10 Cara Mencicil Kredit Mobil Baru

Perhatikan cara mencicil kredit mobil dengan tepat agar tetap aman dan menguntungkan. Yuk, simak tipsnya seperti berikut.

cara kredit mobil

Cara mencicil kredit mobil harus dilakukan dengan tepat agar tidak membuat beban dalam pengeluaran. Ya, kredit masih menjadi salah satu cara pembayaran yang sering dilakukan dalam masyarakat. 

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika membeli mobil secara kredit. Yang pasti cuan adalah mendapat hadiah serta banyaknya promo cicilan yang mungkin ditawarkan oleh dealer atau bank. 

Baca juga: Tips Agar Pengajuan Kredit Mobil Cepat Disetujui

Nah, untuk itu ketahui dulu hal-hal yang perlu diperhatikan jika ingin tahu cara mencicil kredit mobil seperti berikut ini. 

pilih mobil yang tepat
  1. Pilih mobil yang tepat

Sebelum membeli mobil, pastikan untuk memilih mobil yang memang sesuai dengan keperluan dan kondisi keuangan masing-masing. Jangan sampai memilih mobil tanpa pertimbangan yang matang agar tidak terjadi kredit macet karena tidak mampu membayar

  1. Melakukan survei mobil

Setelah menentukan mobil yang akan dipilih, cari tahu harga mobil baik itu secara offline atau online. Kamu bisa juga mengunjungi SEVA yang menyediakan berbagai jenis dan harga mobil baru serta simulasi kredit yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. 

  1. Menentukan sumber pembiayaan

Di Indonesia sendiri, ada dua sumber pembiayaan atau kredit mobil yang dapat digunakan, yaitu bank serta perusahaan pembiayaan atau multifinance. Kelebihan kredit melalui bank adalah suku bunga yang ditawarkan cukup rendah, tetapi syarat diperlukan ada banyak dan cukup rumit. 

Baca juga: Faktor yang Mempengaruhi Harga Mobil Naik Turun

Sedangkan kelebihan melakukan kredit melalui multifinance adalah limit pinjaman yang tinggi serta masa tenor yang lebih panjang. Namun kredit melalui multifinance biasanya akan dikenakan suku bunga yang lebih tinggi.

siapkan uang muka
  1. Siapkan uang muka

Pemerintah menentukan besaran uang muka untuk kredit kendaraan roda empat minimum sebesar 30% dari harga mobil. Pikirkan untuk membayar uang muka melebihi batas minimum tersebut agar cicilan bisa lebih ringan dan pengeluaran tidak terganggu karena cicilan yang terlalu besar. 

  1. Jangan sampai meminjam

Untuk membayar uang muka atau down payment (DP) sebaiknya tidak dilakukan dengan cara meminjam. Apabila hal ini dilakukan maka akan memberatkan pengeluaran karena akan menambah cicilan yaitu cicilan untuk DP dan cicilan bulanan. 

  1. Tentukan masa cicilan

Dalam menentukan besaran cicilan kredit yang harus dibayarkan, tergantung pada bunga dan tenor atau periode waktu kredit. Pastikan tenor yang ditentukan itu tak melebihi usia atau saat ekonomis mobil itu.

Baca juga: Aturan Pajak Mobil Terbaru yang Berlaku di Indonesia

Umumnya, saat mobil masuk usia lima tahun pemilik mobil harus mempersiapkan cadangan dana untuk maintenance kendaraan. Hal ini membuat  pengeluaranmu menjadi 2 kali lipat, yaitu untuk cicilan mobil ditambah cost maintenance kendaraan.

suku bunga terbaik
  1. Pilih suku bunga terbaik

Secara umum ada 2 jenis suku bunga kredit yang dipakai dalam kredit kendaraan, yaitu: 

  • Suku bunga terus (fixed rate)
  • Suku bunga mengambang (floating rate)

Pelajari dan pahami perbedaan antara kedua jenis suku bunga tersebut, barulah menentukan jenis mana yang paling sesuai dengan kemampuan keuangan. 

  1. Siapkan dana cadangan

Selain cicilan,  jangan lupa untuk tetap menyiapkan dana cadangan dalam tabungan setiap bulannya. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika memang ada hal yang tidak diinginkan terjadi dan membutuhkan biaya yang cukup besar. 

  1. Sesuaikan kebutuhan

Pikirkan lagi alasan membeli sebuah mobil. Belilah mobil yang memang sesuai dengan kebutuhan, tidak hanya mengikuti keinginan saja. 

Baca juga: 8 Alasan Kenapa Klaim Asuransi Mobil Ditolak

Jika memang keuangan belum cukup, bisa memilih untuk membeli mobil bekas. Selama memang mobil bekas tersebut masih dalam kondisi yang baik dan layak. 

pilih asuransi
  1. Pilih asuransi yang tepat

Dalam menggunakan mobil, akan ada risiko untuk mengalami kejadian-kejadian yang tidak terduga. Misalnya saja kecelakaan, kebakaran, atau bahkan kehilangan. 

Untuk meringankan biaya yang harus dikeluarkan dari kejadian-kejadian tersebut, pilih asuransi untuk mobil. Asuransi ini bisa dikatakan sangat penting untuk menjaga kendaraan dari hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Biaya Servis Mobil Toyota Raize, dari Jasa hingga Spare Part

Beberapa perusahaan pembiayaan kredit umumnya sudah menerapkan asuransi dalam paketnya. Jika belum, bisa melengkapi asuransi nya secara terpisah. 

Jadi, jangan lupa untuk selalu memikirkan berbagai pertimbangan sebelum melakukan kredit mobil. Untuk melakukan survey mobil, pilihlah tempat yang aman dan terpercaya seperti melalui SEVA. 

Terdapat fitur unggulan bernama Instant Approval yang bisa membuat beli mobil dilakukan secara aman dan nyaman. Serta bisa mengetahui jumlah cicilan mobil dengan adanya kalkulator kredit. 

Yuk, tunggu apalagi beli mobil yang Jelas dari Awal hanya di SEVA!