Search Cars

Tips & Rekomendasi

Velg Mobil Peyang, Bagaimana Cara Memperbaikinya?

Velg mobil peyang akibat terlalu sering menghantam jalanan yang berlubang dalam kecepatan tinggi. Apakah itu bisa diperbaiki?

velg mobil peyang

Velg mobil peyang tentunya bisa mengganggu kenyamanan saat berkendara. Hal ini bisa terjadi ketika ban mobil terlalu sering menghantam jalanan yang berlubang, terutama pada kecepatan tinggi. 

Jika hal ini sudah terjadi, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan memperbaikinya. Cara untuk memperbaikinya juga bisa beragam, tergantung pada jenis dan seberapa parah kerusakan yang terjadi. 

Nah, cara mengetahui velg mobil peyang bisa diperbaiki dengan apa saja sebaiknya simak beberapa hal ini:  

es batu

Mengompres dengan es batu

Cara memperbaiki velg mobil peyang salah satunya bisa menggunakan es batu. Mungkin cara ini sedikit terdengar aneh, tetapi penyok yang ringan pada velg bisa diatasi dengan hanya bermodalkan es batu dan pengering rambut. 

Baca juga: Baut Velg Mobil 4 dan 5, Apa Bedanya?

Pertama-tama, letakkan es batu selama 2 menit pada bagian yang mengalami penyok, setelah itu angkat es batu lalu arahkan pengering rambut pada bagian yang penyok tersebut sampai penyok berkurang. 

balok kayu

Menggunakan balok kayu

Pada beberapa jenis velg racing jika mengalami peyang atau penyok bisa menggunakan balok kayu untuk memperbaikinya. Caranya adalah dengan memukul-mukul balok kayu pada bagian velg mobil peyang tersebut. 

Ini bisa dilakukan karena velg racing biasanya lebih lunak sehingga bagian yang penyok tersebut bisa diluruskan hanya dengan menggunakan balok kayu saja. 

Baca juga: Inilah Cara Mudah Melihat dan Mengukur PCD Velg Mobil

Sedangkan untuk velg mobil bawaan pabrik, biasanya memiliki permukaan yang lebih keras sehingga perlu dipanaskan terlebih dulu sebelum memukulnya dengan balok kayu. 

velg mobil peyang

Menggunakan mesin pres

Velg mobil peyang jika sudah parah bisa langsung dibawa ke bengkel karena jika sudah parah biasanya tidak bisa diperbaiki sendiri. Di bengkel, para teknisi biasanya akan menggunakan rim repair machine atau mesin pres agar bisa kembali ke bentuk semula. 

Biasanya, velg mobil peyang ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti. 

Kualitas velg yang tidak bagus

Ketika memilih velg mobil untuk melakukan modifikasi, mungkin yang banyak dipilih adalah velg yang terlihat keren atau menarik saja. Akan tetapi, dalam memilih velg sebaiknya harus memperhatikan material dan ukuran yang pas untuk ban mobil. 

Baca juga: Modifikasi Toyota All New Veloz Ringan dan Tetap Nyaman

Dengan begitu, velg mobil yang dipasang itu bisa tetap aman digunakan. Jika tidak memperhatikan hal-hal tersebut, velg yang baru dipasang itu bisa cepat rusak dan tidak bertahan lama sehingga perlu dilakukan penggantian. 

mobil ngebut

Terlalu sering dipakai ngebut

Beberapa pengemudi mungkin sering menjalankan mobilnya dengan kecepatan tinggi. Hal ini ternyata bisa berpengaruh pada velg mobil yang digunakan dan justru bisa membuat velg mobil peyang lebih cepat. 

Mobil yang dijalankan dalam kecepatan tinggi seringkali membuat pengemudi tidak melihat lubang yang ada di jalanan dan membuat ban mobil langsung menghantamnya begitu saja. Jika sering dilakukan, ini bisa membuat velg cepat rusak. 

Baca juga: Kelebihan Jok Captain Seat pada Mobil Keluarga

Jika velg mobil peyang ini tidak diperbaiki, bisa membahayakan pengguna mobil itu sendiri. Kok bisa?

mobil tidak nyaman

Mobil tidak nyaman 

Velg mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting dan jika rusak, tentunya bisa membuat laju mobil menjadi tidak nyaman. Tidak hanya velg saja tetapi suspensi dan laju mobil juga bisa ikut terganggu. 

Setir bergetar

Ketika sedang menyetir mobil dalam kecepatan tinggi, velg yang rusak ini akan membuat setir terasa bergetar. Hal ini tentunya tidak boleh diabaikan karena mobil bisa sulit dikendalikan atau bahkan terpelanting ketika berada di tikungan. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Rem ABS di Mobil Masa Kini

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara memperbaiki velg mobil peyang sendiri? Tetap ingat ya, kalau kerusakannya sudah parah sebaiknya segera bawa ke bengkel terdekat dan jangan biarkan velg mobil yang sudah rusak itu dibiarkan begitu saja!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.