Apa Saja Syarat Kredit Mobil Baru yang Harus Disiapkan?

Meski ada banyak lembaga pembiayaan yang bisa dipilih, syarat kredit mobil baru semakin ketat. Berikut yang harus disiapkan!

syarat kredit mobil baru

Syarat kredit mobil baru saat ini semakin ketat walau kehadiran insentif diskon PPnBM (Pajak Penjualan Atas Barang Mewah) serta lembaga pembiayaan yang memfasilitasinya semakin memudahkan calon pembeli.

Dikutip dari Astra Financial, selain mencari tahu berbagai pengajuan kredit mobil mulai dari memperhitungkan uang muka, jumlah angsuran cicilan per bulan, besarnya bunga kredit, termasuk tipe mobil dan harga mobil tersebut, dokumen pendukung juga amat penting.

Hal tersebut untuk menghindari risiko pembayaran yang macet. Apalagi saat ini tidak hanya mobil baru, layanan kredit mobil bekas pun tersedia dengan uang muka dan cicilan yang kompetitif.

Baca juga: Pilih Mana, Asuransi Mobil All Risk atau TLO?

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika kamu berencana untuk membeli mobil baru secara kredit, agar pengajuan kreditnya bisa diterima.

Berikut adalah syarat kredit mobil baru agar cepat disetujui oleh lembaga pembiayaan.

syarat kredit mobil baru

Selain itu, syarat kredit mobil baru kamu harus memiliki skor kredit (credit score) yang baik.

Kamu bisa mengeceknya dengan menggunakan fasilitas Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca juga: Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

Pada SLIK ada lima skor kredit yang tersedia, yaitu: 

  • Skor 1 atau kredit lancar, berarti debitur selalu membayar cicilan kredit setiap bulan beserta bunga hingga lunas, tanpa menunggak.
  • Skor 2 atau kredit dalam perhatian khusus (DPK), ditujukan bagi debitur yang menunggak cicilan kredit 1-90 hari.
  • Skor 3 atau kredit tidak lancar, artinya debitur tercatat menunggak cicilan kredit 91-120 hari.
  • Skor 4 atau kredit diragukan, diberikan bagi debitur yang menunggak 121-180 hari.
  • Skor 5 atau kredit macet adalah skor untuk debitur yang menunggak cicilan kredit lebih dari 180 hari.

Sebagai syarat kredit mobil baru, tentunya lembaga pembiayaan menyukai skor 1, karena kamu dinilai taat, pengajuan kredit mobil disetujui.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Baru yang Bisa Dimiliki Pasangan Muda

Namun kamu juga tidak boleh terburu-buru dan pertimbangkan segalanya dengan baik. Hal ini agar saat menjalani masa cicilan kredit mobil, kamu terhindar dari hutang yang akhirnya berdampak pada kondisi finansial.

Untuk mempermudah syarat kredit mobil baru dan cepat disetujui, enaknya beli di Seva.id. Ada fitur Instant Approval untuk tahu peluang persetujuan kredit dan bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial.