Mobil Taksi Online, Mending Beli Baru atau Bekas?

Bingung memutuskan beli untuk usaha taksi online, baru atau beli mobil bekas? Jangan pusing kelamaan, nih rekomendasinya!

mobil taksi online

Sebelum memilih mobil untuk usaha taksi online, mitra pengemudi harus memperhatikan sejumlah ketentuan.

Selain jenis mobil yang digunakan, ada juga aturan tentang usia kendaraan hingga pajak yang semuanya harus terpenuhi.

Cari tahu selengkapnya, apa saja keuntungan membeli mobil baru dan bekas sebelum memulai usaha sebagai pengemudi taksi online?

mobil taksi online

Keuntungan beli mobil baru

Tentu saja beli mobil baru untuk usaha taksi online membawa banyak keuntungan, misalnya masih mendapatkan gratis service, garansi mesin sampai keuntungan perlindungan dari asuransi. Diskon pembelian spare part juga menjadi nilai tambah yang menguntungkan pemilik.

Baca juga: Jenis-Jenis Mobil yang Cocok Dipakai di Jakarta Hajatan

Kondisi mobil yang prima dan gres akan menjamin kenyamanan saat digunakan. Selain itu, karena masih baru, maka pemilik kendaraan akan terbebas dari biaya perawatan yang besar. Sangat pas tentunya untuk memulai usaha taksi online.

Keuntungan lain, mobil baru dipastikan bebas dari masalah pajak dan kelengkapan standar keselamatan. Hal yang juga menjadi nilai plus serta memudahkan proses pendaftaran ke perusahaan taksi online.

Baca juga: Jenis Minyak Rem Mobil dan Perbedaannya, Jangan Salah Isi!

Kekurangan beli mobil baru

Hanya saja, satu hal yang patut dipertimbangkan sebagai kekurangan mobil baru. Faktor mobil baru yang langsung digunakan sebagai taksi online akan memunculkan perasaan eman-eman atau terasa sia-sia. 

Karena umumnya mobil baru akan dinikmati semaksimal mungkin untuk kepentingan pribadi dan keluarga. Jadi rasanya membeli mobil baru untuk digunakan langsung sebagai taksi online akan dirasa menjadi pembelian yang mubazir.

city car bekas

Kelebihan beli mobil bekas

Sementara itu membeli mobil bekas untuk dijadikan taksi online, juga memiliki sejumlah keuntungan, misalnya adalah harga yang jauh lebih murah. Hal ini menjadi salah satu faktor yang amat menguntungkan dalam efisiensi dana sebelum memulai usaha taksi online.

Baca juga: Ban Mobil Perlu Dirotasi, Apa Alasannya dan Bagaimana Caranya?

Membeli mobil bekas juga kini dapat dengan mudah dilakukan karena banyak perusahaan pembiayaan kredit yang memfasilitasinya. Bahkan tidak jarang memberikan promo pembelian mobil bekas dengan beraneka bonus menggiurkan.

Keuntungan lain, jika bisa memilih dan cermat, maka kamu akan mendapatkan mobil bekas dengan fitur dan kondisi yang masih cukup bagus. Istilahnya sih, minim PR tinggal pakai saja.

mobil taksi online

Kekurangan beli mobil bekas

Selain keuntungan, tentu ada sejumlah hal minus yang harus diperhatikan oleh calon pembeli mobil bekas. Pertama, jika memutuskan membeli mobil bekas secara kredit maka bunga cicilannya dipastikan lebih besar ketimbang mobil baru.

Baca juga: Nama Jalan di Jakarta yang Baru Diganti, Jangan Sampai Nyasar

Kedua, masalah perawatan dan kondisi kendaraan tentu harus menjadi perhatian. Umumnya perusahaan taksi online mencari mobil dengan kriteria tahun yang muda misal belum melebihi usia 7 tahun. 

Kekurangan ketiga, biasanya identik dengan kenyamanan. Mobil bekas diasosiasikan dengan rasa kurang nyaman saat digunakan. Nah, sebaiknya pertimbangkan beberapa kondisi di atas sebelum memutuskan membeli mobil bekas ya.

Mobil ideal

Untuk memulai usaha sebagai pengemudi taksi online, jangan sampai salah pilih mobil yang peruntukannya tepat. 

Baca juga: Mobil Daihatsu Terbaru yang Cocok Buat Road Trip Liburan Sekolah

Jenis mobil yang umumnya dipakai sebagai taksi online biasanya berjenis multi purpose vehicle (MPV) dan low cost green car (LCGC) seperti Toyota All New Avanza, Toyota New Agya, dan Toyota New Calya.

Sementara dari pabrikan Daihatsu pilihannya ada Daihatsu All New Xenia, Daihatsu New Sirion, Daihatsu Sigra, dan Daihatsu New Ayla yang menjadi favorit karena mesin bandel dan perawatan yang relatif mudah.

Kepo dengan ragam fitur dan keunggulan dari deretan mobil-mobil tersebut? Cek aja langsung di SEVA. Manfaatkan juga fitur Instant Approval untuk membantu mensimulasikan proses pembelian mobil. 
Eits, jangan lupa ada bonus tambahan jika pembelianmu disetujui.

Mantap kan? Tunggu apalagi, beli mobil baru yang nyaman, aman dan Jelas dari Awal cuma di SEVA!