Refinancing Kredit Mobil, Apa Syarat dan Manfaatnya?

Mendapat tawaran untuk refinancing kredit mobil, jangan panik atau mengira sebagai penipuan. Yuk, kenali apa saja manfaatnya!

Pengertian dari refinancing kredit mobil adalah pembaharuan kontrak kredit mobil untuk mendapatkan dana segar dengan jumlah tertentu. Program refinancing ini punya syarat dan juga keuntungan yang bisa berguna bagi debitur.

Umumnya, pihak leasing atau pemberi kredit akan menghubungi pelanggan prioritas untuk menawarkan program refinancing. Namun kamu juga bisa mengajukannya secara mandiri pada pihak leasing.

Nah, biar gak salah paham dengan program refinancing kredit mobil ini, yuk simak jenis, keuntungan, syarat dan sejumlah manfaat yang bisa diambil dari sana.

Baca juga: Tips Agar Pengajuan Kredit Mobil Cepat Disetujui

refinancing kredit mobil

Jenis refinancing

Menurut jenisnya, refinancing kredit mobil dapat dibedakan menjadi dua. Pertama, disebut cash in refinancing. Artinya, kamu ditawarkan untuk membayar sisa hutang dengan uang tunai agar nilai hutang menjadi lebih kecil.

Kedua, disebut dengan rate and term refinancing. Hal ini jenis restrukturisasi yang paling jamak. Artinya menutup hutang lama dengan hutang baru yang bunganya lebih rendah.

Keuntungan refinancing kredit

  1. Proses cepat. Biasanya penawaran restrukturisasi kredit mobil ini berlangsung dengan proses yang cepat. Mungkin hanya hitungan 2 sampai 4 hari kerja sebelum pencairan. Kenapa bisa begitu? Karena data utama nasabah prioritas dan rekaman pembayaran mereka sudah dipegang oleh leasing sehingga tidak memerlukan verifikasi ulang. 

Baca juga: 8 Alasan Kenapa Klaim Asuransi Mobil Ditolak

  1. Aman. Rasa aman ini artinya, nasabah akan mendapatkan dana langsung dari pihak kreditur yang terjamin dan resmi diawasi oleh otoritas keuangan yang berwenang.
  1. Menurunkan suku bunga. Biasanya program ini akan menawarkan suku bunga yang menarik. Selain itu, bunga yang diberikan biasanya fixed rate alias tetap. Kalaupun ada bunga floating rate alias fluktuatif, nilainya biasanya tidak memberatkan.

Syarat refinancing kredit

Sebelum menerima tawaran atau mengajukan refinancing kredit mobil, sebaiknya kamu pikirkan beberapa hal di bawah ini ya.

Baca juga: Sejumlah Keuntungan Pembayaran DP Mobil Besar dan Kecil

  1. Masa tenor. Jangan lakukan refinancing saat tenor kredit kendaraan mendekati akhir. Karena nilai uang yang didapatkan akan lebih kecil dibandingkan saat tenor masih panjang.
  1. Usia kendaraan. Ini juga mempengaruhi besarnya dana yang akan diperoleh. Makin tua usia kendaraan maka makin kecil juga dana yang akan kamu dapatkan.
  1. Keuangan stabil. Memperhitungkan kemampuan bayar juga tentu menjadi syarat yang harus kamu pikirkan sebelum mengajukan pinjaman baru. Ini untuk menjamin kredit baru nantinya tidak macet atau malah menjadi masalah keuangan yang baru.

Baca juga: Manfaat Asuransi Perjalanan untuk Liburan dan Mudik

refinancing kredit mobil

Manfaat refinancing

Lalu apa sih manfaat yang bisa diambil dari program refinancing? Nah, ini adalah sejumlah manfaat yang bisa diambil dari program tersebut.

  1. Memperoleh dana segar. Dengan program ini tentunya kamu akan mendapatkan dana segar yang dapat dipakai untuk sejumlah kebutuhan mendesak. Misalnya, digunakan untuk biaya berobat atau keperluan renovasi rumah, dll. 
  1. Mengurangi beban keuangan. Penggunaan dana segar dari program ini bisa membantu kamu untuk merestrukturisasi pengeluaran yang selama ini membebani. Dana bisa digunakan untuk melunasi hutang lama yang masih tersisa.

Baca juga: Cara Menentukan dan Menghitung DP Mobil Sesuai Budget

  1. Kepercayaan kreditur. Dengan mengambil program ini, maka artinya kamu telah mendapatkan kepercayaan pihak kreditur. Sehingga ini akan membuat rekam jejak finansial kamu akan mendapatkan prioritas di kemudian hari untuk mendapatkan promo dari program-program sejenis. 

Sudah jelaskan tentang informasi seputar refinancing kredit mobil? Deretan manfaat dan syaratnya setidaknya bisa menjadi pertimbangan sebelum kamu mengajukan program tersebut. 

Jika tertarik mengajukan pembelian mobil baru, kamu bisa langsung kunjung SEVA dan gunakan fitur Instant Approval. Fitur ini akan membuat proses pembelian mobil menjadi lebih mudah sesuai dengan kemampuan finansial.

Tunggu apalagi, hanya di SEVA beli mobil selalu Jelas dari Awal!