7 Tips Menabung Beli Mobil Baru Buat First Jobber

Menabung beli mobil dan baru pertama kali bekerja mungkin tidak mudah. Nah, agar bisa tercapai cobalah terapkan tips ini!

menabung beli mobil

Menabung beli mobil mungkin menjadi impian bagi mereka yang baru pertama kali bekerja atau first jobber. Namun terkadang beberapa kondisi membuat impian tersebut menjadi sulit untuk dicapai.

Sebagai contoh, bagi para first jobber yang memiliki penghasilan sekitar Rp 3-5 juta maka maksimal cicilan per bulannya adalah 30 persen dari penghasilan. Jumlah tersebut sekitar Rp 900.000 hingga Rp 1.500.000. 

Namun, perlu diingat juga bahwa jika melakukan pembelian secara kredit maka dibutuhkan down payment (DP). Itulah mengapa agar DP tersebut bisa terkumpul dengan cepat, salah satu tips yang bisa dilakukan adalah dengan menabung. 

Baca juga: Refinancing Kredit Mobil, Apa Syarat dan Manfaatnya?

Nah, biar uang tabungan untuk beli mobil cepat terkumpul para first jobber bisa melakukan tips-tips ini 

menabung beli mobil
  1. Menyisihkan tabungan dari gaji bulanan

Untuk menabung beli mobil, tips yang bisa dilakukan adalah dengan memiliki tabungan khusus. Setiap habis mendapat gaji bulanan, bisa langsung dipisahkan untuk tabungan mobil tersebut. 

Para first jobber bisa langsung menyisihkan 25 persen dari gaji bulanan. Sebagai contoh, buat yang memiliki penghasilan sebesar Rp 4.000.000 x 25% = Rp 1.000.000. 

Baca juga: Simulasi Kredit Toyota Fortuner 2022, SUV Paling Bertenaga

Jika menabung dengan jumlah tersebut selama satu tahun penuh, maka akan terkumpul Rp 12 juta. Tentunya cukup bukan untuk menambah bayar DP mobil impianmu?

menabung beli mobil
  1. Memisahkan tabungan

Meskipun para first jobber sudah menabung, ada baiknya memang sejak awal memisahkan tabungan dengan pengeluaran rutin per bulan. Hal ini dilakukan agar pengeluaran dan uang yang dikhususkan untuk menabung beli mobil tidak tercampur. 

Selain itu, dengan memisahkan tabungan juga bisa membuat pengeluaran menjadi tercatat dengan baik. Pengeluaran yang tercatat dengan baik ini, bisa membuat lebih mudah untuk mengatur pengeluaran bulanannya. 

barang tidak penting
  1. Hindari membeli barang tidak penting

Usahakan untuk memberikan skala prioritas, mana kebutuhan yang memang harus dipenuhi dan tidak, sehingga kamu dapat mengurangi membeli barang-barang yang memang tidak diperlukan. 

Baca juga: Sejumlah Keuntungan Pembayaran DP Mobil Besar dan Kecil

Dengan tidak membelinya, pengeluaranmu juga bisa semakin terkontrol. Kebiasaan membeli barang yang tidak penting atau tidak diperlukan, justru bisa memperlambat proses menabung itu sendiri.

rezeki tambahan
  1. Menabung jika dapat rezeki tambahan

Beberapa perusahaan terkadang memberikan bonus tambahan kepada karyawannya. Entah itu bonus tahunan, bonus jabatan, ataupun Tunjangan Hari Raya (THR) yang membuat pendapatan akan semakin bertambah. 

Hal ini bisa dijadikan sebagai uang tambahan agar uang yang ingin digunakan untuk membeli mobil bisa lebih cepat terkumpul. Untuk itu, jika mendapatkan rejeki tambahan sebaiknya jangan langsung dihabiskan untuk berfoya-foya, ya!

kurangi jajan
  1. Kurangi jajan

Salah satu kebiasaan yang mungkin sulit dihindari oleh banyak orang adalah kebiasaan jajan. Ketika berada di kantor, membawa bekal untuk makan siang bisa menjadi cara untuk lebih menghemat pengeluaran bulanan. 

Baca juga: 10 Cara Mencicil Kredit Mobil Baru

Kebiasaan jajan, meskipun tidak mengeluarkan uang yang besar akan tetapi jika dilakukan secara rutin tentunya akan besar juga pada akhirnya. Untuk itu, sebisa mungkin kurangi kebiasaan jajan tersebut.

sesuaikan budget
  1. Sesuaikan budget

Sebelum membeli mobil, sebaiknya sesuaikan terlebih dulu dengan budget yang dimiliki. Jangan sampai membeli mobil model terbaru dengan fitur-fitur paling canggih hanya karena gengsi atau keinginan semata. 

Perhatikan budget untuk beli mobil yang dimiliki, agar tidak menyulitkan keuanganmu. Apalagi jika memang mobil dibeli secara kredit, tentunya pengeluaran bulanan untuk mencicil harus diperhatikan juga. 

mobil bekas
  1. Beli mobil bekas

Salah satu alternatif lain jika ingin cepat bisa menabung beli mobil adalah dengan memilih mobil bekas. Mobil bekas bisa menjadi pilihan jika memang budget yang dimiliki sedikit terbatas tetapi sangat butuh memiliki mobil. 

Baca juga: Faktor yang Mempengaruhi Harga Mobil Naik Turun

Membeli mobil bekas memang tidak akan sama dengan membeli mobil baru. Untuk itu, jika ingin beli mobil bekas usahakan untuk memilih tempat-tempat yang terpercaya agar tidak salah dalam membelinya. 

Nah, jika uang menabung beli mobil sudah cukup kamu bisa langsung mengunjungi SEVA untuk mencari tahu mengenai harga dan spesifikasi lengkap dari berbagai mobil. Bisa juga gunakan fitur simulasi kredit buat yang ingin beli secara kredit. 

Tidak hanya itu saja, terdapat juga fitur unggulan Instant Approval yang membuat pembelian mobil akan semakin lebih mudah dan nyaman. Jadi, tunggu apalagi karena Anak Kecil Aja Tau kalau beli mobil harus yang Jelas dari Awal hanya di SEVA!