Kenali Hal Penting Dalam Perawatan Mesin Hybrid

Siapa bilang perawatan mesin hybrid susah? Gini nih beda caranya dengan merawat mesin bensin biasa yang belum diketahui banyak orang.

perawatan mesin hybrid

Perawatan mesin hybrid mulai banyak dicari tahu. Hal ini karena ada anggapan teknologi hybrid tergolong baru di Indonesia dan mesinnya cukup kompleks.

Padahal seperti layaknya mobil bermesin konvensional, merawat mobil hybrid bisa juga dilakukan sendiri oleh pemilik kendaraan. Namun tetap ada sejumlah hal yang dilarang dilakukan pada mobil hybrid

Supaya tidak bingung dan penasaran, nih beberapa cara merawat mobil bermesin hybrid agar performanya selalu terjaga.

Baca juga: Rekomendasi Mobil Penumpang Paling Nyaman

Perawatan mesin hybrid

Berikut adalah sejumlah perawatan mobil hybrid yang bisa dilakukan sendiri di rumah oleh pemilik kendaraan. 

Periksa radiator.

Hal pertama adalah rutin memeriksa kondisi radiator dan komponen yang berhubungan dengan sistem pendingin kendaraan. Usahakan menjaga kecukupan air radiator, menambahkan radiator coolant, periksa selang dan saluran penghubung, extra fan dan semua yang terkait.

Pembersihan kapas filter.

Caranya cukup mudah dengan melepas kapas filter blower pada baterai yang letaknya ada di bawah jok. Lakukan pembersihan filter ini setiap 6 bulan sekali atau setiap 10 ribu kilometer. Jika rusak, harga komponen ini juga cukup murah, berkisar di bawah Rp 100.000.  

Baca juga: Simulasi Kredit Mobil LCGC, Mana Paling Terjangkau?

Jangan cuci mesin.

Untuk pemilik mobil hybrid, jangan biasakan mencuci mobil sendiri apalagi sampai mencuci ruang mesin dengan air bertekanan tinggi. Komponen kelistrikannya rentan terkena air dan bisa menimbulkan kerusakan jika tidak dijaga. Jika ingin mencuci mobil hybrid sebaiknya konsultasikan dan lakukan di bengkel resmi.  

perawatan mesin hybrid

Memeriksa baterai.

Bagi pemilik mobil hybrid baru, masalah baterai biasanya tidak perlu dicek karena ada jaminan garansi. Namun bagi pemilik mobil hybrid bekas, sebaiknya rutin lakukan pemeriksaan baterai. 

Bawalah ke dealer atau bengkel resmi pabrikannya karena baterai hybrid biasanya mengalami penurunan kualitas setelah 10 tahun masa pemakaian.

Baca juga: Rangkaian Hari Ulang Tahun Jakarta ke-495, Ada Banyak Promo!

Tips lain yang harus dilakukan pemilik mobil hybrid adalah, membaca dan mengikuti petunjuk pada buku manual kendaraan. Salah satunya adalah panduan merawat mesin bensin pada mobil hybrid. Apa saja yang harus diperhatikan?

Merawat mesin bensin hybrid

Seperti diketahui, mobil hybrid menggunakan tenaga dari mesin bensin dan baterai. Untuk merawat mesin bensin pada mobil hybrid apakah berbeda? Ini panduan singkatnya.

oli mesin

Cek oli mesin

Mesin bensin pada mobil hybrid umumnya sama dengan mesin mobil konvensional. sehingga tetap harus dirawat, seperti penggantian oli mesin, termasuk filternya. Pastikan jadwal penggantian oli mesin sesuai ketentuan, yaitu setiap 10 ribu kilometer,

Periksa kampas rem

Pada mobil hybrid, biasanya kampas rem lebih awet dari mobil konvensional karena adanya sistem regenerative braking. Sistem ini membantu pengereman mobil dengan listrik sehingga usia kampas rem lebih panjang. Namun demikian tetap perlu memperhatikan kondisinya secara rutin.

Baca juga: 7 Rambu Lalu Lintas yang Sering Dilanggar Pengendara

tekanan angin ban

Tekanan angin ban

Pastikan tekanan angin pada ban stabil. Ban yang kurang tekanannya akan memperberat kinerja mesin dan baterai. Jadi, demi awet dan optimalnya mobil hybrid, memeriksa tekanan angin ban wajib dilakukan.

Tips lain yang bisa dilakukan adalah dengan rutin memakai kendaraan hybrid. Dengan sering dioperasikan maka akan memelihara masa pakai baterai kendaraan. Baterai yang jarang dipakai mengakibatkan arusnya melemah dan pada akhirnya berujung rusak.

Untuk diketahui, biaya penggantian baterai pada mobil hybrid cukup mahal. Sebagai gambaran, baterai baru pada mobil hybrid rata-rata seharga Rp 30.000.000 atau lebih! 

Baca juga: Tips Membersihkan & Menghilangkan Noda Aspal di Bodi Mobil

Tidak mau kan keluar uang banyak untuk itu? Mulai sekarang sebaiknya rutin memeriksa dan merawat mobil hybrid karena mudah dan murah biayanya. 

Bagi kamu yang ingin mengenal lebih jauh mobil hybrid, bisa langsung cek daftarnya di SEVA. Kamu bisa memilih beragam jenis mobil hybrid sebut saja Toyota All New Camry 2.5 L A/T, Toyota All New Corolla Cross 1.8 Hybrid A/T, dan lain-lain. 

Pastikan membeli mobilnya dengan fitur Instant Approval ya, karena ada bonus tambahan jika pengajuan pembelianmu disetujui. Beli mobil yang Jelas dari Awal, ya cuma di SEVA!