Search Cars

Tips & Rekomendasi

Berapa Sih Harga Aki Mobil Toyota Berdasarkan Jenisnya?

Tiap mobil Toyota punya jenis aki yang berbeda-beda. Jangan salah beli, yuk cek dulu harga aki mobil yang sesuai di sini!

aki toyota

Jangan tergiur penawaran harga aki mobil Toyota yang murah! Pasalnya, kalau salah beli, bisa-bisa nggak sesuai dan bisa menyebabkan korsleting.

Sebelum mengganti aki mobil, sebaiknya kenali dulu jenis mobil Toyota kalian. Karena jenis mobil yang berbeda bisa juga membutuhkan kapasitas aki yang berbeda.

Misalnya, aki mobil Toyota New Agya membutuhkan daya dengan kapasitas 40 Ah (Ampere hour) bertegangan 12 Volt. Sedangkan untuk Toyota All New Avanza biasanya membutuhkan aki dengan kapasitas 45 Ah bertegangan 12 Volt.  

Baca juga: Rekomendasi Mobil BMW Terbaru Harga di Bawah Rp 1 Miliar

Meski sama-sama bertegangan 12 Volt, namun kedua aki di atas memiliki kapasitas yang berbeda. Salah memasang aki bisa berakibat korslet atau kerusakan pada sistem kelistrikan mobil kamu. 

Kesalahan lain yang harus dihindari adalah, membeli aki untuk mobil bermesin diesel dan digunakan untuk mobil bermesin bensin. Untuk itu, yuk kenali jenis-jenis aki berikut ini.

harga aki mobil

Jenis aki mobil

Aki mobil pada umumnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu aki basah dan aki kering. Aki basah adalah tipe aki yang menggunakan cairan asam belerang (sulfuric acid) sebagai cairan elektrodanya. 

Baca juga: Detailing Mobil, Apa Saja yang Dikerjakan dan Berapa Biayanya?

Sementara aki kering adalah tipe aki yang tidak menggunakan cairan lagi. Meski demikian aki kering tetap mengandung cairan dalam bentuk gel di dalamnya.

Berbicara jenis aki, perbedaan mendasar dari aki mobil mesin diesel dan bensin dapat dikenali dari ukuran. Aki mobil mesin diesel biasanya punya ukuran lebih besar dan panjang.

Perbedaan ukuran ini berhubungan dengan kapasitas aki. Pada umumnya, mesin diesel membutuhkan ampere yang lebih besar, berkisar 60 Ah ke atas. Hal ini karena mesin diesel perlu daya besar saat start awal mesin. 

Baca juga: Arti Indikator ECO yang Sering Ada di Mobil Zaman Now

Sebagai informasi tambahan, aki yang banyak dijual kadang ditemukan kode MF. Kata itu merupakan singkatan dari maintenance free alias bebas perawatan. Biasanya kode ini ditemukan pada jenis aki kering. 

harga aki mobil

Harga aki mobil Toyota

Setelah mengetahui jenis-jenis aki mobil, berikut harga aki mobil Toyota keluaran GS Astra sesuai jenis dan peruntukannya. Aki GS Astra sendiri banyak dijadikan rujukan bagi konsumen karena telah diproduksi lokal dengan mengikuti standar yang tinggi.   

Tipe akiJenis HargaMobil Toyota  
GS NS60Aki keringRp 830.000All New Avanza, All New Rush, All New Veloz
GS NS60LAki kering Rp 928.000All New Voxy, Noah, Corolla Cross
GS NS40ZLAki keringRp 787.000New Agya, New Cayla,  
GS NS60LSAki keringRp 869.000Raize, New Yaris, New Sienta, New Vios, All New Corolla Altis
GS 80D26LAki basahRp 1.360.000New Kijang Innova Diesel, New Fortuner Diesel
GS 55D23L Aki keringRp 980.000New Kijang Innova Bensin, New Fortuner Bensin
GS 355LN3Aki keringRp 869.000New Venturer
GS 370LN3Aki keringRp 2.562.500New Kijang Innova Diesel, New Fortuner Diesel
GS DIN 55559Aki keringRp 1.323.000All New C-HR
GS 75D23L Aki keringRp 1.452.180All New Camry
GS S95Aki keringRp 5.636.000New Alphard, New Vellfire 
GS 95D31LAki keringRp 1.409.000Land Cruiser

Baca juga: Jenis dan Cara Merawat Rem Tangan Mobil

Setelah mengetahui jenis dan harga aki mobil yang sesuai, ada baiknya juga mengetahui cara yang tepat untuk merawat aki mobil agar kinerjanya tetap prima.

aki mobil

Tips merawat aki mobil

Untuk kinerja aki mobil yang awet dan optimal, berikut cara merawat aki basah dan aki kering mobil Toyota kamu.

Aki basah

  • Selalu pastikan kondisi air aki tidak kurang, atau melewati batas bawah yang dianjurkan.
  • Jika mobil tidak dipakai harian, sebaiknya selalu panaskan mesin mobil setiap pagi.
  • Biasakan untuk mematikan seluruh komponen kelistrikan sebelum mematikan mesin mobil.
  • Sebelum menyalakan mesin, pastikan juga seluruh kondisi kelistrikan mobil seperti radio/tape, lampu hazard, lampu kota, lampu kabin dan lainnya dalam keadaan mati.

Baca juga: Rekomendasi Kredit Mobil Toyota Teringan 2022, Dijamin Hemat!

harga aki mobil

Aki kering

  • Pastikan pengikat atau breket aki selalu kenceng. Kondisi aki yang tidak terikat dengan kencang membuat kinerjanya tidak maksimal.
  • Jangan melakukan modifikasi ekstrim pada sistem kelistrikan. Misalnya menambah komponen lampu, sound system, atau penambahan komponen lain yang memberatkan beban kerja aki.
  • Bersihkan secara teratur bagian terminal aki. Biasanya karena pemakaian timbul kerak di sekitarnya. Pembersihan bisa menggunakan sikat kawat. Pastikan mesin mobil dalam kondisi dingin dan mati.
  • Rawat bagian alternator dan regulator aki. Kamu bisa mengeceknya berkala ke bengkel resmi atau bengkel spesialis dinamo. 

Baca juga: BMW 530i Touring M Sport Tampil Gagah dan Elegan

Nah, pastikan untuk memperhatikan aki yang sesuai dengan kondisi mobil kamu. Jangan mudah tertipu harga murah atau modus penipuan lain yang merugikan.

Kamu juga bisa mengecek dan mengenali ciri aki rekondisi pada link artikel berikut ini. Jadi, pastikan selalu membeli aki mobil yang terpercaya, bergaransi dan berkualitas ya!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.