Tips & Rekomendasi

Lampu Sein Mobil Mati Mendadak, Apa Saja Penyebabnya?

Lampu sein mobil mati tiba-tiba, tentu ada sebabnya. Cari tahu yuk, apa saja hal yang mungkin membuat kondisi ini terjadi.

lampu sein mobil mati

Lampu sein mobil mati tidak melulu akan menimpa mobil tua. Pada mobil-mobil yang masih terbilang baru, kondisi ini bisa juga terjadi.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya. Salah satunya adalah kebiasaan mencuci mobil dengan alat steam bertekanan tinggi. Ini akibatkan air masuk melalui celah rumah lampu dan berujung sebabkan konslet.

Untuk diketahui, lampu sein memegang peranan penting dalam kendaraan. Fungsinya sebagai penanda untuk berbelok atau berbalik arah. Bayangkan jika kendaraan berjalan tanpa dilengkapi lampu sein? Akan sangat membahayakan bukan? 

Baca juga: Penggunaan Lampu Strobo di Jalan, Tidak Boleh Sembarangan

Jika lampu ini mati mendadak, tentu disebabkan oleh hal yang berhubungan dengan kelistrikan. Ayo kenali dan cari tahu cara pencegahannya.

sekring mobil

Penyebab lampu sein mobil mati 

Penyebab utama yang membuat lampu sein mobil mati mendadak bisa dikarenakan oleh hal-hal sebagai berikut.

Masalah sekring

Umumnya kejadian sekring putus ini karena adanya arus besar yang mengalir ke lampu sein. Sekring berfungsi mengamankan agar lampu tidak putus dan kelebihan beban. Kamu bisa mengganti sekring yang putus dan mengecek kembali apakah lampu sein berfungsi normal.

Bohlam lampu putus

Kemungkinan lampu sein mobil mati juga bisa disebabkan oleh bohlam lampunya putus. Ini lazim terjadi jika kendaraan masih menggunakan bola lampu pijar. Untuk mengatasi kamu bisa menukar lampu sein dengan model lampu LED. 

Baca juga: Modifikasi Lampu Sein Sequential, Berapa Harganya?

Lampu jenis ini selain lebih awet dan cahayanya lebih terang, juga terbukti hemat daya. Faktor ini dapat membuat kinerja aki mobil lebih ringan dan usia pakainya lebih tahan lama. 

lampu sein mobil mati

Gangguan pada kabel

Penyebab lain bisa juga karena ada gangguan pada jalur kabel menuju lampu sein. Kondisi ini bisa disebabkan kabel putus akibat getas atau gigitan tikus. Usahakan untuk mengganti kabel dengan yang sesuai rekomendasi pabrikan. 

Flasher rusak buat lampu sein mobil mati

Hal berikutnya adalah kerusakan flasher. Alat ini membuat lampu sein dapat menyala berkedip. Adanya gangguan dan kerusakan pada komponen ini bisa mengakibatkan lampu sein mati mendadak atau bercahaya redup.

Baca juga: Mika Lampu Berembun, Bagaimana Solusinya?

Untuk menggantinya, harga onderdil ini cukup mahal. Misal untuk Toyota All New Avanza, Daihatsu All New Xenia, Toyota All New Rush, Daihatsu All New Terios, Toyota New Agya dan Daihatsu New Ayla harga flasher lampu sein di kisaran Rp 400 ribuan. 

air aki mobil

Aki lemah

Kondisi terakhir yang juga dapat menyebabkan lampu sein mobil mati mendadak adalah gangguan pada aki. Jika kondisi aki sudah melemah, maka dapat menjadi penyebab lampu sein tidak berfungsi dengan optimal.

Biasanya, kondisi aki yang lemah ditandai dengan lambang baterai menyala warna merah pada layar MID (Multi Information Display) di bagian speedometer kendaraan.

Baca juga: Informasi pada MID, Apa Saja yang Ada di Dalamnya?

Karena semua fungsi kelistrikan kendaraan termasuk lampu sein berhubungan dengan aki, maka mengecek kondisi aki secara rutin, terutama yang masih menggunakan aki model basah, wajib hukumnya! 

Rawat lampu sein agar awet dan berumur panjang juga bisa dilakukan secara mudah. Begini caranya!

lampu sein mobil mati

Merawat sein mobil

Agar lampu sein dapat berfungsi maksimal, kamu dapat mengikuti panduan cara perawatannya di bawah ini. Sangat mudah loh!

  • Belilah bohlam lampu sein sesuai rekomendasi pabrik. Jika ingin memodifikasinya, sesuaikan dengan daya dari aki agar tidak tekor atau malah menyebabkan lampu cepat putus.
  • Pastikan mika lampu sein tidak retak, atau memiliki celah yang membuat air hujan atau kotoran masuk ke dalam. Bersihkan mika dengan cairan pembersih dan lap kering.
  • Periksa bagian seal atau lapisan perekat di sekliling mika lampu. Jika telah getas dan berlubang, ganti dengan yang baru.
  • Lapisi kabel lampu sein dengan isolasi tahan panas. Ini untuk menjaga kabel tersebut cepat getas atau putus.

Mudah bukan cara merawatnya? Mulai sekarang, kamu tidak perlu panik jika alami lampu sein mobil mati mendadak ya. Jangan lupa, rawat lampu sein kendaraan agar kinerjanya tetap berfungsi secara optimal. 

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi