Search Cars

Tips & Rekomendasi

Mobil Kena Banjir, Apa Saja yang Harus Dicek?

Jika mobil kena banjir, sebaiknya tidak perlu panik dan khawatir. Nah, bagian mana saja yang sih yang sebaiknya segera dicek?

mobil kena banjir

Mobil kena banjir menjadi kejadian hal tidak terduga yang mungkin dialami ketika memasuki musim hujan. Agar kerusakan mobil tidak semakin parah, sebaiknya pemilik kendaraan mengecek komponen-komponen mobil. 

Air yang menggenangi komponen-komponen mobil, termasuk mesin jika dibiarkan begitu saja bisa menyebabkan kerusakan. Hal ini tentu bisa membuat biaya perbaikan mobil menjadi membengkak, jika tidak langsung dilakukan pencegahan.

Baca juga: Berapa Biaya Uji Emisi Mobil yang Terbaru?

Nah, jika mobil kena banjir maka beberapa hal ini sebaiknya harus langsung dilakukan pengecekan:

infografis

Setelah mengetahui apa saja yang harus dicek, pemilik kendaraan tidak perlu merasa panik dan lakukanlah beberapa hal ini: 

Lepas kabel aki

Saat mobil kena banjir, hal pertama yang harus dilakukan adalah melepas kabel aki untuk menghindari risiko korsleting pada sistem kelistrikan mobil. Pada mobil-mobil keluaran terbaru, sistemnya sudah serba otomatis sehingga sangat mengandalkan arus listrik. 

Ganti oli

Air yang masuk ke air intake dapat menyebabkan mobil menjadi gampang mogok. Jika hal ini terjadi, periksalah stick oil apakah berubah warna atau tidak. 

Baca juga: Mobil MPV Terbaik, Apa Saja Fitur di Dalamnya?

Oli yang terkena air biasanya akan berubah warna, sehingga pemilik mobil sebaiknya langsung mengganti oli mobil jika hal itu terjadi. 

Pengeringan komponen

Beberapa komponen seperti busi, karburator, alternator, saringan udara, koil, dan kabel-kabel sangat rawan mengalami kerusakan jika terkena air. Itulah mengapa pemilik kendaraan harus langsung mengeringkannya. 

tangki bahan bakar

Kuras tangki bahan bakar

Air yang masuk ke dalam tangki dan bercampur dengan bahan bakar bisa menyebabkan timbulnya karat pada tangki. Karat tersebut dapat mengganggu sistem pengapian dan membuat tangki menjadi cepat keropos dan bahkan bocor jika dibiarkan. 

Baca juga: Mengenali Ciri-Ciri Aki Rekondisi dan Palsu, Jangan Tertipu!

Untuk menguras, caranya cukup mudah yaitu dengan memasukkan selang kecil sampai ke dasar tangki kemudian hisap bahan bakar sampai mengalir keluar dan habis. Namun perlu hati-hati jangan sampai bensin tertelan ya. 

Jadi, hindari kerusakan fatal pada mobil dengan melakukan penanganan yang baik ya. Semakin cepat mobil kena banjir ditangani, maka kerusakan yang ditimbulkan pun bisa dikurangi. Kalau harus melakukan servis mobil, pilihlah tempat servis yang terjamin dan terpercaya ya! Jika mobil kamu terkena bencana banjir, kamu bisa ajukan perbaikan dengan asuransi mobil kamu ya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.