Rangkaian Hari Ulang Tahun Jakarta ke-495, Ada Banyak Promo!

Hari Ulang Tahun Jakarta ke-495 ini mengusung tema Jakarta Hajatan. Promo apa saja yang akan ditawarkan dan bagaimana serunya?

hari ulang tahun jakarta

Hari Ulang Tahun Jakarta jatuh pada tanggal 22 Juni setiap tahunnya. Sebenarnya, bukan tanpa alasan tanggal tersebut dipilih sebagai HUT Jakarta. 

Ini bermula pada saat Fatahillah yang memimpin pasukan Demak-Cirebon berhasil mengusir Portugis dari Jakarta yang saat itu masih bernama Sunda Kelapa. Setelah kemenangan yang terjadi pada tahun 1627, nama Sunda Kelapa kemudian berubah menjadi Jayakarta dan akhirnya Jakarta. 

Selain digelarnya Jakarta Fair, di Hari Ulang Tahun Jakarta ke-495 dengan tema Jakarta Hajatan tahun 2022 ini terdapat berbagai macam promo yang sudah disiapkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Apa saja itu?

transjakarta

Transjakarta

Buat yang ingin bepergian di Hari Ulang Tahun Jakarta, bisa menikmati promo yang disediakan oleh PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), yaitu dengan menerapkan tarif sebesar Rp 1 pada Rabu, 22 Juni 2022. 

Baca juga: 7 Rambu Lalu Lintas yang Sering Dilanggar Pengendara

Promo ini didasarkan pada Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Nomor e-0076 Tahun 2022 tentang Penugasan Tarif Layanan Khusus dalam Rangka HUT Ke-495 DKI Jakarta. Tarif Rp 1 berlaku untuk semua layanan Transjakarta, kecuali Royaltrans dan Mikrotrans. 

mrt jakarta

MRT 

Tidak hanya Transjakarta  Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga memberikan promo gratis untuk perjalanan menggunakan transportasi Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta. Layanan gratis MRT ini berlaku pada Rabu, 22 Juni 2022 saja. 

lrt jakarta

LRT

Moda transportasi Light Rail Transit (LRT) juga tidak mau kalah dalam ikut menyemarakkan Jakarta Hajatan tahun ini. LRT memberikan tiket gratis yang juga menjadi kado bagi para pengguna transportasi publik. 

Nah, mumpung banyak sarana transportasi umum yang promo, kamu bisa manfaatkan dengan menggunakannya dan kurangi kendaraan pribadi. Dengan menggunakan transportasi umum, kamu punya kontribusi mengurangi polusi Jakarta.

HUT Jakarta

Ancol

Bagi yang ingin mendapatkan tiket gratis dan potongan harga masuk ke lokasi Ancol, bisa langsung mengecek persyaratannya melalui akun Instagram resmi di @Ancoltamanimpian.

Untuk tiket rekreasi yang sudah termasuk tiket gerbang Ancol senilai Rp 60.500 yang sebelumnya harga normal adalah Rp 110.000, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Masukkan kode voucher “ HUTDKIJKT495″ 
  • Periode pembelian dan kunjungan tanggal 22 Juni 2022 
  • Pemesanan hanya melalui website ancol.com
  • Tiket berlaku untuk kunjungan di hari H tanggal 22 Juni 2022 mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB
dufan

Dufan 

Untuk mendapatkan promo harga tiket masuk ke Dunia Fantasi tanggal 22 Juni 2022, caranya adalah sebagai berikut:

  • Membeli tiket melalui laman ancol.com di tanggal 22 Juni 2022 
  • Harga setelah promo adalah Rp 225.500 dari harga semula Rp 275.000
  • Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk ke Ancol. Masukkan kode voucher “ HUTDKIJKT495″
museum

Tiket gratis museum

Sebagai dukungan untuk merayakan Jakarta Hajatan kali ini, Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta memberikan tiket gratis ke 11 museum dan tempat-tempat bersejarah yang ada di Kota Jakarta. 

Lokasi-lokasi tersebut adalah Museum Sejarah Jakarta (Museum Fatahillah), Museum Joang 45, Museum Prasasti, Museum MH Thamrin, Museum Tekstil, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Bahari, Taman Arkeologi Onrust, Rumah si Pitung, Museum Betawi Setu Babakan.

Hari Ulang Tahun Jakarta

Tema HUT DKI Jakarta tahun ini

Hari Ulang Tahun Jakarta kali ini memiliki slogan yang terdiri dari 2 bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris untuk lebih menyesuaikan dengan kebutuhan serta target audiens. 

Baca juga: Nama Jalan di Jakarta yang Baru Diganti, Jangan Sampai Nyasar

Pada tahun ini, dipilih tema Jakarta Hajatan dengan slogan Celebrate Jakarta: Kolaborasi, Akselerasi, dan Elevasi. Untuk setiap kata tersebut, terdapat juga makna yang terkandung di dalamnya, 

  • Kolaborasi: Bermakna merayakan identitas sekaligus semangat kota Jakarta sebagai kota kolaborasi
  • Akselerasi: Memiliki makna untuk menunjukkan upaya kota Jakarta untuk selalu maju
  • Elevate: Memiliki makna visi dari Jakarta yang terus bertumbuh di kancah global

Kemudian terdapat enam ragam warna di logo 495 yang terinspirasi dari karakter kota Jakarta itu sendiri, yang meliputi:

  • Hijau Betawi

Hijau menjadi salah satu warna yang menjadi ciri khas masyarakat Betawi. Warna hijau juga sering dimaknai sebagai harmoni dan menunjukkan bahwa masyarakat Betawi dapat hidup beriringan dan berkolaborasi dengan suku-suku lainnya. 

  • Biru Abang

Untuk warna biru sendiri, mewakili pergerakan masyarakat Jakarta yang bisa hidup berdampingan, berdesakan, namun bisa tetap saling terkoneksi. 

Baca juga: Cara Bersihkan Busi Mobil dan Memasangnya dengan Tepat

Selain itu warna ini juga menandakan bahwa masyarakat Betawi bisa membaur dalam interaksi dan konflik yang bergerak dari berbagai penjuru kotanya. 

  • Kuning Gigi

Warna Kuning Gigi Balang ini melambangkan bahwa masyarakat Betawi berbakat dalam bisnis dan bersiap untuk menjadi Kota Global. Warna ini diwakili oleh salah satu ikon dari Jakarta, yaitu Tugu Monas. 

  • Jingga Bis Kota

Kemudian ada warna Jingga Bis Kota yang mewakili kerja keras yang selama ini sudah dilakukan dalam kota Jakarta. Warna ini juga menunjukkan semangat yang menggebu-gebu untuk terus menggapai impian menjadi Kota Global. 

  • Pink None

Dalam warna Pink None ini, melambangkan semangat semangat yang cerah serta kontras dari masyarakat yang ada di kota Jakarta. Berkat warna ini juga, Jakarta berhasil terpilih menjadi tuan rumah pada acara U20. 

  • Biru Pesisir 

Sedangkan untuk warna Biru Pesisir melambangkan kota Jakarta dengan berbagai acara internasional yang sudah dan akan diselenggarakan di Jakarta.

Buat yang ingin tahu lebih lanjut informasi mengenai Hari Ulang Tahun Jakarta ini, bisa langsung mengunjungi akun Instagram resminya yaitu di @JakartaHajatan

Jangan sampai ketinggalan berbagai acara menariknya. Selamat Ulang Tahun untuk Jakarta!