Kelebihan dan Kekurangan Rem ABS di Mobil Masa Kini

Mengenali kekurangan rem ABS dapat membuat pengemudi berkendara dengan lebih aman. Apa saja sih itu, dan apa kelebihannya?

kekurangan rem ABS

Kekurangan rem ABS mungkin jarang diketahui orang. Padahal, dengan mengetahuinya membuat pengemudi dapat mengantisipasi kemungkinan terburuk saat berkendara.

Sebelum membahas kekurangan rem ABS (Anti-lock Brake System), tahukah kamu kalau rem jenis ini sebenarnya adalah teknologi yang diadopsi dari sistem pengereman pesawat terbang?

Ditemukan pada tahun 1929, perkembangan teknologi ini untuk kendaraan akhirnya dimulai pada tahun 1950-an sampai sekarang.

Baca juga: Mengenal 3 Jenis Rem Cakram pada Mobil

Prinsip kerja rem ABS sederhana, yaitu dengan membuat gerakan roda tidak terkunci saat kendaraan melakukan pengereman mendadak. Hal ini penting karena membuat kendaraan tetap dapat bermanuver  menghindari objek di depannya dan menghindari tabrakan.

Lalu, apa yang menjadi kekurangan rem ABS ini sih?

kekurangan rem ABS

Kekurangan rem ABS

Dalam setiap teknologi, tentu akan ada kelebihan dan kekurangannya. Termasuk dalam rem ABS yang memiliki kekurangan sebagai berikut:

1 . Tidak optimal di jalan berkerikil

Pengereman sistem ABS ini memang membuat mobil bermanuver lincah saat melakukan pengereman mendadak. Sayangnya, kondisi ini hanya berlaku di jalanan beraspal.

Baca juga: Cara Injak Pedal Rem Mobil Matic yang Benar

Rem ABS kurang efektif jika mobil berjalan di jalanan tanah ataupun medan berkerikil. Biasanya laju kendaraan akan susah berhenti di jalanan seperti ini.

kekurangan rem ABS

2 . Kondisi rem basah

Kelemahan lainnya adalah, pengereman ABS tidak menjadi optimal jika komponen rem sedang basah. 

Untuk itu, saat melaju pada genangan air, menerobos banjir atau situasi hujan, usahakan untuk mengontrol laju mobil demi terhindar dari kecelakaan.

3 . Jalan tidak rata

Saat sedang melintasi jalanan bergelombang atau kurang rata, maka sistem rem ABS juga tidak bekerja maksimal. Rem juga mengeluarkan suara tidak nyaman saat digunakan di jalanan ini.

Baca juga: Tips Mengatur Posisi Mengemudi Ideal untuk Pengendara Pemula

Meski punya sejumlah kekurangan, namun kelebihan rem ABS dianggap lebih banyak dan maksimal untuk terus dikembangkan bagi keselamatan di jalan raya. Apa saja kelebihan rem ABS ini?

Kelebihan rem ABS

Kelebihan rem ABS yang pertama adalah, terkenal sangat pakem saat digunakan di jalan raya beraspal. 

Kelebihan kedua, dari sisi reaksi, rem jenis ini lebih cepat daripada rem biasa model cakram atau tromol. Dengan kecepatan reaksi ini membuat risiko kecelakaan menjadi lebih kecil.

Baca juga: Jenis dan Cara Merawat Rem Tangan Mobil

Ketiga, karena roda tidak terkunci, mobil jadi mudah dikendalikan saat terjadi situasi rem mendadak. Ini membuat kondisi kendaraan lebih stabil dan meminimalkan risiko mobil tergelincir atau terbalik.

toyota new fortuner

Merawat rem ABS

Setelah mengetahui kekurangan rem ABS, maka lakukanlah cara perawatan agar kinerja rem tetap maksimal.

  • Jangan terlalu sering menginjak pedal rem. Ini bisa berakibat pada kondisi rem blong
  • Rem ABS memiliki sensor kecepatan pada roda. Bersihkan secara teratur dengan cairan khusus untuk mencegahnya berkarat.
  • Ganti ban berkala. Suksesnya pengereman tentu berkaitan dengan kondisi ban yang prima. Jika telah mengalami kebotakan segera ganti ban demi keselamatan.
  • Jika lampu sensor ABS menyala pada layar MID, segera bawa ke bengkel resmi. Jangan coba-coba membongkar rem ABS sendirian tanpa tenaga ahli.
  • Gunakan minyak rem yang tepat sesuai rekomendasi pabrikan.

Baca juga: Risiko yang Mengintai Jika Mobil Jarang Servis

Mudah bukan cara merawatnya? Dengan mengetahui kekurangan rem ABS, setidaknya kamu dapat mengantisipasi keadaan di saat darurat. 

Jangan lupa, berkendara selalu gunakan sabuk keselamatan, dan, kendalikan laju kendaraan sesuai aturan. Drive safely!