Search Cars

Tips & Rekomendasi

Upgrade Audio Mobil, Berapa Biayanya?

Ternyata untuk upgrade audio mobil yang memuaskan dan suara nendang bisa dimulai budget yang minim. Mau tahu berapa biayanya?

upgrade audio mobil

Alasan kurang puas dengan kualitas suara dan pengaturan, biasa jadi alasan pemiliknya melakukan upgrade audio mobil.

Untuk yang kurang paham, biasanya enggan mengubah karena takut terbentur biaya yang tinggi. Padahal, besaran biaya upgrade audio mobil tersebut bisa dimulai dari angka yang tidak terlalu besar.

Apa saja sih yang sebaiknya diganti dalam audio mobil, dan berapa biayanya?

upgrade audio mobil

Sistem audio mobil

Secara sederhana, sistem audio pada mobil terbagi menjadi beberapa bagian yang dapat dijelaskan sebagai berikut. 

1.    Head unit

Komponen ini bertugas mengeluarkan sinyal audio dan video. Selanjutnya akan diterima dan diteruskan oleh amplifier dan speaker dan lainnya sehingga dapat dinikmati dalam bentuk suara dan atau visual. 

Baca juga: Benarkah Karpet Mobil Bisa Sebabkan Kecelakaan?

Head unit ini sekarang telah berkembang dan mengakomodasi beragam jenis audio video sebut saja radio, tape, USB, CD, DVD, MP3, bahkan terhubung dengan smartphone

2.    Speaker dan amplifier

Komponen dalam sistem audio yang bertugas mengubah sinyal listrik jadi suara lewat membran. Biasanya terbagi beberapa bagian, yaitu middle, tweeter, woofer dan subwoofer. Sementara amplifier bertugas memperkuat sinyal dan daya dari head unit ke speaker

3.    Monitor

Bertugas menampilkan visual atau siaran tayangan dari stasiun TV dan atau video dari head unit.

upgrade audio mobil

Urutan upgrade audio 

Sebagai tips, untuk memulai proses upgrade pada sistem audio mobil baiknya dilakukan secara bertahap. Hal ini dapat menekan biaya. 

Baca juga: Simulasi Kredit Mobil LCGC, Mana Paling Terjangkau?

Namun jika memiliki dana besar, tidak ada salahnya mengganti langsung dengan sistem paket agar hasilnya lebih nendang.

Jika ingin upgrade bertahap, sebaiknya memulai ganti dari head unit. Setelah itu baru upgrade atau tambah subwoofer, agar suara dentuman bass lebih mantap!

Baca juga: Aturan Baru, Mobil Mewah Dilarang Beli Pertalite

Langkah selanjutnya mengganti speaker dan peredam kabin. Ini akan membantu performa sistem audio baru terasa joss. Penambahan peredam ini juga bertujuan mencegah kebocoran suara dan efek gema.

Setelah itu barulah mengganti atau menambah komponen pelengkap seperti tweeter dan power amplifier.

upgrade audio mobil

Biaya modifikasi audio mobil

Berikut daftar biaya untuk memulai upgrade audio mobil sistem paket. Harap diingat, biasanya harga-harga ini belum termasuk ongkos pemasangan atau jasa. Silahkan tanyakan pada penjual sebelum bertransaksi. 

Paket audio ADX Delta, termasuk di dalamnya termasuk power amplifier 4 channel DHD, subwoofer ADX Delta 12 inchi (double coil), tweeter set kanan dan kiri serta box subwoofer universal. Harganya mulai Rp 700 ribuan.

Baca juga: Arti Indikator ECO yang Sering Ada di Mobil Zaman Now

Audio Peerless, seharga Rp 5 juta, termasuk dalam paket adalah Subwoofer Peerless M12 MKI, power Peerless MKI, full range FB acoustic SB65, peredam 3 lembar dan midbass Avexis FU 6B.  

Paket audio JBL, termasuk di dalam paket adalah power 4 channel PCA, subwoofer PCL 12 inchi (double coil double magnet), box subwoofer universal, dijual mulai Rp 1,6 jutaan.

Paket audio Rockford, harga mulai Rp 9,6 jutaan terdiri dari subwoofer Rockford P2, monoblock harmonic drive MX 3000, power cello CA30, split 3 way cello (pillar custom), peredam 3 lembar, dan coaxial cello.

speaker

Upgrade satuan

Untuk yang ingin mencicil upgrade audio mobil satuan, harga head unit di pasaran cukup beragam. Misalnya head unit dengan layar sentuh 10 inci, OS Android 9 dijual Rp 1,5 jutaan. Sementara yang tanpa layar sentuh sekitar Rp 600 ribuan.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Toyota dengan Fitur Toyota Safety Sense

Harga komponen subwoofer juga beragam, tergantung merek dan fiturnya. Harga subwoofer biasanya mulai dari Rp 350 ribuan.

Baca juga: Mengecek Mobil Baru, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Untuk harga tweeter per pasang cukup murah Rp 50 ribuan sampai Rp 150 ribu. Sementara harga power amplifier merk Carman CA 400 4 channel dijual Rp 400 ribu dan merk Venom Baby Diablo 4 channel dijual Rp 1,2 juta. 

Pada umumnya di mobil-mobil keluaran terbaru, sistem audio yang terdapat di dalamnya sudah cukup nyaman dan nendang. 

Dapatkan pilihan mobil-mobil baru terbaik hanya di SEVA. Manfaatkan juga fitur Instant Approval dan dapatkan promo menarik serta bunga rendah untuk kredit mobil baru.  Hanya di SEVA, beli mobil selalu Jelas dari Awal!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.