Sejumlah Keuntungan Pembayaran DP Mobil Besar dan Kecil

Pembayaran DP mobil tentu dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial calon pembeli. Nah, apa saja sih keuntungan DP besar dan kecil?

pembayaran dp mobil

Pembayaran DP mobil saat ini semakin memudahkan kamu sebagai calon pembeli. Meski harga mobil idaman terbilang tinggi, kini kamu bisa tetap memiliki unit idamannya karena fleksibilitas pembayaran DP.

Dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.17/10/PBI/2015, pembelian unit kendaraan roda empat membutuhkan DP atau uang muka minimal sebesar 30% dari harga kendaraan. 

Meski demikian, pada praktiknya banyak sekali dealer yang memberikan pilihan bagi calon pembeli dengan menawarkan skema pembayaran DP mobil lebih besar. Tentunya, semakin besar nominalnya, maka akan berdampak pada angsuran yang semakin ringan.

Baca juga: Aturan Pajak Mobil Terbaru yang Berlaku di Indonesia

Sebaliknya, meski akan membuat jumlah angsuran sedikit naik, tetapi kesempatan membeli kendaraan dengan DP terjangkau akan terbuka lebar bagi calon pembeli.

Nah selain itu apa saja keuntungan serta perbedaan pembayaran DP mobil besar dan kecil?

pembayaran dp mobil

Keuntungan membayar DP besar

1. Kepercayaan pihak pembiayaan

Dengan memilih skema pembayaran DP besar atau maksimal, kamu akan mendapatkan kepercayaan dari pihak pembiayaan. Jadi, jika di lain kesempatan mengajukan pinjaman maka kamu akan memperoleh kesempatan lebih besar untuk disetujui.

2. Tenor pendek

Dengan membayarkan nominal DP yang besar, tentunya akan memperpendek masa cicilan. Hal ini disebabkan harga mobil yang akan dicicil sudah terpotong dengan jumlah DP yang besar, sehingga waktu pelunasan akan menjadi lebih pendek.

Baca juga: Apa Saja Syarat Kredit Mobil Baru yang Harus Disiapkan?

Sebagai ilustrasi Daihatsu Rocky 1.0 R TC MT Two Tone dengan harga on the road Rp 248,5 juta. DP besar akan membuat biaya cicilan ringan. Berikut skema singkatnya. 

DP sejumlah Rp 124,25 juta, cicilan per bulan Rp 4,73 juta, diangsur 3 tahun.
DP sejumlah Rp 37,28 juta, cicilan per bulan Rp 6,2 juta, diangsur 5 tahun.

3. Selisih bunga tahunan

Waktu pelunasan yang pendek tentu juga mempengaruhi bunga yang dibayarkan. Karena selisih bunga per tahun yang harus dibayarkan menjadi lebih efisien. Total uang yang kamu bayarkan tidak membengkak karena bunga dan tenor yang lebih panjang.

4. Kondisi kendaraan masih prima

Keuntungan lain, saat mengambil kendaraan dengan DP besar, maka saat selesai waktu pembayaran tenor, kondisi kendaraan masih cukup prima. 

Baca juga: Bonus Kredit Mobil Baru yang Sering Ditawarkan Dealer

Sebagai contoh, jika mengambil kendaraan dengan tenor 2 tahun, maka fisiknya jelas masih sangat terawat dan gres dibanding fisik kendaraan saat selesai mengambil tenor 5 tahun.

pembayaran dp mobil

Keuntungan membayar DP kecil.

1. Ringan di awal

Dengan DP kecil, tentunya kamu tidak memerlukan dana besar untuk mendapatkan unit mobil idaman. Jadi, unit mobil sudah dapat dimiliki dan lebih terjangkau.

Baca juga: Tips Agar Pengajuan Kredit Mobil Cepat Disetujui

Di SEVA, tersedia juga penawaran bunga 0% atau DP ringan 15%. Penawaran ini jelas memudahkan dan bikin nyaman buat kamu yang ingin memiliki mobil idaman.

2. Tetap hemat

Dengan membayarkan DP kecil, maka kamu tidak perlu menghabiskan tabungan untuk membayarkan uang muka. Artinya, masih ada peluang untuk tetap memiliki tabungan seperti untuk dana darurat keluarga atau keadaan lain yang mendesak di kemudian hari.

Baca juga: 8 Alasan Kenapa Klaim Asuransi Mobil Ditolak

Sebenarnya baik pembayaran DP besar dan kecil memiliki tujuan yang sama yakni agar kamu memiliki kendaraan pribadi dengan mudah dan nyaman. Anak Kecil Juga Tahu, kalau mau beli sesuatu harus sesuai dengan kemampuan finansial.

Jika bingung pembayaran DP mobil mana yang ideal dan sesuai, di SEVA kamu bisa gunakan fitur Instant Approval yang akan merekomendasikan pembelian mobil baru sesuai dengan kemampuan finansialmu.

Pastikan kamu membeli mobil idaman dari SEVA, pembelian mobil baru lebih mudah, aman, nyaman, dan Jelas dari Awal!