Harga Mobil Listrik di Bawah Rp 1 M, Dapat Apa Saja?

Penasaran dengan harga mobil listrik? Dengan dana 1 Miliar, apa saja merek yang bisa kamu bawa pulang? Yuk, kepoin rekomendasinya.

harga mobil listrik

Harga mobil listrik dipengaruhi oleh komponen baterai. Semakin besar kapasitas baterai, biasanya harga mobil listrik akan semakin mahal.

Dengan uang sejumlah Rp 1 miliar, kira-kira mobil listrik apa saja yang dapat dibeli? Bagaimana dengan spesifikasinya? Yuk, simak rekomendasi mobil listrik murah dengan spesifikasi singkatnya di bawah ini. 

Mini Electric

Mobil listrik berikutnya yang dapat kamu beli dengan dana Rp 1 miliar adalah Mini Electric yang hadir dalam desain 3 pintu ikonik.

Baca juga: Ngecas Mobil Listrik vs Biaya Isi Bensin, Mana Lebih Hemat?

Mobil listrik Mini Electric menggunakan motor listrik berkapasitas 32,6 kWh yang mampu menempuh jarak sekitar 232 kilometer sekali pengisian.

MINI Electric

Selain itu, si kecil lincah ini dapat menghasilkan tenaga 135 kW atau setara 184 daya kuda, membuatnya mampu dibesut hingga kecepatan maksimum 150 kilometer per jam.

Harganya? Mobil ini ditawarkan dengan harga Rp 1,1 miliar untuk kondisi on the road DKI Jakarta.

Mobil listrik di bawah 1 Miliar

Untuk mobil listrik dengan jangkauan harga di bawah Rp 1 Miliar, terdapat cukup banyak pilihan yang bisa kamu jadikan rekomendasi. Apa saja itu?

harga mobil listrik

Wuling

Salah satu pabrik mobil asal negeri China, Wuling mengeluarkan produk mobil listrik yang diberi nama Wuling Air EV. Sebagai informasi, pemesanan mobil listrik murah ini di ajang GIIAS 2022 kemarin hampir mencapai 2.000 unit!

Baca juga: Kredit Mobil Mewah Rp 1M, Berapa Sih DP dan Cicilannya?

Mengapa begitu laris? Mobil listrik mungil dengan desain kompak ini ternyata dibanderol harga yang cukup murah. Dengan Rp 238 juta, kamu sudah bisa memiliki mobil Wuling Air EV varian standard range.

Varian ini diklaim mampu menempuh jarak maksimal 200 kilometer, berkat baterai 17 kWh (Kilowatt per hour). Sedangkan untuk varian long range dapat melahap jarak 300 kilometer dengan dukungan baterai 26 kWh. Harganya sekitar Rp 311 juta!

DP ringan GIIAS 2022

DFSK

Produsen mobil listrik DFSK, juga asal negeri Tirai Bambu, merilis mobil listrik murah. Berbeda dengan Wuling, desain mobil listrik DFSK adalah berjenis minibus yang dinamai DFSK Gelora Electric.

Baca juga: Dukung Wisata Danau Toba, Toyota Hadirkan Mobil Listrik

Desain bodinya yang kotak, ditambah lagi penggunaan pintu geser membuat mobil listrik ini tampil berbeda. Daya jelajahnya sampai 300 kilometer dengan dukungan baterai ion lithium sebesar 42 kWh.

Mobil yang diklaim mampu memuat 7 penumpang ini dijual Rp 582 juta. Bahkan Pemprov DKI Jakarta sudah menguji coba kendaraan ini sebagai mobil pengangkut penumpang dalam sistem transportasi Jak Lingko. 

Harga Mobil Listrik Nissan

Pabrikan asal Jepang, Nissan juga mempunyai produk mobil listrik dengan harga terjangkau. Nissan Leaf resmi diluncurkan ke masyarakat Indonesia pada Agustus 2021 lalu.

Baca juga: Mobil Konsep dan Mobil Listrik Terbaru yang Ada di GIIAS 2022

Dengan harga Rp 728 juta, kamu bisa membawa pulang Nissan Leaf one tone. Sementara versi dua warna atau Nissan Leaf two tone dilepas seharga Rp 730 juta! Keduanya punya daya jelajah maksimal 311 kilometer.

Mobil ini tampil dalam desain hatchback yang mampu mengangkut 5 penumpang. Baterai yang dibenamkan berdaya 40 kWh. Gimana, kamu tertarik mencobanya?

Hyundai

Meski bukan termasuk mobil listrik murah, Hyundai Ioniq 5 ternyata cukup diminati konsumen. Penjualannya sebelum GIIAS 2022 dikatakan nyaris menyentuh angka 3.500 unit.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Mobil Listrik

Hyundai Ioniq 5 dipasarkan dalam empat varian, yakni Prime Standard Range (Rp 718 juta), Prime Long Rang (Rp 759 juta), Signature Standard Range (779 juta), dan Signature Long Range (Rp 829 juta) on the road wilayah DKI Jakarta.

