Mitos atau Fakta, Busi Iridium Mobil Bisa Tambah Tenaga?

Benarkah pasang busi iridium mobil bisa mendongkrak performa dan tenaga mesin? Biar paham dan tidak salah, cek faktanya yuk!

busi iridium mobil

Busi iridium mobil umumnya dipahami orang awam sebagai busi racing berperforma tinggi. Iridium sendiri adalah bagian pada komponen elektroda atau kepala busi

Sebagai informasi, komponen elektroda busi yang beredar di pasaran terbuat dari bahan nikel, tembaga, platinum dan iridium. Iridium termasuk dalam golongan logam sangat keras, berwarna putih keperakan, dan termasuk golongan platina.   

Baca juga: Velg Mobil Peyang, Bagaimana Cara Memperbaikinya?

Hal yang membedakan busi iridium mobil dengan busi lain adalah bentuk elektrodanya yang meruncing. Lalu, benarkah busi ini membuat performa kendaraan meningkat? Adakah kekurangan dan kelebihan busi iridium?

busi iridium mobil

Fakta busi iridium mobil

Fakta busi iridium mobil ternyata tidak seperti bayangan orang. Busi jenis ini diakui memang dapat meningkatkan akselerasi mobil, namun dalam tahap yang wajar. 

Selain itu, penggunaan busi iridium pada mesin mobil tidak boleh sembarangan. Sebab jika asal pasang, bisa jadi mesin mobil malah timbul banyak masalah. Nah loh, kok bisa?

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Mobil Listrik

Jadi, karena performanya tinggi, maka memasang busi iridium juga seharusnya pada mesin yang berperforma tinggi. Perbedaan dari sisi kompresi mesin, suhu, getaran, juga pembakaran yang melebihi kemampuan dari mesin mobil harian malah bisa merusak mesin. 

Jadi jika kamu berniat memasang busi iridium mobil yang dipakai harian, tentu saja kurang tepat.

Selain itu, jika ingin meningkatkan performa mesin, maka pastikan menjaga semua hal yang berhubungan dengan performa busi. Misalnya rutin memelihara bagian kabel busi, koil serta kondensor.

mobil overheating

Kekurangan busi iridium

Memasang busi iridium sembarangan dapat berakibat sejumlah hal seperti kerusakan pada mesin. Apalagi kekurangannya?

Baca juga: Risiko yang Mengintai Jika Mobil Jarang Servis

  • Deposit karbon pada busi, membuat tenaga mobil malah menghilang. 
  • Salah pengapian alias misfiring. Kondisi ini terjadi akibat waktu pencampuran udara dan bahan bakar pada silinder yang tidak pas.
  • Karena performanya tinggi, mengakibatkan sejumlah komponen yang berhubungan dengan busi akan lebih cepat panas.

Selain hal tersebut, busi iridium mobil juga punya harga yang lebih mahal. Harga busi jenis ini biasanya sampai 3 kali lipat harga busi biasa loh.

Sebagai perbandingan, busi Toyota All New Avanza terbuat dari platinum harganya per buah sekitar Rp 40 ribuan. Kemudian busi tembaga biasa hanya Rp 25 ribuan.

Sedang busi iridiumnya mencapai harga sekitar Rp 135 ribuan. Jika harus membeli dan ganti 4 buah busi, cukup terasa harganya kan?

speedometer

Kelebihan busi iridium

Namun demikian, busi iridium ini juga punya sejumlah keunggulan dibandingkan jenis busi lainnya. Apa saja kelebihan busi iridium?

Baca juga: Berapa Sih Harga Aki Mobil Toyota Berdasarkan Jenisnya?

  • Aki mobil lebih awet. Pasalnya busi iridium lebih cepat panas dan membutuhkan daya lebih kecil dari busi biasa. Ini secara tidak langsung membantu performa aki lebih panjang umur.
  • Usia busi relatif panjang. Jika digunakan pada kompresi mesin yang tepat, busi iridium berumur lebih awet daripada busi jenis lainnya.
  • Anti carbon fouling. Apa maksudnya? Secara sederhana, kelebihan busi iridium adalah memiliki lapisan yang dapat mencegah timbulnya kerak pada elektrodanya, sehingga pengapian stabil dan performa terjaga.
  • Meningkatkan tenaga mobil hingga 3 persen. Meski tidak banyak, namun peningkatan ini tetap menguntungkan kok.

Baca juga: 7 Tips Menabung Beli Mobil Baru Buat First Jobber

Nah, jika kamu tetap ingin memasang busi iridium mobil untuk pemakaian harian, sebaiknya konsultasikan ke bengkel resmi. Kamu dapat menanyakan jenis busi yang cocok dan rekomendasinya agar kinerja mesin optimal.

cara bersihkan busi mobil

Sebagai tambahan informasi, pada mobil-mobil Toyota dan Daihatsu keluaran terbaru, misalnya Toyota New Kijang Innova, dan Toyota All New Veloz dan Daihatsu All New Terios pada umumnya telah dapat diaplikasikan busi iridium.

Penasaran dengan unit mobil-mobilnya? Langsung cek aja unitnya di SEVA. Jangan lupa ada promo GIIAS 2022 loh bagi kamu yang memanfaatkan fitur Instant Approval pengajuan pembelian mobil sekarang!

Anak Kecil Aja Tau, beli mobil aman dan banyak untungnya ya cuma di SEVA!