Jenis-jenis Asuransi Mobil dan Cara Mudah untuk Klaimnya

Saat ini, asuransi menjadi sebuah kewajiban sebagian orang. Ini jenis asuransi mobil yang sangat penting.

jenis asuransi mobil

Jenis asuransi mobil yang tersedia di Indonesia saat ini sangat beragam, karena selain perawatan, mobil sebagai aset kesayangan perlu diberikan perlindungan.

Salah satu cara untuk melindungi mobil adalah dengan mendaftarkannya ke asuransi agar ter-cover dari berbagai resiko yang tidak diinginkan, baik kecelakaan, bencana, atau kehilangan.

Baca juga: Apakah Menabrak Kendaraan Lain Bisa Klaim Asuransi?

Namun, sebelum mengetahui pentingnya asuransi, ada baiknya kamu mengenal terlebih dulu jenis asuransi mobil. Yuk simak melalui infografis di bawah ini.

jenis asuransi mobil jenis asuransi mobil jenis asuransi mobil

Tiap jenis asuransi memiliki tata cara klaim asuransi yang berbeda-beda. Umumnya cara klaim asuransi mobil memiliki langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Foto kendaraan. Langkah pertama yang harus kamu lakukan saat mau mengklaim asuransi adalah harus mendokumentasikan kondisi mobil saat terjadi kecelakaan. Foto bagian yang mengalami kerusakan, baik ringan hingga rusak parah, agar menjadi bukti atas apa yang menjadi objek asuransi.

Baca juga: Jangan Panik, Ini 6 Kerusakan Mobil yang Ditanggung Asuransi

  1. Siapkan dokumen asuransi, seperti fotokopi polis asuransi, fotokopi SIM dan STNK, dan Surat Keterangan Kepolisian (jika kendaraan rusak berat dalam kecelakaan parah).
  1. Datang ke bengkel rekanan untuk mendapatkan perawatan gratis. Asuransi hanya dapat cair bila klaim melakukan perbaikan di bengkel rekanan perusahaan asuransi.
  1. Isi formulir asuransi. Setelah sampai di bengkel rekanan, pihak bengkel akan memberikan dokumen berupa formulir asuransi yang harus dilengkapi. Isilah dengan benar dan sesuai dengan data yang ada di dokumen kelengkap.

Baca juga: 6 Langkah Urus Surat Kendaraan dari Rumah Sambil Rebahan

  1. Tunggu kabar pihak bengkel. Bila semua telah selesai, hanya perlu duduk manis di rumah dan bersabar. Mobil akan diperbaiki oleh pihak bengkel paling lambat 2-3 hari. Bila kerusakannya parah bisa memakan waktu yang cukup lama atau pihak asuransi akan menggantinya dengan yang baru.

Namun, untuk jenis asuransi mobil lain, cara klaim selengkapnya ada di Begini Cara Urus Claim Asuransi Mobil, Ternyata Tidak Sulit.

Selama memiliki jenis asuransi mobil yang tepat, kamu tidak perlu panik jika ada kejadian tidak diinginkan menimpa mobil kesayangan.

Untuk itu, kamu bisa selalu melindungi mobil dari segala resiko yang bisa terjadi dengan asuransi.