Inspirasi Modifikasi Daihatsu Granmax Nyaman Buat Harian

Butuh ide modifikasi Daihatsu Granmax yang bisa dipakai harian? Nih, ada beberapa contekan yang bisa kamu tiru langsung.

Mendapatkan ide terbaik modifikasi Daihatsu Granmax sebenarnya bukan perkara sulit. 

Semua tentunya tinggal menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Sebagai gambaran, jenis modifikasi yang umum dilakukan adalah modifikasi interior, modifikasi eksterior, dan modifikasi mesin (sleeper).

Modifikasi interior biasanya menyulap tampilan kabin dengan menambahkan aksen-aksen tertentu, mengubah sistem audio, atau aksesoris pendukung lain. Sementara modifikasi eksterior mengutamakan perubahan pada bentuk dan model body kendaraan. 

Baca juga: Manfaat Tune Up Mobil Setelah Perjalanan Jauh

Baik untuk Daihatsu Granmax MB (minibus) dan tipe PU (pick up), berikut beberapa ide modifikasi yang bisa ditiru.

Modifikasi interior

Untuk mobil Daihatsu Granmax PU, menyulap tampilan kabin menjadi lebih eksentrik dapat dilakukan dengan lebih murah ketimbang tipe minibus. 

Baca juga: Benarkah Karpet Mobil Bisa Sebabkan Kecelakaan?

Ini dikarenakan kabin PU yang dimodifikasi lebih sederhana ketimbang versi minibusnya. Namun beragam modifikasi interior yang biasa dilakukan pada mobil Granmax PU dan minibus antara lain:

  1. Memasang cover pada jok mobil menggunakan bahan kain atau kulit. Pilih warna yang sepadan atau ekstrim sekaligus agar tampilan lebih mencolok dan mentereng. Biaya untuk penggantian cover mulai Rp 300 ribu hingga Rp 1,5 juta tergantung bahan.
  2. Pergantian sistem audio. Agar mengendara tidak membosankan, banyak pengemudi yang mengupgrade sistem audio mobilnya menjadi lebih nendang. Paket modifikasi audio untuk Grandmax PU dan minibus dijual mulai Rp 1,5 jutaan.

Baca juga: Upgrade Audio Mobil, Berapa Biayanya?

  1. Reformasi seater. Untuk versi minibus, perombakan dapat dilakukan pada bangku baris kedua. Misalnya dimundurkan ke baris ketiga. Ini tentu membuat ruang kabin lebih lega meski harus kehilangan konfigurasi bangku ketiga. 

Paket modifikasi Daihatsu Granmax ini biasanya meliputi juga dengan penggantian cover dan pelapis jok dengan biaya mulai Rp 3 jutaan.

Modifikasi eksterior

Untuk merombak tampilan luar Daihatsu Granmax, biasanya dilakukan dengan beberapa metode. Pertama, merubah warna dan cat dasar. 

Kedua, modifikasi velg dan ban, serta ketiga, dengan merombak tampilan keseluruhan body mobil tersebut.

  1. Modifikasi warna dan tampilan

Untuk melakukan modifikasi Daihatsu Grandmax ini sebenarnya sama dengan jenis mobil lain. Merubah warna dan tampilan mobil bisa menggunakan cat semprot atau airbrush dan sticker

Baca juga: Macam-macam Filter Mobil dan Kapan Harus Menggantinya

Keduanya punya peminat tersendiri. Menggunakan sticker jelas lebih murah biayanya ketimbang menggunakan airbrush. Untuk waktu pengerjaan pun jelas lebih singkat menggunakan sticker ketimbang cat.   

  1. Modifikasi velg dan ban

Mengganti velg dengan ring yang lebih besar akan membuat tampilan kendaraan menjadi berbeda. Umumnya velg PU punya ukuran PCD (pitch circle diameter) 5×114. Sementara ukurannya 13 inci dan lebar 5 inci.

