Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

Butuh tips memilih asuransi mobil yang tepat untuk kebutuhan mobilmu? Baca selengkapnya di sini untuk mendapat tips terbaik!

tips memilih asuransi mobil

Mobil yang kamu miliki wajib mendapat perlindungan. Mengetahui tips memilih asuransi mobil yang tepat merupakan hal yang penting.

Apalagi bagi yang sering menggunakan mobil untuk rutinitas sehari-hari. Mobil akan dihadapkan dengan berbagai risiko di jalanan yang sewaktu-waktu berdampak pada kondisinya.

Baca juga: 8 Alasan Kenapa Klaim Asuransi Mobil Ditolak

Dalam hal tersebut lah peran asuransi mobil dibutuhkan. Sebab, dapat memberikan perlindungan dan jaminan finansial atas potensi dari kerugian pada mobil, misalnya akibat kecelakaan.

Lantas, bagaimana tips memilih asuransi mobil yang tepat untuk dimiliki? Simak penjelasannya berikut.

tips memilih asuransi mobil
Protection of car (concept)

Pilih sesuai kebutuhan

Ketika memilih asuransi, kamu perlu menyesuaikan dengan kondisi kendaraan. Maka, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui dan melihat kondisi mobil, seperti mesin, bodi, usia, dan lain-lain.

Umumnya, terdapat dua jenis asuransi mobil yang ditawarkan, yaitu asuransi all risk atau comprehensive dan asuransi Total Loss Only (TLO).

Baca juga: Perbedaan Asuransi TLO dan All Risk untuk Mobil 

Asuransi all risk menawarkan jaminan perlindungan terhadap hampir semua risiko yang kemungkinan terjadi pada mobil, baik kecelakaan kecil maupun kecelakaan besar.

Sedangkan asuransi TLO memberi jaminan terhadap kerusakan kendaraan yang terjadi di atas 75 persen saja atau mengalami kehilangan karena dicuri. Jadi, kalau hanya kecelakaan kecil, tidak akan ditanggung.

tips memilih asuransi mobil

Lakukan perbandingan

Selanjutnya adalah mencari perusahaan asuransi yang menawarkan benefit sesuai yang dibutuhkan.

Tentunya, ada berbagai perusahaan asuransi yang menawarkan produk sejenis. Coba lakukan perbandingan beberapa perusahaan asuransi.

Baca juga: Faktor Penentu Nilai Pertanggungan Asuransi Kendaraan

Kamu bisa coba cek informasi mengenai produk serta benefit yang ditawarkan di website resmi mereka. Lalu, mencari review atau testimoni dari orang yang sudah menggunakan produk asuransi dari perusahaan tersebut.

tips memilih asuransi mobil

Sesuaikan dengan kemampuan bayar

Selain mencari informasi tentang benefit yang ditawarkan serta kelebihan dan kekurangannya, kamu juga perlu mencari tahu biaya premi dari produk asuransi.

Biaya premi asuransi all risk tentunya lebih besar dibandingkan asuransi TLO karena menawarkan jaminan yang lebih luas. Besaran biaya premi juga bergantung pada kondisi dan usia mobil.

Baca juga: Jangan Panik, Ini 6 Kerusakan Mobil yang Ditanggung Asuransi

Lalu, setiap perusahaan pun memiliki biaya premi yang berbeda-beda dengan kebijakan dan aturannya masing-masing.

Pastinya kamu ingin memilih asuransi mobil dengan perlindungan terbaik dengan premi yang wajar. Tetapi, jangan lupa untuk melihat kondisi finansial yang ada.

Jangan sampai memaksakan diri mengambil premi besar tetapi malah membuat kamu pada akhirnya kesulitan untuk membayarnya.

tips memilih asuransi mobil

Perhatikan jaringan bengkel rekanan

Hal lain yang perlu jadi pertimbangan dalam memilih asuransi mobil adalah jaringan bengkel rekanan dari perusahaan asuransi.

Baca juga: Apakah Menabrak Kendaraan Lain Bisa Klaim Asuransi?

Memilih perusahaan asuransi dengan jaringan bengkel yang luas akan memudahkan kamu pada saat melakukan perbaikan mobil. Kamu dapat mendatangi bengkel yang berlisensi, atau memiliki suku cadang lengkap untuk kebutuhan mobil.

Akan lebih baik lagi kalau lokasi bengkel rekanan dekat dengan rumah atau kantor sehingga mudah untuk didatangi.

jenis asuransi mobil

Pilih dengan akses pelayanan lengkap

Tak hanya sekadar memilih asuransi yang memberikan penawaran atau premi terbaik, tetapi pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki akses pelayanan yang baik.

Apakah perusahaan memiliki call center yang mudah dihubungi, khususnya saat keadaan darurat. Selain itu, pertimbangkan juga perusahaan yang memberikan layanan derek gratis, layanan bantuan saat kecelakaan, dan sebagainya.

tips memilih asuransi mobil

Coba rekomendasi dealer

Kalau masih bingung mau memilih asuransi mobil yang tepat, rekomendasi dari pihak dealer bisa kamu pertimbangkan.

Baca juga: Kesehatan, Pendidikan, Kendaraan, Mana Jenis Asuransi Prioritas?

Biasanya pihak dealer akan membantu merekomendasikan perusahaan asuransi yang terpercaya. Namun, kamu harus tetap melakukan pengecekan apakah rekomendasi sudah sesuai dengan kebutuhan mobil dan biaya yang dimiliki.
Kunci dalam melakukan tips memilih asuransi mobil yang tepat adalah menyesuaikan dengan kebutuhan mobil serta budget yang dimiliki. Pastikan juga selalu memilih asuransi yang resmi dan terpercaya!