Mobil Listrik Toyota di Bali, Ada Apa Saja Sih?

Sejak Maret tahun 2021 lalu, mobil listrik Toyota sudah mulai wara-wiri di Bali. Lantas, apa saja sih mobil yang tersedia?

mobil listrik toyota

Pada bulan Maret 2021, PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan mobil listrik Toyota di Bali. Mobil-mobil ini bukan untuk dijual tetapi hadir sebagai bagian dari studi EV Smart Mobility yang dilakukan oleh Toyota di kawasan Nusa Dua, Bali.

Adapun di Nusa Dua Bali, sebanyak tiga model kendaraan elektrifikasi yang dihadirkan Toyota dengan jumlah total 30 unit. Terdiri atas 20 unit Toyota Coms dan lima unit Toyota C+pod berbasis Battery Electric Vehicle (BEV), serta lima unit Toyota Prius PHEV.

Toyota Coms dan Toyota C+pod dapat digunakan oleh masyarakat dan turis di dalam kawasan The Nusa Dua Bali dan sekitarnya. Sementara Toyota Prius PHEV digunakan sebagai layanan Airport transfer dari dan ke kawasan Bandara Ngurah Rai.

Baca juga: Toyota Corolla Cross Hybrid dan Toyota C-HR Hybrid, Pilih Mana?

Untuk lebih mengetahui ketiga mobil tersebut, yuk simak penjelasannya!

mobil listrik toyota

Toyota Coms

Mobil listrik Toyota ini menggunakan teknologi BEV. Mobil yang mengadopsi teknologi BEV ini sumber tenaganya benar-benar hanya mengandalkan baterai saja. Dengan demikian, mobil listrik jenis BEV sangat tergantung dari yang namanya stasiun pengisian.

Mobil ini hanya memiliki satu bangku yang tersedia. Pengoperasiannya juga cukup sederhana. 

Rem tangan berada di sebelah kanan bangku dan tuas transmisi bisa ditemui di sebelah kiri lingkar kemudi. Tinggal geser tuas transmisi ke posisi “D” lalu injak pedal gas maka mobil ini pun siap membawa pengendaranya ke tempat tujuan.

Baca juga: Toyota Kijang Berevolusi Menjadi Ikon Otomotif Nasional

Toyota Coms memiliki jarak tempuh maksimum sekitar 50 kilometer dari satu kali pengisian baterai sampai penuh. Sementara itu kecepatan puncaknya dibatasi 60 kilometer per jam. Adapun yang menjadi sumber tenaganya berupa motor listrik dengan tenaga puncak 6,7 daya kuda dan torsi tertinggi 40 Nm.

mobil listrik toyota

Toyota C+pod

Dari deretan mobil listrik Toyota yang tersedia, mobil ini merupakan mobil yang paling banyak diminati. Sama seperti mobil sebelumnya, C+pod ini juga masih menggunakan teknologi BEV. 

Mobil ini memiliki dimensi yang begitu compact, dengan panjang 2.490 milimeter, lebar 1.290 milimeter, serta tinggi 1.550 milimeter, dan hanya bisa mengangkut dua orang saja. Dinamo yang digunakan pakai jenis Permanent Magnet Electric Motor dengan kode 1RM. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Compact SUV untuk Keluarga Kecil

Tenaga maksimum yang dihasilkan sebesar 12,5 daya kuda plus torsi 56 Nm yang tersalur ke dua roda belakang. 

toyota prius PHEV

Toyota Prius PHEV 

Sesuai dengan namanya, mobil listrik Toyota yang satu ini menggunakan teknologi PHEV atau Plug-in Hybrid Electric Vehicle. Mobil dengan teknologi PHEV ini memadukan dua mesin sekaligus yakni mesin konvensional dan juga mesin dari baterai atau listrik. 

Berkat perpaduan dari keduanya, mobil PHEV ini bisa berjalan menggunakan tenaga baterai ataupun BBM. Dengan begitu, mobil ini bisa dikatakan lebih irit. Prius PHEV ditopang oleh mesin 2ZR-FXE kapasitas 1.800 cc dengan power dan torsi maksimum masing-masing 96 daya kuda dan 142 Nm. 

Baca juga: Keunggulan Toyota Veloz yang Beda dengan MPV Lain

Mobil ini  menggunakan baterai jenis Lithium-Ion Battery yang mempunyai voltage 3.7 v per cell. Baterai ini mempunyai 95 cell sehingga secara keseluruhan mampu menghasilkan listrik 315.5 voltage.

Selain Bali, PT Toyota Astra Motor (TAM) berencana untuk mengembangkan lagi project EV Smart Mobility mereka ke lokasi wisata lainnya. Jika sesuai rencana, tempat wisata Danau Toba akan menjadi destinasi selanjutnya dari proyek tersebut. 

New C-HR Hybrid

Buat yang ingin merasakan sensasi mobil listrik, tidak perlu repot-repot mengunjungi Bali karena ada alternatif lain seperti mobil hybrid yang bisa kamu beli langsung dari SEVA. Mobil-mobil tersebut diantaranya adalah Toyota All New Camry dan Toyota All New Corolla Cross yang memiliki varian hybrid

Baca juga: Sering Diabaikan, Yuk Cek Ban Serep Mobil Sekarang!

Kunjungi langsung website SEVA untuk mengetahui harga serta spesifikasi lengkap dari kedua mobil tersebut. Jangan lupa juga gunakan fitur unggulan Instant Approval agar pembelian mobil semakin aman dan nyaman. 
Jadi, tunggu apalagi ayo langsung beli mobil yang Jelas dari Awal hanya di SEVA!