Ukuran velg yang disarankan biasanya diganti dua ukuran di atas velg standar. Namun untuk kamu yang mengganti ukurannya sampai 3 atau lima kali lebih besar, harap menyesuaikan dengan suspensi mobilnya.

Baca juga: Alasan Pabrikan Menyarankan Gunakan Oli Mesin Resmi

Untuk velg pada versi Granmax minibus, bisa diganti dengan milik Cherokee Sport agar hasilnya lebih sangar. Namun untuk hal ini harus memodifikasi lubang baut velg karena keduanya punya PCD berbeda.

modifikasi Daihatsu Granmax
  1. Tampilan rendah

Salah satu aliran modifikasi yang banyak digemari adalah membuat tampilan mobil menjadi lebih dekat ke tanah alias ceper. 

Penganut modifikasi velg dan kaki-kaki mobil disebut dengan stance. Ciri utamanya adalah ground clearance mobil jadi rendah. 

Pilihan modifikasi ini biasanya dilakukan dengan memotong ulir per bagian depan dan belakang kendaraan.

Baca juga: Cara Mengatasi Ngantuk Saat Mengemudi di Perjalanan Jauh

Keuntungan dari modifikasi ini adalah kendaraan akan tampil lebih keren dan terkesan gaul. Namun kekurangannya adalah mobil bakal kesulitan melaju di jalanan tidak rata atau jalan berlubang.

Pilihan kedua yaitu mengganti per mobil Daihatsu Granmax dengan per mobil merk lain, misalnya per milik Toyota Avanza. Ini akan membuat mobil lebih pendek dari standar pabrikan.

Namun, tersedia juga opsi ketiga bagi kamu yang tidak ingin memotong atau mengganti per Daihatsu Granmax, yaitu dengan memasang body kit.

Baca juga: 4 Keuntungan Beli Mobil Kredit, Apa Saja Ya?

Body kit ini adalah semacam aksesoris tambahan yang bisa dipasang di body kendaraan khususnya di bumper depan, belakang dan samping mobil. 

Aksen yang ditimbulkan dari pemasangan aksesoris ini adalah mobil terlihat lebih ceper atau ambles. Untuk harga, paket body kit lengkap PU dijual Rp 2 jutaan, sementara untuk minibus yang termurah rata-rata Rp 1,3 jutaan. 

  1. Model off road

Berlawanan dengan model ceper di atas, pecinta mobil jelajah juga bisa mengadopsi gaya semi off road untuk Daihatsu Grandmax. 

Baca juga: Mobil LCGC Kuat Nanjak dan Jalan Jauh, Begini Caranya!

Baik untuk minibus dan PU, bisa diterapkan dengan menambah lift kit Overtech pada kaki-kakinya sehingga terkesan lebih gagah. Penambahan ini bisa menaikkan ground clearance sampai 40 milimeter dari versi pabrikan.

modifikasi Daihatsu Granmax

Modifikasi sleeper

Khusus modifikasi ini biasanya dianut anak muda yang menginginkan mobil mereka dipacu dengan kencang. Modifikasi ini umumnya meliputi bagian mesin tanpa terlalu banyak menyentuh tampilan mobil keseluruhan.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Baru 2022 Untuk Dimiliki Pasangan Muda

Daihatsu Granmax PU dan minibus sejatinya memang kendaraan niaga yang multiguna. Apapun tujuannya, mobil bermesin 1.300 dan 1.500 cc dijamin dapat diandalkan.

Dapatkan Daihatsu Granmax terbaru dengan skema cicilan terjangkau, DP ringan dan bunga 0% hanya di SEVA. Tersedia juga fitur Instant Approval untuk lebih mudah dalam pengajuan pembelian.

Jadi, tunggu apalagi, Anak Kecil Juga Tahu kalau beli mobil baru aman, nyaman, mudah, dan Jelas Dari Awal ya hanya di SEVA!