Search Cars

Tips & Rekomendasi

Sering Diabaikan, Yuk Cek Ban Serep Mobil Sekarang!

Ban serep mobil terkadang menjadi hal yang terlupakan. Padahal, mengeceknya sangat penting lho, simak langkahnya berikut ini!

ban serep mobil

Bagi para pemilik kendaraan, mengecek ban serep mobil tentunya tidak boleh dilupakan. Pada umumnya, ban cadangan ini akan diberikan setiap pembelian unit mobil baru. 

Keberadaan ban cadangan ini sangat diperlukan, terutama jika ada kondisi yang darurat seperti ban kempes atau bocor. Itulah mengapa harus selalu memastikan kondisinya agar tetap baik dan siap dipakai. 

Buat yang ingin mengeceknya, simak cara-cara yang bisa dilakukan berikut ini:

ban serep mobil

Pastikan dalam kondisi baik

Hal pertama yang harus dilakukan adalah pastikan kondisi ban serep mobil dalam keadaan yang baik. Cukup buka dan perhatikan kondisinya, pastikan juga tidak ada karat maupun kotoran yang bisa merusak velg ban serep. 

Baca juga: 6 Tanda Ban Mobil Harus Diganti Secepatnya

Sambil melakukan pengecekan, tidak ada salahnya untuk sekaligus membersihkan tempat ban serep tersebut diletakkan. Pastikan bebas dari debu dan kotoran lainnya.

cek tekanan angin

Cek tekanan angin 

Jangan lupa juga untuk memastikan tekanan angin dalam ban serep berada dalam kondisi yang ideal. Ini berguna jika ban serep dibutuhkan sewaktu-waktu atau jika dalam keadaan darurat, ban bisa langsung digunakan. 

Jika tekanan angin pada ban serep kurang, sebaiknya langsung menambahkan tekanan angin pada ban. Untuk melakukannya, bisa langsung pergi ke bengkel terdekat dan pastikan kondisi ban serep tidak goyang atau bergeser dari dudukannya. 

Baca juga: Perlukah Mengganti Kaca Film Mobil Bonus dari Dealer?

Sebagai tambahan, ketika ingin mengisi tekanan angin pada ban serep mobil sebaiknya menaikkan tekanan ban pada angka maksimal yakni antara 50-60 PSI agar tidak cepat kempes.

menjaga karet ban

Menjaga karet ban

Agar ban serep mobil tidak cepat rusak, jangan lupa untuk menjaga kondisi karet ban. Jaga kelembaban ban dengan menggunakan semir ban atau bisa juga menggantinya dengan silicon spray.

Penggunaan silicon spray ini dilakukan pada ban agar karetnya lebih elastis, tidak cepat kering, dan karet tetap ketat. Jika kondisi ban sudah tipis, harus berhati-hati dan tidak boleh mengemudikan mobil dengan kencang.

periksa tool kit

Periksa tool kit

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan ketersediaan kunci-kunci atau tool kit pembuka dan pemasang ban. Sekalipun kondisi ban sudah sangat baik, tetapi peralatan untuk melepas dan memasang ban tidak bisa dipakai tentu akan percuma. 

Baca juga: 7 Cara Merawat Power Steering Mobil dan Jenisnya

Untuk itu, pastikan agar tool kit untuk pelepas dan pemasang ban serep mobil tersimpan dengan baik di dalam mobil. Sebaiknya simpan tool kit dalam satu wadah khusus, jangan menyimpannya terpisah-pisah karena akan sulit untuk menemukannya jika sedang dibutuhkan. 

kode produksi

Perhatikan tanggal produksi

Perhatikan juga tanggal produksi ban. Kode produksi ban mobil biasanya terdapat pada bibir atau dinding ban yang dicantumkan dengan kode empat digit angka 

Misalnya terdapat angka 1520, dua digit pertama menunjukan minggu produksi ban itu dibuat. Digit kedua terakhir menjelaskan tahun pembuatan. 

Baca juga:  Inilah Cara Mudah Melihat dan Mengukur PCD Velg Mobil

Dengan angka tersebut, berarti ban dibuat pada bulan keempat di tahun 2020. Jika dihitung dari sekarang ban ini masih tergolong baru dan masih layak untuk mengaspal di jalanan. 

Mengecek ban serep mobil ternyata cukup mudah. Pastikan selalu agar kondisi ban selalu bagus, mudah dijangkau ketika dibutuhkan, aman, dan tentunya bisa dipakai.

Terakhir, jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan ban mobil secara berkala. Lakukan pengecekan berstandar dan prosedur yang tepat di bengkel-bengkel mobil yang resmi ya! 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.