Search Cars

Tips & Rekomendasi

Mengecek Mobil Baru, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Hal-hal berikut ini wajib kamu perhatikan saat mengecek mobil baru yang diantarkan ke rumah. Apa saja? Selengkapnya di artikel berikut.

mengecek mobil baru

Mengecek mobil baru wajib dilakukan pemilik mobil pada saat melakukan serah terima mobil dengan pihak dealer, bahkan sebelum menandatangani dokumen penyerahan.

Meskipun mobil yang didatangkan merupakan unit baru, kamu tetap perlu memastikan agar kondisi mobil yang diterima tidak ada cacat.

Apabila kamu baru memeriksa kondisi mobil setelah menandatangani dokumen penyerahan dan menemukan adanya cacat, dealer tidak akan menerima komplain.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Test Drive Mobil Baru

Sebab, pemilik mobil sudah menandatangani dokumen yang menyatakan bahwa keadaan mobil sudah sesuai dengan yang diinginkan.

Nah, apa aja sih yang harus diperhatikan saat mengecek mobil baru? Berikut penjelasannya.

Cek eksterior

Pertama, bagian mobil yang perlu dicek adalah eksterior. Cek dengan seksama apakah cat dan bodi tidak ditemukan baret. Lalu bagian lainnya seperti velg, atap, sampai bagian karet pintu dan kaca mobil.

Baca juga: Fitur Keselamatan Mobil yang Wajib Ada Saat Ini

Apabila menemukan baret atau ada yang kurang, langsung tanyakan kepada pihak dealer untuk tahu apa penyebabnya dan apakah ada solusi yang bisa dilakukan.

mengecek mobil baru

Cek interior

Setelah mengecek bagian eksterior, selanjutnya adalah melakukan pengecekan di interior atau ruang kabin. Minta tolong pihak dealer untuk membuka plastik pelindung yang biasanya melapisi interior mobil baru.

Baca juga: Efek Sering Ganti BBM Bagi Mesin Mobil

Lalu, cek apakah ada noda pada jok serta kualitas jahitan jok. Cek juga kelengkapan barang seperti ban cadangan, APAR, buku manual serta toolkit pada mobil.

Tes fitur dan perangkat lainnya

Selanjutnya yang perlu dilakukan dalam mengecek mobil baru adalah memastikan fitur dan perangkat mobil berfungsi. Seperti pengecekan lampu-lampu, AC, perangkat audio, dan sebagainya.

Bila perlu, minta pihak dealer untuk mengoperasikan semua fitur agar kamu dapat memahami fitur yang ada pada mobil. Jangan ragu untuk bertanya apabila ada yang kurang dipahami.

Test drive

Begitu pengecekan eksterior, interior, dan fitur sudah dilakukan, selanjutnya adalah test drive mobil untuk mengecek apakah ada bunyi-bunyi mencurigakan pada kaki-kaki serta mesin.

Baca juga: Risiko yang Mengintai Jika Mobil Jarang Servis

Lakukan test drive dengan pendampingan dari pihak dealer. Cek juga kondisi odometer yang sebisa mungkin tidak melebihi 50 kilometer.

mengecek mobil baru

Cek kelengkapan dokumen

Terakhir, pastikan seluruh dokumen kendaraan seperti STNK dan plat nomor. Sesuaikan data nomor rangka dan nomor mesin, serta pastikan nama dan alamat tidak ada kesalahan pengetikan.

Apabila sudah melakukan seluruh rangkaian proses pengecekan, barulah kamu bisa menandatangani dokumen serah terima mobil.

Baca juga: Harga Coating Mobil Sesuai Jenis dan Kelebihannya

Pada saat mengecek mobil baru, sebaiknya minta mobil dikirimkan di siang hari. Tujuannya agar bisa memeriksa bagian-bagian mobil dengan jelas.

Kemudian usahakan untuk mendokumentasikan seluruh kegiatan pengecekan sebagai bukti pendukung apabila ditemukan kecacatan atau barang yang tidak lengkap pada mobil.

Nah, buat yang mau beli mobil baru, belinya di Seva.id aja ya! Soalnya kamu bisa pakai fitur Instant Approval, di mana kamu bisa melakukan simulasi kredit sekaligus mengetahui peluang persetujuan kredit.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.