Hal yang Harus Diperhatikan Saat Test Drive Mobil Baru

Perhatikan hal-hal ini saat test drive mobil baru untuk memastikan performa dan fiturnya sesuai dengan kebutuhan kamu.

test drive mobil baru

Melakukan test drive mobil baru merupakan tahapan yang tidak boleh dilewatkan saat membeli mobil. Hal ini dilakukan agar memastikan mobil baru yang akan dibeli sudah sesuai dengan kebutuhan.

Bisa dikatakan test drive adalah tahap pengenalan awal konsumen terhadap mobil yang akan dibelinya. 

Baca juga: Evolusi Premium SUV, 70 Tahun Sejarah Toyota Land Cruiser

Saat test drive, konsumen tak hanya sekadar mencoba mengemudikan mobil tetapi juga mengenal fitur-fiturnya.

Agar proses test drive dapat berjalan maksimal, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat test drive mobil baru. Apa saja? Simak penjelasannya.

Perhatikan performa mesin

Cobalah mengendarai mobil sambil merasakan performa mesinnya. Mulai dari pengereman, akselerasi, handling sampai kenyamanan setir.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Baru 2022 Untuk Dimiliki Pasangan Muda

Tidak perlu sampai mengebut, tetapi kamu bisa menaikkan kecepatan secara bertahap apabila ingin menguji tenaga dan torsi maksimum dari mesinnya.

test drive mobil baru

Kenali fitur dan teknologi pada mobil

Lalu, kenali dan cobalah satu per satu fitur dan teknologi yang digunakan pada mobil. Misalnya dengan mencoba sistem entertainment, cruise control, dan sebagainya.

Selain itu, coba juga fitur-fitur keselamatan yang ada di mobil, seperti Blind Spot Monitor, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist dan fitur keselamatan lainnya.

Baca juga: All New Toyota Voxy Lebih Bertenaga, Nyaman, dan Aman

Hal itu perlu dilakukan untuk memastikan fitur tersebut bekerja dengan baik dan kamu pun juga bisa memahami cara kerjanya.

Perhatikan detail fungsi mobil

Penting juga untuk memperhatikan detail-detail yang ada pada mobil tak hanya dari segi desainnya. Sebab, mobil tersebut akan kamu gunakan untuk mobilitas sehari-hari.

Mulai dari buka tutup pintu dan aksesibilitasnya, pengaturan spion, sampai pengaturan kursi pengemudi maupun kursi belakang agar benar-benar nyaman.

test drive mobil baru

Bawa ke berbagai kondisi jalan

Lakukan test drive mobil baru dengan mengambil rute di berbagai kondisi jalanan. Mulai dari jalan raya besar, jalan sempit, melintasi polisi tidur, dan rute yang biasa dilewati.

Baca juga: 5 Penyebab Mobil Limbung yang Berbahaya Bagi Pengemudi

Bila perlu, cobalah melintasi jalanan yang berbatu, jalan tanah, jalanan berliku, serta tanjakan serta turunan. 

Setelah itu, jangan lupa juga untuk tes parkir mundur dan parkir paralel untuk mengetahui dimensi mobil dan tingkat kesulitan untuk memarkirkannya. Sekaligus mencoba fitur kamera dan sensor parkir.

Coba duduk di kursi penumpang

Terakhir yang tak boleh dilewatkan saat test drive mobil baru, rasakan pengalaman berkendara sebagai penumpang di depan maupun belakang.

Baca juga: Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

Pada saat test drive, sangat disarankan untuk mengajak teman atau keluarga yang bisa mengendarai mobil supaya kamu bisa bergantian untuk duduk di kursi penumpang.

Dengan mengajak orang lain, kamu juga bisa mendapatkan review dari sudut pandang yang berbeda bahkan bisa jadi memberitahu detail yang tidak kamu sadari.

Tentunya, hal itu dapat membantu kamu mengambil keputusan apakah akan membeli mobil atau tidak.

test drive mobil baru

Tanya kepada pihak dealer

Jangan ragu untuk bertanya kepada dealer mengenai hal-hal yang kurang dipahami atau ingin diketahui lebih jelas.

Baca juga: Jenis-jenis Asuransi Mobil dan Cara Mudah untuk Klaimnyan

Misalnya, bagaimana cara kerja fitur-fitur keselamatan, cara menggunakan sistem entertainment di head unit, pengaturan setir yang benar, dan sebagainya.

Tanyakan pula mengenai kapan waktu servis berkala dilakukan, kapan harus mengganti komponen kendaraan, sampai biaya perawatannya.

Tujuannya untuk mendapatkan gambaran estimasi berapa biaya maintenance yang perlu disiapkan ketika nantinya akan memiliki mobil yang dicoba.

Baca juga: Apa Itu BI Checking dan Bagaimana Cara Mengeceknya?

Jadi, usahakan untuk test drive sebelum memutuskan untuk membeli mobil agar kamu dapat memiliki kendaraan yang tepat!

Selain mendatangi dealer, kamu juga bisa test drive mobil baru di pameran otomotif. Kalau sudah tahu mobil apa yang mau dibeli, pembeliannya lewat Seva.id aja!