Toyota Innova Hybrid Bisa Dipesan? Intip Dulu Detailnya

Toyota Innova Hybrid dikabarkan akan diluncurkan dalam waktu dekat dan sudah bisa dipesan langsung. Bagaimana detailnya?

toyota innova hybrid

Toyota Innova Hybrid menjadi salah satu mobil yang cukup banyak ditunggu peluncurannya. Dalam waktu dekat, mobil hybrid terbaru dari Toyota ini sudah bisa dipesan oleh para konsumen di Indonesia. 

Bahkan Kementerian Perhubungan juga menyebutkan bahwa mobil tersebut sudah mengantongi Sertifikat Uji Tipe (SUT). Untuk lebih tepatnya, disebutkan bahwa mobil ini akan diluncurkan secara resmi sekitar bulan Oktober atau November 2022 mendatang. 

Mobil MPV ini juga nantinya akan hadir dalam 3 varian, yaitu varian G, V, dan Q. Varian-varian tersebut akan menjadi pelengkap dari varian bensin. Lantas, apa saja informasi detail mengenai Toyota Innova Hybrid ini?

spesifikasi

Spesifikasi Toyota Innova Hybrid

Sampai saat ini memang belum ada data resmi mengenai spesifikasi Toyota Innova Hybrid. Padahal informasi mengenai spesifikasi menjadi hal yang cukup ditunggu oleh para calon konsumen karena mobil ini menjadi salah satu mobil keluarga favorit. 

Mesin 

Sesuai dengan namanya, mobil ini akan menggunakan teknologi hybrid yang menggabungkan motor listrik dan mesin bensin. Untuk saat ini, Toyota Innova memang menggunakan 2 pilihan mesin yaitu 2.000 cc untuk bensin dan 2.400 cc untuk diesel. 

Baca juga: 10 Mobil Sedan Paling Laris Agustus 2022, Siapa Juaranya?

Beberapa prediksi menyebutkan bahwa untuk versi hybrid ini akan menggunakan mesin bensin saja, tidak menggunakan mesin diesel. Ada kemungkinan mesin yang digunakan adalah mesin 2.0 dengan Toyota Hybrid System II.

eksterior

Eksterior

Menjadi salah satu mobil terbaru, tentunya dari segi eksterior pun akan mengalami perubahan. Salah satu prediksi mengenai bentuk dari Toyota Innova Hybrid ini mungkin tidak jauh berbeda dengan mobil konsep Toyota Innova EV yang diperkenalkan pada ajang IIMS 2022 lalu. 

Prediksi lain juga menyebutkan bahwa mobil ini akan memiliki desain pada bagian grill yang mirip dengan Toyota Corolla Cross namun dengan ukuran yang lebih kecil. 

fitur

Fitur

Mengenai fitur yang akan disematkan, dari segi keselamatan dikabarkan akan menganut sistem  ADAS (Advanced Driver Assistance System) yang merupakan bagian dari TSS (Toyota Safety Sense) yang memang saat ini sudah ada di beberapa mobil Toyota lainnya.

Baca juga: Lampu Sein Mobil Mati Mendadak, Apa Saja Penyebabnya?

Sistem ADAS ini dapat membuat mobil berjalan sendiri atau semi otonom. Pada sistem ADAS, terdapat ACC (Adaptive Cruise Control) yang berguna untuk menyesuaikan kecepatan mobil dengan kendaraan lain di depan secara otomatis serta mengatur jarak aman.

Selain itu ada juga BCA (Bend Cruise Assistance) untuk mengurangi kecepatan secara otomatis ketika mobil masuk ke tikungan, TJA (Traffic Jam Assistance), dan ICA (Intelligent Cruise Assistance) yang membantu pengemudi mengetahui jarak aman saat kondisi lalu lintas padat ataupun lancar.

innova diesel

Bagaimana nasib Toyota Innova diesel?

Dengan adanya kehadiran Toyota Innova Hybrid, dikabarkan Toyota Innova diesel akan tidak diproduksi lagi kedepannya. Namun hal ini masih belum bisa dikonfirmasi kebenarannya mengingat varian diesel ini sampai saat ini masih bisa dipesan. 

Baca juga: Kredit Mobil Mewah Rp 1M, Berapa Sih DP dan Cicilannya?

Dikutip dari CNN Indonesia, Direktur Marketing Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy juga menyebutkan bahwa produksi Toyota Innova diesel ini sampai sekarang masih diproduksi. Dirinya juga masih belum bisa berkomentar lebih jauh mengenai Toyota Innova varian hybrid. 

Meskipun sampai saat ini informasi peluncuran Toyota Innova Hybrid masih berupa prediksi, kalau sudah resmi apakah kalian tertarik untuk membelinya?