Search Cars

Tips & Rekomendasi

Perlukah Mengganti Kaca Film Mobil Bonus dari Dealer?

Biasanya jadi bonus dari dealer saat kamu beli mobil baru. Bagaimana dengan kualitasnya? Perlukah mengganti kaca film tersebut?

mengganti kaca mobil

Memasang dan mengganti kaca film biasa dilakukan oleh pemilik mobil demi memoles tampilan mobil barunya. Terlebih memberikan bonus kaca film saat beli mobil baru adalah hal yang lumrah dilakukan dealer

Namun tidak semua pembeli mobil baru suka dengan bonus tersebut. Umumnya bonus kaca film yang diberikan berkualitas standar, kecuali kamu membeli mobil baru premium.

Jadi, apakah penting mengganti kaca film yang kamu dapat sebagai bonus dari pembelian mobil baru?

fugnsi kaca mobil

Fungsi kaca film mobil

Sesuai dengan namanya, pemasangan kaca film akan memberikan kenyamanan sekaligus keamanan bagi pemilik mobil. Beberapa fungsi penting dari kaca film, seperti misalnya adalah memberikan rasa privasi bagi pemilik kendaraan.

Baca juga: Step by Step Cara Beli Mobil Online

Kaca film untuk mobil juga membuat kendaraan tampil lebih elegan. Apalagi jika warna kaca film senada dengan warna cat kendaraan tersebut.  

Fungsi lain dari kaca film adalah mampu mengirit konsumsi bahan bakar kendaraan. Secara sederhana, kaca film akan membuat suhu kabin menjadi lebih sejuk. Hal ini membuat kinerja AC lebih ringan dan otomatis membuat konsumsi BBM lebih efisien.

Bahaya sinar ultraviolet (UV) bagi kesehatan tentu sudah jamak diketahui. Nah, salah satu fitur yang ada pada kaca film mobil adalah kemampuan menyaring paparan sinar UV. 

Baca juga: Mobil Brebet Saat Digas, Apa Sih Penyebabnya?

Tidak ketinggalan, kaca film juga dapat mengurangi cidera karena terkena pecahan kaca saat terjadi kecelakaan. 

interior Rocky

Kualitas kaca film mobil

Tentu saja, tidak semua kaca film yang beredar di pasaran atau yang diberikan oleh dealer memiliki kualitas tinggi dan berumur panjang. Sebelum mengganti, ada beberapa ciri kaca film berkualitas yang bisa menjadi perhatian konsumen.

Kaca film yang baik akan bersifat memantulkan sinar panas dan tidak malah menyerapnya. Untuk membuktikan hal ini biasanya akan disorot dengan lampu HID 5.000 watt selama beberapa saat. Kaca film yang menyerap sinar akan bolong sementara yang bagus akan tetap utuh.

Baca juga: 5 Cara Kredit Mobil Baru dengan Aman dan Mudah

Kemudian, kaca film yang baik juga akan tetap membuat pandangan dari dalam kabin tetap terang. Meskipun kaca film tersebut memiliki tingkat gelap yang tinggi (di atas 60 persen).

Untuk ketebalan, maka kaca film yang baik umumnya memiliki dimensi tebal 1,5 sampai 1,7 mikro. Meskipun tipis, kaca film yang baik tetap kaku. Sementara yang palsu akan lentur. 

Satu lagi, kaca film bagus biasanya akan memberikan kartu garansi untuk klaim kepuasan pelanggan. 

mengganti kaca mobil

Mengganti kaca film mobil

Beberapa hal di atas dapat menjadi pertimbangan kamu untuk mengganti kaca film dari dealer.  Nah, ada beberapa tips yang bisa kamu perhatikan jika ingin mengganti kaca film mobil di bengkel-bengkel variasi.

Baca juga: 7 Cara Merawat Power Steering Mobil dan Jenisnya

  1. Sesuaikan dengan anggaran. Harus diakui, semakin mahal harga kaca film mobil maka kualitasnya akan semakin baik.
  2. Pastikan membeli dan pasang kaca film pada bengkel variasi yang mendapatkan lisensi resmi pabrikan kaca film. Hal ini untuk menghindari terjadinya pemalsuan dan hal yang merugikan konsumen.
  3. Pilih yang mempunyai fitur UV 400. Fitur ini mampu menolak sinar matahari sampai 99 persen dan memberikan kenyamanan bagi pengendara kendaraan.     
  4. Tetap terlihat cerah dari dalam kabin. Meski mempunyai tingkat prosentase gelap yang tinggi, kaca film yang baik dan berkualitas tetap memiliki visibilitas baik bagi pengemudi.  
  5. Sesuaikan warna kaca film dengan warna kendaraan. Ini tentunya akan mempercantik tampilan mobilmu.
  6. Aturan kaca film mobil. Pilih tingkat gelap kaca film yang disarankan sesuai peraturan SK Menhub No.KM439/U/Phb-76 tentang Penggunaan Kaca pada Kendaraan Bermotor.  

Baca juga: Shockbreaker Mobil Bocor, Apa Dampak dan Bahayanya?

Nah demikian penjelasan singkat untuk menjadi pertimbangan saat ingin mengganti kaca film mobil pemberian dari dealer

Jangan lupa, pastikan beli mobil mobil baru Jelas dari Awal yang mudah dan nyaman hanya di SEVA. Selain terjamin kualitas produknya, tersedia juga fitur Instant Approval yang memudahkan konsumen dalam proses pembelian mobil secara kredit. Segera pilih dan beli mobil idaman di SEVA sekarang juga!

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.