Salah Modifikasi dan Aksesoris Bisa Bikin Mobil Boros Bensin, Benarkah?

Mobil boros bensin karena salah modifikasi mesin? Benarkah demikian? Biar tidak gagal paham, cari tahu faktanya di sini yuk!

mobil boros Bensin

Penyebab mobil boros bensin tidak selalu diakibatkan oleh modifikasi yang keliru loh. Ada sejumlah faktor yang bisa membuat mobil rakus meminum bahan bakar.

Namun, memang faktor modifikasi bisa menjadi salah satu sebab penyumbang kinerja mesin boros bensin. Yuk, kenali kesalahan modifikasi apa saja yang menyebabkan hal ini.

modifikasi mobil hybrid

Mobil boros bensin karena modif velg

Memodifikasi tampilan velg adalah salah satu aliran dalam modifikasi mobil. Salah satu penyebab mobil boros bensin adalah salah memilih ukuran velg ban. Kenapa bisa begitu?

Baca juga: Cara Menghemat BBM Mobil untuk Perjalanan Jauh

Penjelasan sederhananya begini, velg mobil yang tidak sesuai dengan standar pabrikan bisa saja bobotnya lebih berat. Bobot tambahan ini tentu akan membuat kinerja mesin menjadi ekstra.

Apalagi biasanya jika diameter velg dan ban semakin lebar, akan terasa langsung kepada konsumsi bensinnya. Dengan tapak yang semakin lebar, membuat friksi dengan permukaan jalan makin luas.

Jika kamu ingin mengganti velg di luar rekomendasi pabrikan, pilihlah ukuran yang tidak terlalu berbeda dengan standarnya. Permainan warna, jumlah palang sampai bahan bisa tetap membuat tampilan mobil menawan.

mobil boros Bensin

Modifikasi knalpot

Hal lain yang bisa menjadi penyebab mobil boros bensin adalah salah memilih knalpot saat melakukan modifikasi.

Baca juga: Efek Sering Ganti BBM Bagi Mesin Mobil

Sebagai sistem utama pembuangan hasil pembakaran ruang mesin, performa knalpot modifikasi tentu disetel tinggi. Performa yang tinggi ini membuat jumlah bensin yang dikonsumsi mesin menjadi lebih banyak.

Hal lain bisa juga berasal dari pemasangan knalpot yang kurang tepat. Akibatnya gas buang yang keluar tidak sesuai dengan program di ECU dan mengakibatkan boros bensin.

mobil boros Bensin

Body kit buat mobil boros bensin

Pemasangan aksesoris modifikasi lainnya seperti body kit juga bisa membuat mobil jadi konsumtif bensin. Pemasangan komponen ini menyumbang berat kepada total bobot kendaraan.

Baca juga: Alasan Pabrikan Menyarankan Gunakan Oli Mesin Resmi

Disarankan, jika kamu ingin menambah body kit sebagai modifikasi pilihlah dari bahan serat karbon. Harganya memang lebih mahal akan tetapi bobotnya sangat ringan sekaligus kokoh. 

modifikasi audio mobil

Modifikasi sound system

Perubahan sound system mobil bisa juga jadi penyebab mobil boros bensin. Umumnya perubahan sistem suara pada mobil akan menambahkan komponen seperti power, capasitor bank, sampai subwoofer dengan boksnya.

Semua peralatan ini dapat menyumbangkan berat sehingga menjadikan kinerja mesin menjadi lebih ekstra yang berujung pada boros bensin.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Bikin Kopling Mobil Cepat Aus

Selain itu, penambahan berbagai komponen di atas juga akan menambah berat beban arus kelistrikan. Hal ini membuat kinerja mesin juga bertambah berat.

Sejumlah hal di atas memang berpotensi membuat mobil kamu jadi lebih boros bensin. Namun tentu saja, jika dilakukan dengan cermat, modifikasi aksesoris tersebut tidak akan menjadi masalah.

posisi mengemudi ideal

Mobil boros bensin utamanya juga disebabkan oleh perilaku pengemudi yang ugal-ugalan. Kondisi jalan yang macet, naik turun perbukitan juga bisa menjadi faktor yang membuat mobil rakus bensin.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Busi Iridium Mobil Bisa Tambah Tenaga?

Selain itu, faktor kondisi kendaraan seperti kinerja busi yang lemah, pompa bensin yang bermasalah sampai kepada pengaturan suhu AC di dalam kabin bisa menjadi penyebab mobil boros bensin.

Sebagai pengendara, ingat dan praktekkan perilaku defensive driving di jalan. Selain untuk menjaga keselamatan diri dan orang lain, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan mobil lebih irit bensin. Praktekkan, yuk!