Search Cars

Tips & Rekomendasi

Fitur Keselamatan Mobil yang Wajib Ada Saat Ini

Penasaran apa saja fitur keselamatan mobil yang wajib dimiliki kendaraan saat ini? Simak beberapa daftarnya berikut ini.

fitur keselamatan mobil

Fitur keselamatan mobil saat ini semakin canggih. Bahkan mobil-mobil dengan harga Rp 200 jutaan pun sudah disematkan dengan fitur keselamatan yang modern.

Fungsi fitur keselamatan tidak hanya sekadar melindungi pengendara apabila kecelakaan terjadi. Misalnya seperti seat belt yang dapat menahan pengendara agar tidak terhempas ketika ada goncangan mobil.

Kini banyak fitur canggih yang dapat membantu pengemudi dalam berkendara dan mengantisipasi terjadinya kecelakaan sehingga tingkat kecelakaan bisa diminimalisir.

Baca juga: Mengenal Transmisi CVT Mobil dan Kelebihannya

Fitur canggih tersebut dapat ditemukan pada Toyota Safety Sense (TSS) yang disematkan pada All New Veloz dan Toyota Raize, misalnya. Selain itu ada juga Advanced Safety Assist yang dihadirkan di Daihatsu Rocky dan All New Daihatsu Xenia.

Nah, kira-kira apa saja sih fitur keselamatan mobil yang wajib ada saat ini mulai dari yang paling dasar sampai yang terbaru? Berikut penjelasannya.

fitur keselamatan mobil

Airbag

Mungkin airbag bisa dikatakan sebagai fitur dasar yang seharusnya dimiliki semua mobil. Fungsi airbag adalah untuk melindungi tubuh agar tidak terbentur dengan bagian mobil.

Baca juga: Rekomendasi SUV di Bawah Rp 300 Juta Terbaru

Biasanya minimal jumlah airbag pada sebuah mobil ada dua. Tetapi, kini jumlah airbag yang ada bisa mencapai enam sampai tujuh buah airbag.

Sensor dan kamera parkir

Fitur dasar lainnya yang wajib pada mobil adalah sensor dan kamera parkir yang membantu pengemudi dalam memarkirkan mobilnya lebih mudah dan tidak membentur kendaraan lain.

Pada beberapa mobil keluaran terbaru, cara kerja fitur keselamatan mobil ini menjadi makin upgrade dengan adanya fitur lain yang membantu mendeteksi objek yang ada di sekitar mobil.

Anti-lock Braking System (ABS)

ABS adalah fitur yang berfungsi mengendalikan sistem rem apabila roda terkunci pada saat mobil melakukan pengereman mendadak. Fitur ABS ini sudah umum digunakan di banyak mobil.

Baca juga: Faktor yang Mempengaruhi Harga Mobil Naik dan Turun

Pengereman mendadak dalam kecepatan tinggi berisiko membuat mobil kehilangan kendali akibat dipaksa berhenti mendadak. Adanya ABS membantu mengendalikan mobil sehingga tidak terjadi slip.

fitur keselamatan mobil

Vehicle Stability Control (VSC)

VSC merupakan fitur keselamatan yang dapat menjaga mobil agar tetap stabil terutama saat melewati tikungan di kondisi jalanan tertentu seperti jalanan licin atau berpasir.

Dalam kondisi jalanan tersebut, ban berpotensi kehilangan traksi sehingga pada saat menikung bisa terjadi oversteer atau understeer. Adanya VSC membantu mobil tetap stabil dan bergerak pada jalur.

Blind Spot Monitoring

Saat mengemudi, ada beberapa titik di mana kita tidak dapat melihat kendaraan yang melintas atau yang dinamakan dengan blind spot. Dikarenakan tidak bisa melihat kendaraan lain, terkadang benturan terjadi.

Baca juga: Kategori Mobil Mewah dan Alasan Pajaknya Tinggi

Adanya fitur blind spot monitoring ini dapat membantu mobil mendeteksi kendaraan atau objek lain yang tidak dapat dilihat oleh pengemudi. Kemudian akan ada peringatan berupa suara atau kedipan lampu pada spion.

Pre-Collision Warning & Braking

Fitur keselamatan mobil yang satu ini mirip dengan fitur sebelumnya yang memberikan peringatan adanya kendaraan lain guna menghindari risiko tabrakan.

Bedanya, objek yang dideteksi keberadaannya berada di depan mobil dan pengemudi akan diberi peringatan untuk mengurangi kecepatan atau menghindar. Bahkan pengereman bisa dilakukan secara otomatis.

fitur keselamatan mobil

Lane Departure Alert (LDA)

Kalau fitur yang ini sangatlah berguna pada saat pengemudi mengantuk dan tanpa sadar membuat mobil keluar dari jalurnya.

Baca juga: Biaya Perawatan dan Servis Berkala Toyota Raize

LDA akan membaca marka jalan menggunakan sensor dan kamera, kemudian memberi peringatan kepada pengemudi dan juga mengembalikan posisi kemudi ke jalur yang benar.

Pedal Misoperation Control

Terakhir, fitur yang tidak kalah canggih dan penting yang perlu dimiliki oleh mobil adalah pengendalian pedal. Terkadang, pengemudi tidak sengaja pedal gas terlalu dalam atau mungkin salah menginjaknya. 

Fitur ini akan memotong aliran tenaga ke roda apabila ada kesalahan dalam menginjak pedal dan mengurangi tabrakan.

Baca juga: Keuntungan Beli Mobil Baru Varian Tertinggi

Beberapa fitur keselamatan mobil ini bisa jadi catatan pertimbangan kamu dalam memilih mobil baru. Pahami pula bagaimana cara kerjanya, sebab kehadiran fitur ini dapat membantu kamu berkendara dengan aman.

Mau cari mobil dengan fitur keselamatan yang canggih? Di Seva.id ada berbagai pilihan mobil dan kamu bisa pakai fitur Instant Approval untuk tahu peluang persetujuan serta simulasi kredit mobil.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.