Daya jelajah varian Prime Standard Range dan Signature Standard Range sama-sama dapat melaju sejauh 384 kilometer. Lalu varian Prime Long Range mampu melalap 481 kilometer dan varian Signature Long Range 451 kilometer.

Varian Signature Long Range sebagai opsi tertinggi justru memiliki jarak tempuh yang lebih pendek dibandingkan Prime Long Range. Pasalnya bobot mobil tersebut jauh lebih berat dari varian lainnya.

Baca juga: Plat Nomor Cantik Mobil Listrik, Berapa Biaya Bikinnya?

Hyundai juga punya mobil listrik dengan harga Rp 742 juta, yaitu Hyundai Kona. Bertipe SUV (Sport Utility Vehicle) dengan daya angkut 5 penumpang. Baterainya berkapasitas 39 kWH dengan daya jelajah sekali isi sampai 373 kilometer.

Harga mobil listrik di atas 1 miliar

Untuk deretan mobil listrik di atas harga Rp 1 miliar, selain MINI Electric, kamu bisa melirik beberapa rekomendasinya di sini.

harga mobil listrik

Lexus

Mobil listrik premium yang bisa kamu beli adalah Lexus UX 300e dibanderol harga Rp 1,4 miliar untuk on the road DKI Jakarta. Mampu melalap jarak maksimal 300 kilometer, berkat dukungan baterai 54,3 kWh.

Baca juga: Bagaimana Sih Aturan Mobil Listrik di Indonesia

Fitur keamanannya dibekali 10 SRS Airbag di kabin, LIne Tracing Assist, Pre Collision System, Blind Spot Monitoring, Dynamic Radar Cruise Control, hingga Panoramic View Monitor.

Kemewahan dan ketangguhan dari mobil ini membawanya sebagai kendaraan resmi acara KTT G20 di Bali pada bulan November mendatang. Keren kan?

BMW GIIAS 2022

BMW

Mobil listrik di atas Rp 1 miliar berikutnya adalah BMW i4 xDrive40e M Sport yang dijual seharga Rp 1,9 miliar. Kapasitas baterainya sebesar 80,7 kWh untuk hasilkan jangkauan lebih dari 580 kilometer. Wow!

Baca juga: Toyota Innova Hybrid Bisa Dipesan? Intip Dulu Detailnya

DNA sedan sportnya terasa dari daya yang dihasilkan. Mobil ini mampu memproduksi sampai 340 daya kuda dan melalap 0-100 kilometer per jam dalam tempo 5,7 detik.

Sedangkan konsumsi daya listriknya tercatat 19,9 kWh per 100 kilometer. Sangat irit dan jelas ramah lingkungan!

BMW GIIAS 2022

Mobil listrik lainnya ada BMW iX xDrive40. Sport Activity Vehicle (SAV) yang ditopang oleh tenaga dari motor listrik ganda, mampu memproduksi sampai 240 kW atau setara tenaga maksimum 326 daya kuda! 

Baca juga: Toyota Corolla Cross Hybrid dan Toyota C-HR Hybrid, Pilih Mana?

Kapasitas baterai BMW iX xDrive40 sebesar 76,6 kWh untuk hasilkan jangkauan lebih dari 420 kilometer. Konsumsi baterainya? Rata-rata dalam siklus WLTP di bawah 20 kWh (kiloWatt per hour) untuk jarak 100 kilometer.   

Harga off the road BMW iX xDrive40 adalah Rp 2.267.000.000. Kamu tertarik untuk memilikinya?

Mobil-mobil listrik memang memiliki tenaga dan torsi yang lebih responsif ketimbang mobil konvensional. Alangkah baiknya, pengemudi sebaiknya membiasakan diri dengan hal itu demi keamanan dan keselamatan berkendara. 

modifikasi mobil hybrid

Sebelum beralih ke mobil listrik, kamu dapat juga mencoba merasakan sensasi berkendara dengan mobil-mobil hybrid. Misalnya dengan mobil-mobil Toyota All New Corolla Altis, Toyota All New Corolla Cross Hybrid, Toyota All New Camry Hybrid, atau Toyota All New C-HR Hybrid.

Baca juga: Kenali Hal Penting Dalam Perawatan Mesin Hybrid

SatSet langsung ke SEVA, lihat spesifikasi lengkap dan ajukan pembelian dengan fitur Instant Approval. Ada juga Loan Calculator yang akan menghitung pengajuan cicilan sesuai kemampuanmu! Pokoknya, beli mobil yang Jelas dari Awal ya cuma di SEVA.