Search Cars

Tips & Rekomendasi

Informasi pada MID, Apa Saja yang Ada di Dalamnya?

Informasi pada MID (Multi Information Display) cukup banyak ragamnya. Selain mengukur konsumsi bensin, ada apalagi di sana?

speedometer

Ada banyak informasi pada MID (Multi Information Display) yang perlu dipahami oleh pengemudi kendaraan. Jangan sampai salah membaca atau bahkan tidak tahu sama sekali artinya, ya!

Saat ini, pada mobil keluaran terbaru misalnya Toyota All New Veloz, Toyota Raize, Toyota All New Avanza, Daihatsu New Sirion, dan Daihatsu All New Terios tersemat layar MID pada bagian speedometer nya.

Apa itu layar MID? Instrumen MID biasanya berupa layar digital yang terletak pada bagian speedometer mobil. Ukuran layarnya sekitar 4-5 inci. Layar ini akan aktif saat mesin mobil dinyalakan.

Baca juga: Kelebihan Toyota Innova Diesel Dibandingkan Bensin

Pada layar MID tersedia beragam informasi seputar kondisi kendaraan, kecuali informasi tentang kecepatan kendaraan serta putaran mesin per menit atau tachometer.

Lalu apa saja informasi pada MID yang perlu diketahui oleh pengemudi? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

speedometer

Informasi pada MID

Secara umum, informasi pada MID berisi tentang rata-rata konsumsi bahan bakar kendaraan, mode mengemudi sampai suhu di dalam kabin. Yuk, kenali semuanya secara lengkap.

AVG

Merupakan fungsi yang memberitahu mengenai konsumsi rata-rata bahan bakar saat berkendara. AVG merupakan kependekan dari kata average alias rata-rata.

Baca juga: Berapa Sih Isi Bensin Full Tank Mobil Toyota dan Daihatsu?

Angka yang ditampilkan dapat menjadi patokan pengemudi, apakah gaya mengemudi terlalu boros bahan bakar atau sebaliknya. 

Pengemudi dapat melihat indikator ECO menyala di layar MID, sebagai salah satu indikator mobil hemat bahan bakar.

informasi pada MID

Mode berkendara

Pada beberapa kendaraan, mode berkendara yang dipilih pengemudi juga ditampilkan pada MID. Secara umum, ada tiga mode berkendara pada mobil yaitu mode ECO mode, mode normal dan mode sport.

Baca juga: Alasan Kecepatan di Speedometer Mobil Tidak 100% Akurat

Pada layar MID, informasi ini berupa tulisan ECO, normal atau sport. Ketiga mode berkendara ini mempengaruhi kecepatan, akselerasi hingga konsumsi bahan bakarnya. 

indikator ECO

ECO

Seperti dijelaskan sebelumnya, tulisan ECO akan tampil jika mode berkendara dianggap ramah lingkungan. 

ECO juga biasanya menjadi patokan bahwa konsumsi bensin pada kendaraan saat itu efisien alias irit. Pada mobil low cost green car (LCGC) seperti Daihatsu New Ayla, tulisan ECO biasanya menyala berwarna hijau. 

Informasi pada MID tunjukkan range

Berikutnya, pada layar MID juga menampilkan informasi range (jarak tempuh) kendaraan. Info ini menampilkan perkiraan jarak tempuh dengan mengukur ketersediaan bahan bakar di dalam tangki mobil.

Baca juga: Salah Modifikasi dan Aksesoris Bisa Bikin Mobil Boros Bensin, Benarkah?

Perkiraan jarak tempuh ini biasanya ditampilkan dalam satuan kilometer. Sebagai contoh, jika pada MID tercantum range 130 kilometer, artinya mobil akan dapat menempuh jarak tersebut dengan sisa bensin di tangkinya.

Informasi ini dapat membantu pengemudi untuk memperkirakan jarak tempuh dengan jumlah ketersediaan bensin. 

informasi pada MID

Informasi odometer

Hal lain yang biasanya ditampilkan sebagai informasi pada MID adalah odometer alias jarak yang sudah ditempuh oleh mobil. Satuannya dalam kilometer. 

Baca juga: Efek Sering Ganti BBM Bagi Mesin Mobil

Semakin tinggi angka pada odometer, maka biasanya harga jual kembali mobil tersebut akan menurun. Angka ini tidak bisa diubah manual kecuali dilakukan pembongkaran secara ilegal. Jangan lakukan!

Jarak perjalanan

Penasaran dengan jarak tempuh dari satu tempat ke tempat lain? Tenang, layar MID dapat memberitahukan jarak tempuhnya. Fitur trip A-B bisa mengukur jarak dari dua tempat, dan dilengkapi tombol reset.

Fitur ini berbeda dengan odometer. Karena odometer hanya menghitung jarak tempuh total dari kendaraan.

informasi pada MID

Informasi suhu

Terakhir, layar MID juga memberikan informasi terkait suhu pada ruangan kabin mobil. Suhu kabin yang nyaman dan sesuai tentu akan membuat perjalanan menjadi menyenangkan.

Baca juga: Cara Menghemat BBM Mobil untuk Perjalanan Jauh

Informasi pada MID di atas dapat saja berbeda pada setiap mobil. Dengan mengetahui hal tersebut, pengemudi diharapkan dapat mengetahui dan membaca semua hal terkait kondisi mobil dengan tepat.

Penasaran dengan mobil-mobil terbaru yang punya layar MID keren dan informatif? Langsung SatSet aja ke SEVA
Banyak pilihan mobil terbaru yang bisa kamu pilih dan cicil sesuai kemampuan. Manfaatkan fitur Instant Approval dan Loan Calculator sehingga kamu dijamin terbebas dari kredit macet. Semua Jelas dari Awal!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.