bukti pembayaran cicilan yang terakhir). 

Jika pengambilan diwakilkan oleh orang lain, maka selain dokumen di atas, wajib juga membawa surat kuasa pengambilan BPKB (dilengkapi materai tempel 10 Ribu), serta KTP asli dan fotokopi dari pihak pengambil.

Cara mengambil BPKB mobil

Pemilik ataupun pihak yang ditunjuk segera menuju kantor cabang atau kantor pusat perusahaan leasing. Di sana akan diarahkan untuk menuju loket pengambilan BPKB setelah sebelumnya mengambil nomor antrian.

Baca juga: Mobil Daihatsu Terbaru yang Cocok Buat Road Trip Liburan Sekolah

Kemudian, menuju loket pengambilan setelah nomor dipanggil. Di sana petugas akan melakukan verifikasi data dan berkas yang telah disiapkan sebelumnya. 

Lalu pihak leasing biasanya akan membuatkan surat pengambilan yang harus ditandatangani langsung oleh pemilik kendaraan atau pihak pengambil.

Langkah terakhir adalah penyerahan BPKB. Biasanya ada jeda waktu paling lama sekitar 20 menit dari selesai verifikasi hingga penyerahan buku BPKB. Setelah diterima, maka semua proses pengambilan BPKB telah selesai.

Biaya yang diperlukan untuk semua proses ini biasanya hanya berkisar puluhan ribu Rupiah saja. Biaya tersebut digunakan untuk materai tempel serta biaya cetak dokumen yang diperlukan dalam proses tersebut. 

Baca juga: Bagaimana Sih Aturan Mobil Listrik di Indonesia?

Di era pandemi sekarang ini, banyak juga perusahaan leasing yang telah menyediakan pengambilan BPKB via aplikasi pada gawai. Meski tetap harus datang ke lokasi, namun setidaknya pendaftaran berkas-berkas menjadi lebih ringkas via aplikasi tersebut. 

Denda terlambat ambil BPKB

Meski tidak besar, namun biasanya setiap perusahaan pemberi leasing memiliki aturan terkait denda keterlambatan pengambilan BPKB. 

Jumlahnya dihitung per hari keterlambatan. Besaran mulai seribu Rupiah per hari atau bahkan ada yang lebih.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Apa Sih Fungsi ISOFIX di Mobil?

Untuk itu, sebaiknya pemilik kendaraan bertanya langsung kepada perusahaan leasing terkait denda keterlambatan pengambilan BPKB ini agar tidak memberatkan di kemudian hari.

Pihak leasing juga biasanya memberikan jangka waktu pengambilan sampai 90 hari setelah pelunasan. Jadi, segera bersiap dan luangkan waktu untuk mengambil BPKB mobil setelah lunas cicilan.

cara mengambil BPKB mobil

Pentingnya BPKB

BPKB bagi setiap pemilik kendaraan bermotor jelas sangat penting. Dokumen ini menjadi bukti sah kepemilikan kendaraan dan jaminan kendaraan tersebut terdaftar resmi di wilayah hukum Republik Indonesia.

Baca juga: Aturan Plat RF, Apa Sanksinya Jika Melanggar?

Fungsi lain dari BPKB adalah sebagai identifikasi kendaraan bermotor, sehingga akan diperlukan setiap pemilik kendaraan melakukan perpanjangan pajak STNK tahunan dan lima tahun. 

BPKB ternyata juga menjadi salah satu “buku sakti” yang dapat dijadikan agunan dalam mengajukan pinjaman. Banyak perusahaan leasing yang menerima pemberian kredit dengan jaminan BPKB.

Agar semua berjalan lancar, pastikan juga telah berkoordinasi dengan perusahaan leasing mengenai waktu terbaik untuk mengambil BPKB mobil.  

Nah, mengingat pentingnya peran BPKB tersebut bagi kendaraan, sebaiknya jangan tunda waktu pengambilan setelah cicilan lunas ya. 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.