Kenapa Pewangi Mobil Bisa Bikin Mabuk Darat?

Jangan salah pilih, ternyata pewangi mobil bisa bikin mabuk darat, apa penyebabnya?

pewangi mobil bisa bikin mabuk darat

Selain menghilangkan bau tidak sedap, pewangi mobil dapat membuat pengemudi dan penumpang semakin nyaman ketika berkendara.

Yap, membuat interior menjadi harum memang tidak ada salahnya, tetapi jangan salah pilih, pewangi mobil bisa bikin mabuk darat loh.

Mabuk darat adalah kondisi seperti pusing, mual, wajah pucat, keringat dingin, perut tidak nyaman, atau muntah saat perjalanan menggunakan mobil atau kendaraan darat lainnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Kabin Bau Apek Pada Mobil yang Jarang Dipakai

Hal ini bisa terjadi karena kondisi badan seseorang yang tidak fit, umumnya pada anak-anak 5-12 tahun, wanita yang sedang menstruasi, wanita hamil, dan orang lanjut usia.

pewangi mobil bisa bikin mabuk darat

Pewangi mobil bisa bikin mabuk darat

Salah satu penyebab mabuk darat adalah penggunaan pewangi mobil yang tidak tepat, ditambah dengan kondisi badan yang tidak fit.

Saat mencium aroma wewangian yang menyengat secara simultan dan terus-menerus, maka akan mempengaruhi kondisi psikis sehingga menjadi penyebab pewangi mobil bisa bikin mabuk darat.

Aroma wewangian sangat berpengaruh pada kondisi psikis dan badan karena indera penciuman berhubungan erat dengan saraf dan peredaran darah.

Baca juga: Pengharum Mobil Bikin Kanker? Mungkin Ini Penyebabnya

Tidak hanya itu, masih banyak efek berbahaya yang mungkin timbul dari penggunaan pewangi mobil, seperti gangguan penafasan, gangguan janin, hingga kanker.

Untuk itu hindari menggunakan pewangi mobil yang memiliki aroma menyengat dan memasukkan makanan atau minuman beraroma kuat seperti durian.

pewangi mobil bisa bikin mabuk darat

Bahan pewangi mobil

Saat ini, pewangi mobil tersedia dalam berbagai jenis dan bentuk, mulai dari cair, gel, padat, yang dapat diletakkan di kaca spion tengah, dashboard, kisi-kisi AC, dan sebagainya.

Baca juga: Manfaat Kopi, Jadi Pengharum dan Penghilang Bau di Kabin Mobil

Pada umumnya, bahan dasar pewangi mobil terbagi menjadi 2 jenis yaitu air dan minyak.

Pewangi berbahan dasar minyak biasanya lebih wangi dan tahan lama dibandingkan dengan yang berbahan dasar air. Tidak heran jika harganya terkadang lebih mahal.

Namun, lebih mahal, bukan berarti lebih baik. Justru pengharum waterbase lebih aman karena pewangi berbahan dasar minyak menggunakan bahan kimia lebih banyak seperti pelarut jenis isoparafin dan diethyl phthalate.

Selain itu, pilih merek yang sudah terdaftar di Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

pewangi mobil bisa bikin mabuk darat

Aroma pewangi mobil

Kamu bisa memilih aroma pewangi mobil yang menenangkan dan tidak terlalu menyengat. Contohnya aroma kopi yang menghasilkan wangi alami dan cenderung segar.

Baca juga: 5 Penyebab Mobil Limbung yang Berbahaya Bagi Pengemudi

Dengan menggunakan kopi pewangi mobil, kamu dapat menghadirkan suasana kabin yang nyaman, terlebih bagi yang memang sensitif terhadap bau-bauan.

Jika tidak begitu suka wangi kopi, kamu juga dapat memilih wangi teh dan lemon yang merangsang pikiran agar lebih tenang dan segar.

Paduan keduanya juga dapat menjauhkan rasa kantuk ketika mengemudi dan dipercaya mampu menurunkan jantung yang berdetak terlalu kencang.

Baca juga: Hal yang Bakal Kejadian Kalau Lupa Menurunkan Hand Brake

Bila suka aroma bunga, kamu bisa pilih pewangi mobil dengan aroma mawar yang menenangkan sekaligus memberikan nuansa segar di dalam kabin.

Terakhir, rekomendasi pewangi mobil yang tidak bikin mabuk darat adalah paduan cinnamon dan pepermint. Keduanya dapat meningkatkan konsentrasi serta menurunkan emosi dan stres.

Jadi, jangan salah pilih pewangi mobil ya. Jangan sampai malah menyebabkan mabuk darat yang nantinya konsentrasi mengemudi terganggu dan perjalanan tidak nyaman.