Kelebihan Toyota Innova Diesel Dibandingkan Bensin

Pemilik Innova Diesel, sudah tahu apa yang menjadi keunggulan mobilnya jika dibandingkan mesin bensin? Cari tahu di sini yuk!

innova diesel

Toyota Innova diesel disukai oleh konsumen karena punya sejumlah keunggulan dibandingkan Innova bermesin bensin. Sebagai informasi, Toyota New Kijang Innova kini memiliki varian baru yang disebut Toyota New Venturer

Perbedaan mencolok adalah pada desain luar yang lebih sporty, lapisan jok dengan kulit warna hitam, terkesan elegan. Untuk dapur pacu, keduanya punya opsi mesin diesel 2.4L dan bensin 2.0L dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 6 percepatan.  

Bicara kelebihan, salah satu keunggulan mesin Toyota Innova diesel adalah karakter mesin yang bandel alias tangguh. Hal lain yang menjadi nilai plus adalah jumlah suku cadang mobil ini cukup melimpah di pasaran.

Baca juga: Berapa Sih Isi Bensin Full Tank Mobil Toyota dan Daihatsu?

Misal untuk komponen pompa bahan bakar bisa dibeli seharga Rp 430 ribu, filter solar mulai Rp 60 ribu, filter oli Rp 50 ribu, busi pemanas (glow plug) sekitar Rp 160 ribu dan sebagainya. 

Selain itu, apalagi keunggulan mesin Toyota Innova diesel vs bensin?

uang pecahan

Innova diesel irit

Keunggulan yang paling dominan mesin diesel vs bensin adalah soal konsumsi bahan bakar. Meski punya volume mesin lebih besar, namun nyatanya mesin diesel lebih irit.

Baca juga: 5 Cara Merawat Mesin Diesel Agar Selalu Bertenaga dan Awet

Mesin diesel dikenal lebih efisien membakar solar dan berujung pada irit bahan bakar. Apalagi jika mesin menggunakan solar berkualitas. Dijamin semakin irit konsumsi bahan bakarnya.

Rata-rata untuk pemakaian di dalam kota Toyota Innova diesel konsumsi 1 liter solar untuk 13 kilometer perjalanan. Dalam rute jarak jauh ke luar kota, konsumsinya makin irit dengan 1 liter berbanding 18 kilometer.

innova diesel

Torsi besar 

Mesin Toyota Innova bervolume 2.4L dengan kode 2GD-FTV. Mampu memproduksi tenaga maksimum 147 daya kuda dan torsi besar 367 Nm pada putaran 1.200-2.6000 RPM.

Baca juga: Alasan Kecepatan di Speedometer Mobil Tidak 100% Akurat

Torsi besar itu berkat hadirnya teknologi Variable Nozzle Turbo (VNT) dan intercooler. Secara mudah dapat dijelaskan, VNT memungkinkan turbo bisa bermain di putaran atas dan bawah. Jadi di RPM rendah sekalipun sudah mulai terasa kekuatan mesinnya.

Tidak heran jika mobil Toyota Innova diesel laris manis karena mampu melalap semua jenis medan tanpa kesulitan berarti.

banjir

Aman terobos genangan air

Kelebihan lain yang dimiliki mesin diesel vs bensin adalah kemampuannya menerobos genangan air alias banjir. Ini bukan mitos!

Baca juga: Mobil Kena Banjir, Apa Saja yang Harus Dicek?

Mengapa demikian? Sebabnya mesin diesel tidak lagi menggunakan busi dan koil sebagai pemantik di ruang bakar seperti pada mobil bensin. Jadi saat dipakai menerjang banjir mesin lebih stabil dan tidak mudah mogok.

Namun demikian, risiko kerusakan juga ada apalagi jika air masuk melalui filter udara. Mobil bisa terkena water hammer dan memuat kerugian yang tidak sedikit. Tetap tidak disarankan ya untuk menerobos banjir.

innova diesel

Harga Toyota Innova diesel bekas stabil

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Toyota Innova diesel adalah harga jual bekas yang cenderung stabil. Hal ini didukung juga oleh stok suku cadang masih melimpah di pasaran.

Baca juga: Cara Menghemat BBM Mobil untuk Perjalanan Jauh

Sebagai gambaran, Toyota Innova diesel bekas varian G tahun 2017, dengan kilometer tempuh 85 ribuan, dijual Rp 300 juta. Sementara Toyota Innova diesel bekas varian yang sama tahun 2019, transmisi otomatis, kilometer tempuh 41 ribu dijual Rp 348 juta.

rest area dengan SPBU

Konsumsi solar murah

Hal lain yang bisa dianggap menjadi kelebihan mobil ini adalah kemampuannya menenggak solar kualitas rendah alias solar murah, misalnya Dexlite atau Bio Solar.

Mobil Toyota Innova diesel memang diketahui tetap dapat beroperasi meski dipaksa minum solar berkualitas rendah tersebut. Namun, ada sejumlah hal yang jadi kerugian akibatnya. Misalnya hangusnya garansi resmi jika terjadi kerusakan mesin. Selain itu, apalagi?

Baca juga: Salah Modifikasi dan Aksesoris Bisa Bikin Mobil Boros Bensin, Benarkah?

Komponen pompa bahan bakar dan filter solar menjadi lebih cepat kotor dan harus sering diganti. Kedua, emisi gas buang yang dihasilkan buruk. Ini tentu saja menyumbang polusi bagi lingkungan.

Kapasitas tangki BBM pada Toyota Innova diesel sebanyak 55 liter. Jika diisi full tank dengan solar Pertamina Dex seharga Rp 17.400 per liter, menghabiskan biaya sebanyak Rp 957.000.

Buat kamu yang ingin memiliki mobil Innova diesel terbaru, langsung aja SatSet kunjungi website SEVA. Manfaatkan Loan Calculator pada fitur Instant Approval. Fitur ini akan memberikan perhitungan cicilan paling sesuai dengan kemampuan pembeli. 

Yuk beli mobil yang Jelas dari Awal ya hanya di SEVA!