Search Cars

Tips & Rekomendasi

Banyak yang Belum Tahu, Apa Sih Fungsi ISOFIX di Mobil?

Banyak ditemukan pada mobil terbaru sebagai pelengkap fitur keamanan untuk anak-anak. Lalu, apa sebenarnya fungsi ISOFIX?

fungsi isofix

Fungsi ISOFIX saat ini sudah bisa ditemukan pada berbagai mobil keluaran terbaru. Utamanya pada mobil jenis multi purpose vehicle (MPV). 

Namun tidak sedikit pula mobil sport utility vehicle (SUV) menyertakan ISOFIX di dalamnya.  Peran ISOFIX ini sangat penting bagi pengguna kendaraan, utamanya mereka yang memiliki anak usia balita dan sering bepergian dengan mobil.

Baca juga: Simulasi Kredit Toyota Fortuner 2022, SUV Paling Bertenaga

Di jok mobil, fitur ISOFIX biasanya dilambangkan dengan gambar anak-anak sedang duduk, atau tulisan ISOFIX yang dibordir pada sabuk keselamatan atau pada samping jok. 

Lalu apa dan mengapa fitur ISOFIX menjadi penting dalam mobil-mobil saat ini?

fungsi isofix

Arti ISOFIX

Merujuk dari akronimnya, ISOFIX adalah kependekan dari International Standard Organization Fix. Ini merujuk kepada tuas besi pengait yang tersembunyi di dalam lipatan jok mobil. Posisinya bisa juga terletak pada bagian belakang sandaran jok atau berdekatan dengan pengait sabuk keselamatan.

Fungsi utamanya adalah untuk menjadi pengait child car seat atau tempat duduk tambahan bagi anak-anak agar dalam posisi aman dan solid selama perjalanan. 

Baca juga: All New Toyota Voxy Lebih Bertenaga, Nyaman, dan Aman

Sehingga dapat dikatakan, mobil dengan fungsi ISOFIX adalah mobil yang ramah anak karena mendukung penambahan tempat duduk anak-anak tetap terkunci dalam posisi aman.

Fungsi ISOFIX

Jelas fungsi utama dari fitur ISOFIX ini adalah untuk meminimalisir dampak fatal kecelakaan pada anak-anak. 

Dengan mendudukkan anak-anak menggunakan child car seat di jok ISOFIX, risiko kematian anak saat kecelakaan berkurang sampai 75%. 

Untuk diketahui, jok mobil dengan fitur ini biasanya terletak di bangku penumpang baris kedua. Ini bertujuan mencegah anak terjepit airbag saat kecelakaan jika diletakkan di bangku depan.

Baca juga: Sejumlah Keuntungan Pembayaran DP Mobil Besar dan Kecil

Harap diketahui, di negara-negara maju seperti Amerika Serikat (AS), bepergian dengan anak balita dengan mobil memang selalu mendudukan pada kursi penumpang dan bukan di kursi depan. 

Ini sesuai dengan aturan dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) di AS. Diatur juga bahwa untuk anak usia 8 tahun ke bawah yang bepergian dengan mobil wajib mendudukkannya di child car seat.

ISOFIX di mobil Toyota

Kini di hampir semua mobil terbaru keluaran Toyota telah dilengkapi dengan fungsi ISOFIX. 

Baca juga: 6 Mobil Kabin Lega yang Cocok Buat Pecinta Wisata Kuliner

Sebut saja mulai dari kendaraan LCGC Toyota New Agya, Toyota New Calya, Toyota All New Avanza, Toyota All New Rush, Toyota New Kijang Innova sampai mobil-mobil premiumnya seperti Toyota Supra dan Toyota Land Cruiser.

ISOFIX sendiri biasanya menjadi penyebutan fitur ini di negara-negara Eropa. Sementara untuk AS disebut dengan LATCH (Lower Anchor and Tether for Children). 

Kanada menyebutnya dengan Canfix atau LUAS (Lower Universal Anchorage System). Namun ada juga negara-negara lain yang menyebutnya dengan UCSSS (Universal Child Safety Seat System).  

Tips menggunakan ISOFIX

Sebelum menggunakannya, sebaiknya memilih child car seat yang sesuai dengan umur dan berat balita.

Baca juga: Inspirasi Modifikasi Daihatsu Granmax Nyaman Buat Harian

Misalnya infant car seat ditujukan bagi bayi dengan usia 0-1 tahun dan berat badan kurang dari 10 kilogram. Biasanya modelnya dapat diputar dan memiliki jinjingan.

Setelah itu ada toddler car seat untuk anak usia 1-4 tahun dengan berat badan kurang dari 20 kilogram. Terakhir adalah child car seat untuk anak-anak berumur kurang dari 10 tahun dengan berat di atas 20 kilogram. Sebelum membeli child car seat, pastikan juga telah mendukung fitur ISOFLIX.

Begini cara memakai fitur ISOFIX pada kendaraan.

  1. Pilih posisi child car seat pada baris bangku kedua, namun jangan dibelakang kursi pengemudi.

Baca juga: Apa Sih Mobil BMW Paling Laku di Indonesia?

  1. Setelah itu, posisikan child car seat di atas jok ISOFLIX, selaraskan dan kaitkan tuas penguncinya dengan yang ada pada jok.
  2. Tekan child car seat hingga terdengar bunyi klik. 
  3. Perhatikan posisi kemiringan duduk anak. Biasanya balita dimiringkan dengan sudut 45 derajat, sedangkan anak yang lebih besar sekitar 35 derajat.
  4. Terakhir, pastikan posisi sabuk pengaman pada child car seat tidak terlalu ketat namun juga tidak terlalu longgar.

Demi keselamatan dan keamanan seluruh keluarga, utamanya anak-anak, pilih kendaraan terbaik dengan fungsi ISOFIX. Dapatkan promo bunga 0% dan DP ringan serta program cashback selama membeli di SEVA.

Tersedia juga fitur Instant Approval serta bonus tambahan jika proses pembelian mobil disetujui. Nah, anak Kecil Juga Tau kalau beli mobil tentunya pilih yang Jelas dari Awal hanya di SEVA!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.