Evolusi Premium SUV, 70 Tahun Sejarah Toyota Land Cruiser

By Arris Riehady - Maret 9, 2021

Awal diciptakannya menjadi kendaraan heavy duty, dan kini menjelma jadi SUV premium. Berikut perjalanan 70 tahun sejarah Toyota Land Cruiser.

Sejarah Toyota Land Cruiser

Tidak dapat dipungkiri jika Sport Utility Vehicle (SUV) telah menjasi salah satu jenis mobil favorit keluarga Indonesia.

Bukan tanpa alasan, SUV dianggap mampu melahap berbagai jenis medan jalan, baik on-road maupun off-road.

Karakter mobil ini ialah bodi yang nampak kekar, kokoh, dengan ground clearance tinggi untuk melalui medan tanah, bebatuan, bukit, atau pegunungan.

SUV tetap nyaman digunakan untuk mengangkut penumpang dengan kapasitas hingga lima orang. Bahkan belakangan ada SUV dengan kapasitas hingga 7 penumpang.

Baca juga: Perbedaan Harga dan Varian Toyota Rush Paling Lengkap

Untuk itu, PT Toyota Astra Motor menghadirkan pilihan lengkap di jajaran SUV, mulai dari Toyota Rush di segmen medium SUV, Toyota Fortuner di segmen high SUV, hingga premium SUV perkotaan yang tangguh Toyota Land Cruiser.

Dalam sejarah Toyota Land Cruiser, generasi pertama dikenal sebagai Toyota BJ yang resmi mengaspal pada tahun 1951 yang awalnya dibuat untuk memenuhi kebutuhan pemerintah Jepang.

Toyota Land Cruiser sanggup melampaui 10 juta unit penjualan hingga tahun 2019 dengan 3 negara yang menjadi production base, yakni Jepang, Portugal, dan Kenya.

Baca juga: Hasil Uji Tabrak Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Tahun 2021, Toyota Land Cruiser genap berusia 70 tahun. Sebagai pengingat rekam jejaknya, berikut sejarah Toyota Land Cruiser dari generasi ke generasi.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!